Daftar Nama Dan Jenis Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Seperti Sylex dan Sirup Lainnya

Obat batuk untuk ibu menyusui- Memang beberapa obat masih bisa dikategorikan aman jika dikonsumsi untuk para ibu menyusui. Tapi, tentunya anda juga tidak bisa begitu saja memilih obat batuk sembarangan karena efeknya akan langsung dirasakan oleh buah hati tercinta. Ada beberapa kandungan obat yang disarankan untuk anda para ibu menyusui hindari agar tidak membahayakan atau bahkan mempengaruhi produksi ASI.

Daftar Nama Dan Jenis Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui Yang Aman Seperti Sylex Dan Sirup Lainnya


Misalnya seperti kandungan codeine dan aspirin yang bisa berfungsi sebagai obat pereda nyeri. Ada lagi, kandungan guaifenesin yang biasa ditemui di beberapa obat batuk dan berfungsi sebagai ekspektoran (pengencer dahak) juga disarankan untuk anda hindari. Lalu, ada jenis obat yang dapat memberi efek kantuk karena terdapat kandungan antihistamin yang sebaiknya dihindari juga oleh para ibu menyusui. Serta obat jenis dekongestan (pelega untuk hidung tersumbat), misalnya phenylephrine dan phenylpropanolamine yang banyak ditemui kandungannya pada obat flu.
Itulah beberapa kandungan pada obat batuk yang disarankan untuk dihindari bagi ibu menyusui. Lalu obat batuk apakah yang aman? karena seperti yang kita ketahui batuk merupakan penyakit yang dapat menggangu aktifitas ibu menyusui dirumah, terlebih jika ibu menyusui juga harus berangkat kerja dan memproduksi ASI saat dirumah, salah-salah batuk juga bisa tertular pada si buah hati. Ternyata menurut beberapa penelitian ada beberapa daftar jenis obat batuk untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi dan tidak memeberi efek samping pada si buah hati.

Daftar Nama Dan Jenis Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Seperti Sylex dan Sirup Lainnya

Nama Obat Batuk Yang Aman Untuk Ibu Menyusui


1. Silex
Merk Obat batuk untuk ibu menyusui silex ini masuk dalam kategori aman dikonsumsi. Dikatakan aman karena kandungan atau komposisi dari zat pada obat ini memang berasal dari bahan-bahan alami seperti: Ekstra thymi, Ekstra primulae, Ekstra althae, Ekstra droserae, Ekstra serpylli, Minyak eucalyptus, dan Minyak anisi. Anda dapat menggunakan atau menkonsumsi obat ini, tapi harus dilihat dan diikuti anjuran pemakaiannya. Karena pemakaian berlebih juga bisa menyebabkan efek lain yang bisa merugikan anda.

2. Laserin
Laserin juga dapat dimasukan dalam kategori aman sebagai obat batuk untuk ibu menyusui dan juga untuk ibu hamil. Kandungan pada obat dari pabrik Mecosin ini antara lain Euphorbia hirta herba, Zingiberis rhizoma, Cinnamomum cortex, Cardamomum fructus, Caryophyllum flos, Piperis folium, Oleum mentha piperitae, Succus dan liquiritae. Semua daftar kandungan tersebut berasal dari bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi.

Jika anda masih belum terlalu yakin dengan beberapa obat diatas, ada beberapa obat batuk untuk ibu menyusui alami yang sudah jelas aman untuk kamu gunakan. Dan tak lupa harus diimbangi juga dengan istirahat cukup dan minum air putih yang banyak agar racun atau zat lain penyebab batuk cepat larut keluar dari tubuh.

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui alami apa ya?

Berikut beberapa obat alami yang bisa anda konsumsi:

1. Madu
Anda mungkin sudah pernah mendengar berbagai khasiat dari madu. Salah satunya madu bisa digunakan untuk obat alami pada batuk. Begitu juga dengan ibu menyusui, selain sebagai obat madu juga bagus untuk proses penyembuhan. Madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami dan melancarkan metabolisme pada tubuh. Cara mengonsumsinya pun bebas, bisa dengan meminumnya langsung atau bisa juga dengan mencampurkannya dengan teh hangat. Atau jika ingin merasakan khasiat madu untuk melegakan tenggorokan, anda cukup mencampurkan madu dengan teh herbal atau perasan jeruk lemon. Dua bahan alami ini berkhasiat langsung dalam melegakan tenggorokan. Karena madu mampu melegakan teggorokan dan lemon atau teh herbal dapat meredekan gejala peradangan dan bagus sebagai obat batuk untuk ibu menyusui yang aman.

2. Nanas
Selain madu, nanas juga mempunyai peranan penting dalam mengobati batuk. Sudah jelas aman dan dapat digunakan sebagai obat batuk untuk ibu menyusui. Nanas mengandung bromelain yang dipercaya dapat membantu mengeluarkan lendir dari dalam tenggorokan, serta meredakan batuk.

3. Probiotik
Probiotik merupakan mikroorganisme yang biasanya terdapat pada beberapa produk minuman atau yogurt. Probiotik memang tidak bekerja langsung untuk menghilangkan penyakit batuk. Tapi, probiotik dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan bakteri yang hidup dalam usus anda. Selain melihat semua manfaatnya, anda juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi minuman yang mengandung probiotik ini. Karena jika dikonsumsi berlebih, justru zat aktif probiotik dapat membuat dahak ditenggorokan menjadi semakin tebal dan gatal. Baca juga: Harga, Manfaat Minum, Dosis Dan Jenis CDR Untuk Ibu Hamil & Menyusui Dan Efeksampingnya.

4. Menghirup uap
Seperti yang kita ketahui, uap panas mampu mengencerkan dahak dari luar. Dengan menghirup sensasi panasnya, dahak yang mengendap dan susah dikeluarkan jadi mudah untuk keluar melalui tenggorokan. Dan bisa menjadi salah satu solusi alternatif saat batuk berdahak disertai dengan pilek menyerang. Caranya dengan mendidihkan air secukupnya lalu tempatkan dalam wadah penampungan. Kemudian hirup uap panasnya, dengan menutupi kepala dengan handuk. Lakukan ritual ini selama beberapa menit, hingga dirasakan lega pada tenggorokan dan perubahan yang membaik pada saluran pernafasan.

5. Anggur
Selain rasanya yang lezat, anggur ternyata juga dapat digunakan sebagai obat batuk berdahak untuk ibu menyusui yang aman dari bahan alami. Khasiat dari buah anggur hampir menyerupai dengan obat batuk ekspektoran, yang dapat berfungsi membantu melegakan tenggorokan. Sehingga dapat mengobati dengan cepat batuk berdahak atau batuk pilek yang dialami oleh para ibu menyusui.

6. Jahe dan kencur
Kombinasi dari dua bahan alami ini sangat bagus sebagai obat batuk untuk ibu menyusui. Karena khasiatnya mampu mengobati batuk berdahak yang diderita oleh ibu menyusui. Caranya cukup dengan mengiris jahe dan kencur tipis-tipis dan rebus kedua bahan tersebut dalam air mendidih. Minum air rebusan jahe dan kencur ini sebanyak tiga kali dalam sehari. Konsumsilah hingga batuk anda membaik.

7. Lemon, lada hitam dan garam
Jika ketiga bahan alami ini dicampurkan dapat berfungsi sebagai ramuan obat batuk dan sudah pasti aman di konsumsi. Ramuan ini efektif untuk mengobati batuk yang disertai gatal ditenggorokan. Untuk membuat ramuan obat batuk ini caranya ialah dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan lada hitam yang telah dihaluskan dengan garam. Isap secara perlahan campuran dari ketiga bahan alami tersebut secara perlahan-lahan. Gunakanlah takaran secukupnya saat menghaluskan lada dengan garam.

8. Bawang putih
Selain menjadi bumbu penyedap di dapur bawang putih juga mempunyai khasiat lain yang mampu mengobati batuk anda. Caranya pun cukup mudah yaitu cukup dengan mengunyah bawang putih sebanyak 2-3 butir bersama dengan makanan lainnya dapat mempercepat proses penyembuhan batuk yang sedang anda alami saat ini. Ini dikarenakan pada bawang putih memiliki kandungan baik dan bersifat anti bakteri, antiseptik yang bagus serta cepat dalam membunuh bakteri penyebab batuk.

Itulah beberapa tips obat batuk untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi karena sebagian banyak berbahan alami. Dan obat batuk ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama. Tetapi, jika batuk berlanjut, terutama disertai dengan berbagai gejala lain, seperti demam, nyeri saat menelan makanan, ada baiknya segera kunjungi dokter guna mendapat penanganan lebih lanjut. Sekian dari kami www.obatbatukalami.com Semoga lekas sembuh.

Author:

Facebook Comment