Sunday, November 6, 2016

Harga, Manfaat Obat Tuzalos Tablet Dan Sirup Dan Amankah Untuk Ibu Menyusui Dan Hamil?

Tuzalos- Ketika terserang penyakit, beberapa orang akan memilih obat yang dapat dibeli di apotek tanpa menggunakan resep dokter. Itu tidak akan menjadi masalah selama tahu gejala penyakit apa yang sedang diderita. Sama seperti orang yang sedang terserang penyakit flu dan batuk, banyak sekali yang memilih untuk menyembuhkannya dengan menggunakan obat dari apotek atau dari toko – toko didekat rumah. Setiap obat yang terbuat dari bahan kimia akan memberikan efek samping, jika anda memutuskan untuk menggunakan obat berbahan kimia dan tidak sesuai dengan anjuran dokter sebaiknya ikuti aturan pakai yang tercantum. Untuk obat flu dan batuk sangat banyak sekali merk yang bagus di Indonesia. Salah satu obat flu dan batuk yang laris adalah Tuzalos.

Harga, Manfaat Obat Tuzalos Tablet Dan Sirup Dan Amankah Untuk Ibu Menyusui Dan Hamil?

Tuzalos obat apa? nah kita jawab disini dan yang Pertama kita bahas apa fungsi dan kegunaan Tuzalo.


Harga, Manfaat Obat Tuzalos Tablet Dan Sirup Dan Amankah Untuk Ibu Menyusui Dan Hamil?

Manfaat Tuzalos

Tuzalos merupakan obat yang mampu membantu untuk mengatasi gejala flu, sakit kepala, demam, bersin, hidung tersumbat dan juga batuk. Tuzalos mengandung komposisi dari bahan kimia yang bekerja untuk meredakan gejala flu dan batuk. Semua komposisi yang digunakan memiliki ukuran dosis yang pas dan standart. Tuzalos berhasil mendapatkan tempat dihati masyarakat sebagai obat yang dipilih untuk meredakan sakit. Tuzalos juga memiliki ijin resmi sebagai obat yang dapat dibeli di toko dan di apotek.

Jenis dan Harga Tuzalos

Obat ini memiliki dua jenis, ada yang dalam bentuk sirup dan ada yang berbentuk tablet. Keduanya mampu untuk meredakan segala jenis gejala flu dan batuk. Harga yang dibandrol untuk Tuzalos tablet sangat murah hanya Rp. 3000, -.

Komposisi Tuzalos tablet

Komposisi yang digunakan Tuzalos berupa paracetamol sebanyak 500 mg, kemudian phenylpropanolamine HCl 15 mg, chlorpheniramine sebanyak 1 mg, dan dextromethorphan HBr 10 mg. Semua komposisi yang digunakan memiliki kegunaan masing – masing untuk menyembuhkan dari gejala flu dan batuk, seperti berikut ini penjelasan dari komposisi Tuzalos:

  • Kandungan Paracetamol pada obat flu dan batuk Tuzalos memiliki fungsi seabgai analgetic atau pereda nyeri. Paracetamol yang memiliki kata lain acetaminophen juga bisa digunakan untuk antipiretik atau penurun demam. Penggunaan paracetamol bisa tanpa resep dokter asalkan sesuai dengan dosis yang diperlukan. Paracetamol memberikan efek samping seperti anti inflamasi, meskipun begitu paracetamol tidak dimasukkan dalam kategori obat NSAID dikarenakan efek inflamsi bisa dikatakan tidak signifikan. Gejala demam dan nyeri pada tenggorokan yang disebabkan oleh batuk dapat diredahkan oleh kandungan dari paracetamol dalam obat Tuzalos.
  • Kandungan phenylpropanolamine memiliki kegunaan untuk nasal dekongestan, stimulant, dan juga bisa digunakan sebagai agen anoretic. Obat ini bisa dikatakan stereoisomer dari norephedrine dan norpseudoephedrine yang memang termasuk psikoaktif yang masuk dalam kelas phenethylamine dan amfetamin. Nah, obat ini biasanya digunakan dalam bentuk gram yang memang sudah termasuk dalam kandungan phenylpropanolamine secara keseluruhan.
  • Kandungan chlorpheniramine maleate atau bisa dikatakan sebagai chlorphenamine bisa dikatakan termasuk dalam golongan alkilamina antihistamin di generasi pertama. Kandungan ini memiliki manfaat untuk gejala alergi seperti rhinitis dan urtikaria yang menyerang sehingga mengeluarkan reaksi seperti batuk. Di bandingkan seluruh golongan pertama dari anthistamin, chlorpheniramine maleate memiliki efek samping sedative yang paling rendah tetapi khasiat yang diberikan sama bagusnya.
  • Kandungan dextromethorphan dalam obat Tuzalos memiliki fungsi sebagai morphian yang memiliki manfaat untuk penenang, disosiatif dan stimulan. Obat ini juga bisa digunakan sebagai penekan batuk, terutama pada batuk yang disebabkan oleh iritasi tenggorokan dan bronkial ringan.

Kontraindikasi Tuzalos sirup dan tablet

Obat – obatan yang terbuat dari bahan kimia juga memiliki kontra indikasi, begitu juga Tuzalos memiliki kontra indikasi yang harus dipahami sebab obat Tuzalos merupakan obat yang tidam membutuhkan resep dokter. Berikut ini kontra indikasi yang bisa ditimbulkan oleh Tuzalos:
  • Obat Tuzalos tidak digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap salah satu satu komposisi yang dimiliki dalam obat ini. Jika tidak menggunakan obat dengan resep dokter, sebaiknya anda juga memahami beberapa komposisi yang tidak cocok dengan diri anda.
  • Bagi pasien yang memiliki kepekaan tersendiri terhadap obat simpatomimetik lain seperti pseudofedrin, efedrin, atau juga fenilefin sebaiknya tidak menggunakan obat ini.
  • Untuk pasien dengan penyakit hipertensi parah, penyakit jantung, gangguan fungsi hati, dan jgua dibetes mellitus juga tidak diperkenankan untuk menggunaka obat ini.
  • Bagi pasien yang menggunakan obat – obat dalam golongan monoamine oksidase atau MAO sebaiknya tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini, sebab dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Efek Samping Tuzalos

Tuzalos merupakan obat untuk meredakan gejala flu dan batuk yang terbuat dari bahan kimia, dan tentu saja memiliki efek samping yang perlu diketahui juga. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan Tuzalos:
  • Tuzalos merupakan obat yang memiliki kandungan paracetamol di dalamnya sehingga dapat menyebabkan kerusakan hati. Ini bisa terjadi jika anda menggunakan obat ini tidak sesuai dengan dosis dan dan menggunakan dalam kurun waktu yang sangat lama.
  • Obat Tuzalos juga memiliki efek samping yang ringan pada saluran penceranaan, biasanya seperti rasa mual dan muntah. Jika anda menggunakan obat ini dalam dosis yang besar maka bisa mengakibatkan adanya pendarahan pada lambung.
  • Untuk pasien yang menggunakan Tuzalos dalam jangka waktu yang panjang akan membuat kerusakan pada ginjal dan apat meningkatkan resiko gagal ginjal akut.
  • Kerusakan kulit yang ditimbulkan obat ini memang sangat jarang sekali, tetapi bisa jadi ada kemungkinan akan ada efek bagi kulit akibat dari penggunaan obat yang mengandung paracetamol.
  • Obat Tuzalos juga dapat memberikan efek samping seperti sakit kepala, mengantuk, gangguan psikomotr, vertigo, aritmia, mulut kering, retensi urin, palitasi, dan takikardi.
  • Jika anda menggunaka obat Tuzalos ini dalam dosis yang besar, maka kandungan dari dextromethorpahan mimiliki potensi menyebabkan epilepsi atau kejang – kejang.
Efek samping yang diberikan oleh obat – obatan kimia memang sangat berbahaya, hal itu bisa terjadi jika anda tidak mengikuti aturan pakai dan menggunakannya untuk jangka waktu yang lama. Jika memang menggunakan obat Tuzalos kemudian dalam tiga hari tidak juga kunjung membaik sebaiknya periksa ke dokter dan gunakan saran dari dokter. Baca juga Batuk saat Hamil Minum Obat Apa dan Apakah Batuk Dapat Mengganggu Janin?


Dosis/aturan Pakai Tuzalos

Dewasa : 3 kali sehari 1 kaplet. Anak berusia 6-12 tahun : 3 kali sehari ½ kaplet

Penggunaan Pada Ibu Hamil

Lantas bagaima bagi ibu hami atau menyusui, apakah bisa menggunakan Tuzalos sebagai obat untuk meredakan gejala flu dan batuk?. Sebuah penelitian sudah dilakukan pada hewan dengan menggunakan obat Tuzalos, tetapi memberikan hasil yang buruk pada janin kemudian tidak ada studi yang dapat memadai dan terkendali dengan baik pada manusia.

Bolehkah ibu menyusui minum obat tuzalos?

Untuk para ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak menggunakan obat Tuzalos dari pada nantinya akan ada dampak yang kurang baik pada bayi. Selain itu bagi ibu menyusui ditakutkan obat Tuzalos memberikan efek samping menghentikan atau memberikan penyumbatan pada ASI. Jika ibu sedang sakit flu dan batuk sebaiknya menggunakan obat yang terbuat dari bahan – bahan alami.
Sekian informasi yang dapat diberikan oleh www.obatbatukalami.com, semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post