Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Obat batuk tradisional untuk anak- Batuk adalah penyakit yang dapat menyerang siapa yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Batuk merupakan reaksi dari alergi yang ada pada tubuh. Sebenarnya batuk bisa dikatakan penyakit yang mandiri dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu. Tetapi meskipun begitu batuk adalah penyakit yang memberikan rasa sakit pada tenggorokan dan mengganggu aktivitas.

Apalagi jika yang terserang batuk adalah anak – anak, tentu saja akan membuat anak kurang bernfasu pada makanan, lemas dan tidak ingin bermain sebab batuk juga dapat menguras tenaga. Ketika anak batuk, ibu juga tidak bisa sembarangan memberikan obat untuk anak di bawah 2 tahun sebab jika dosis yang diberikan tidak sesuai maka akan memberikan efek samping yang buruk bagi anak. Sebaiknya untuk menyembuhkan penyakit batuk bagi anak gunakan bahan – bahan tradisional yang dapat meredahkan batuk.

Ramuan Obat Batuk Tradisional Untuk Anak - Anak Dibawah Satu Tahun Dan 2, 3 Tahun Ke Atas

Ramuan Obat Batuk Tradisional untuk Anak - Anak Dibawah Satu Tahun Dan 2, 3 Tahun ke Atas

Berikut ini beberapa bahan tradisional yang dapat membantu meredahkan batuk:

1. Menggunakan bahan jeruk nipis dan madu
Resep Obat batuk tradisional untuk anak 1 tahun keatas sangat banyak sekali jika ibu mengetahui manfaat dari bahan – bahan yang ada disekitar. Memberikan anak obat tradisional lebih baik untuk anak daripada menggunakan obat yang terbuat dari bahan – bahan kimia, yang akan memberikan efek samping kurang baik pada anak. Jeruk nipis dan madu adalah bahan tradisional yang bisa digunakan untuk membantu meredekan batuk anak. Selain itu, jeruk nipis dan madu mudah sekali ditemui sehingga tidak akan menyusahkan.
Jeruk nipis dari jaman dahulu selalu menjadi andalan untuk meredakan batuk, memang jeruk nipis memiliki manfaat untuk mengatasi radang dan infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan, terutama tenggorokan. Kemudian madu memiliki manfaat dengan kandungan nutrisi yang sangat lengkap sehingga bisa digunakan untuk menguatkan daya tahan tubuh yang melemah.

Cara menggunakan jeruk nipis dan madu sebagai obat batuk tradisional untuk anak untuk batuk bagi si kecil cukup mudah, pertama ibu perlu menyiapkan 1,5 sendok makan air sari dari perasan jeruk nipis, kemudian 4 sendok makan madu murni, dan 5 sendok makan air matang. Campurkan bahan jadi satu kemudian aduk hingga rata. Setalah itu berikan pada si kecil untuk diminum. Berikan ramuan ini 3 kali dalam sehari, sebanyak 1 sendok makan saja. Cara ini tidak disarankan bagi anak berumur 1 tahun.

2. Menggunakan bahan bunga belimbing wuluh
Di Indonesia, rasanya belimbing wuluh sudah bukan menjadi tanaman yang langka. Belimbing wuluh merupakan sayuran yang memiliki rasa asam yang sangat tinggi, biasanya digunakan sebagai bahan dari sayur asam. Tetapi bunga dari belimbing wuluh memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk pada anak. Cara untuk membuat bunga belimbing wuluh sebagai obat batuk tradisional untuk anak yang ampuh sangat mudah, pertama kumpulkan semua bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 genggam bunga belimbing wuluh, kemudian 1 siung bawah merah, 1 sendok makan gula batu, sedikit buah pala, dan 1/2 gelas air matang. Langkah selanjutnya potong bawang merah terlebih dahulu menjadi 4 bagian, kemudian hancurkan buah pala menjadi bagian kecil – kecil dan masukan semua bahan pada tempat dan biarkan ditim selama kurang lebih satu jam. Jika sudah satu jam, saring air dari bahan yang sudah di tim, kemudian berikan kepada anak untuk diminum. Gunakan cara ini 3 – 4 kali dalam satu hari dengan takaran 1 sendok makan setiap kali diberikan. Cara ini sebaiknya tidak diberikan kepada anak dibawah satu tahun.

3. Menggunakan bahan kunyit
Siapa yang tidak mengenal kunyit? Kunyit mudah sekali ditemukan di dapur sebagai bahan tambahan untuk masak, selain itu kunyit juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan yang alami. Kunyit memiliki manfaat yang sangat untuk kesehatan tubuh, kunyit mengandung bahan antibody yang dapat menguatkan daya tahan tubuh. Jika anak terserang batuk, dapat menggunakan kunyit sebagai obatnya sebab kunyit dapat membantu daya tahan tubuh yang sedang lemah. Cara menggunakan kunyit untuk mengobati batuk juga tidak sulit, pertama siapkan dulu bahannya. Pertama siapkan kunyit secukupnya dan juga madu 5 sendok makan. Kemudian bersihkan kunyit terlebih dahulu, kemudian parut hingga halus dan peras kunyit untuk mengambil sari airnya.

Tambahkan madu dengan kunyit, aduk rata. Setelah itu berikan pada anak 3 – 4 kali dalam sehari dengan takaran 1 sendok makan setiap kali minum. Cara ini bisa digunakan pada anak dibawah umur satu tahun, sebab kunyit sangat aman dan tidak memberikan efek samping pada organ tubuh lainnya untuk obat batuk tradisional untuk anak 2 tahun dan 3 tahun ke atas.

4. Menggunakan bahan kencur
Obat batuk tradisional untuk anak 5 tahun kurang lebih selanjutnya bisa menggunakan kencur. Sama seperti kunyit, kencur merupakan bumbu dapur yang memiliki manfaat banyak untuk kesehatan tubuh. Kencur memiliki khasiat untuk meredakan radang yang menyakitkan di tenggorokan. Untuk menggunakan kencur sebagai obat batuk bagi anak caranya tidak susah, pertama tentu saja ibu perlu menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Pertama siapkan kencur sebanyak 5 gram, kemudian di bersihkan dan di parut. Ibu juga butuh menyiapkan 1 sendok makan madu, dan 2 sendok air matang. Setelah itu parutan kencur yang sudah lembut, peras dan ambil air sainya. Kemudian tambahkan 1 sendok madu, dan 2 sendok air matang menjadi satu. Aduk hingga rata, setelah itu berikan pada anak untuk diminum.

Cara ini bisa digunakan sebanyak 2 – 3 kali pada anak dengan takaran 1 sendok makan. Lakukan hingga anak sembuh dari batuk secara rutin. Cara ini tidak dianjurkan untuk anak dibawah umur satu tahun.Baca juga: Daftar Nama Dan Jenis Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Seperti Sylex dan Sirup Lainnya.

5. Menggunakan minyak telon
Sebagai seorang ibu tentu saja orang tua akan menyiapkan peralatan yang anak yang dibutuhkan, apalagi jika peralatan untuk kesehatan. Minyak kayu putih biasanya masuk dalam peralatan anak yang tidak pernah ketinggalan. Minyak kayu putih memang memiliki manfaat yang banyak pada kesehatan anak, selain untuk menghangatkan tubuh minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai pencegah masuk angin ketika sedang berpergian dan juga sebagai obat batuk tradisional untuk anak dibawah 1 tahun yang cukup bagus.

Berbeda dengan cara yang lainnya, menggunakan minyak kayu putih tidak dengan dikonsumsi tetapi dengan digunakan sebagai obat luar. Oleskan minyak putih pada leher, dada, dan punggung anak agar anak dapat merasakan aroma minyak kayu putih. Aroma minyak kayu putih dapat membantu melegakan saluran pernafasan yang terganggu akibat adanya batuk. Selain itu minyak kayu putih dengan aromanya dapat membantu dahak untuk keluar, sehingga batuk dapat disembuhkan dengan cepat. Jangan memberikan minyak kayu putih terlalu banyak sebab akan memberikan rasa panas pada kulit anak. Cara ini boleh digunakan untuk anak dibawah umur satu tahun.

Batuk merupakan reaksi dari alergi dalam sistem pernafasan, jadi ibu bisa menggunakan beberapa cara tradisional untuk dijadikan obat batuk tradisional untuk anak balita. Jika batuk anak sudah sembuh, sebaiknya pengobatan dihentikan.
Sekian informasi yang kami berikan www.obatbatukalami.com, semoga bermanfaat.