Friday, November 11, 2016

Gejala Flu Berat, Akut, Dan Penyebabnya Tidak Berhenti Dan Pencegahannya

Gejala Flu berat yang pertama biasanya di awali demam. Demam yang di derita oleh orang dewasa biasanya akan lebih rendah di bandingkan anak-anak. Sebenarnya penyakit ini cukup bervariasi dalam gejala serta tanda-tandanya, karena penyakit flu hampir mirip dengan influenza tapi lebih ringan.

Gejala Flu Berat, Akut, Dan Penyebabnya Tidak Berhenti Dan Pencegahannya


Pertama yang akan kita bahas pertama adalah gejala flu akut dan berat .

Gejala Flu Berat dan Akut

Pada awalnya, orang yang mengalami flu berat biasanya sekujur tubuhnya akan terasa lemah, badan meriang, lesu, kurangnya nafsu makan, dan juga kepala akan terasa pusing tujuh keliling.

Adapun gejala flu lainnya ada juga yang disertai kepala pening dan terasa amat sangat berat. Kadang juga ada yang mengalami nyeri dan juga sakit kepala ringan seperti diremas-remas terus menerus yang bersamaan dengan bersin-bersin. Ketika mengalami flu berat atau akut biasanya mengalami hidung tersumbat hingga ingus yang cair tak kunjung berhenti mengucur keluar serta keluar air mata.

Jika mengalami bersin dalam batas tertentu dapat dianggap sebagai salah satu upaya pertahanan tubuh kepada benda asing yang mungkin telah mengganggu sepanjang saluran selaput lendir atau daerah sekitar mukosa hidung dan biasanya jugaflu tersebut disertai batuk kering tanpa dahak atau bahkan batuk berdahak.
Batuk dapat muncul karena menyebabkan sensasi gatal pada tenggorokan. Mungkin hal ini masih dianggap normal karena hal tersebut sebagai respon alami tubuh melalui reaksi bulu-bulu getar pada sepanjang selaput lendir tenggorokan, hal ini untuk mengeluarkan benda asing seperti contoh dahak. Rasa nyeri ketika menelan timbul karena adanya proses peradangan.

Anak batita dan juga balita mungkin yang paling sering terkena flu karena daya tahan tubuh mereka masih dalam perkembangan dan juga masih belum banyak tercipta kekebalan tubuh terhadap banyaknya jenis virus yang bermunculan. Sangat penting sekali untuk mengetahui gejala flu karena hal tersebut dapat membantu untuk memeprmudah mengatasinya.

Gejala Flu Berat, Akut, Dan Penyebabnya Tidak Berhenti Dan Pencegahannya

Pada usia anak-anak belum faham betul akan menjaga kebersihan tubuhnya, terutama kebersihan mulut, tangan serta hidung ketika terkena virus tersebut. Karena pada usia tersebut, anak-anak masih suka bermain berkelompok sehingga sangat mudah penularanya.

Meskipun kekebalan tubuh orang dewasa lebih kuat di bandingkan anak-anak. Bukan tidak mungkin peyakit ini tidak menyerang orang dewasa. Orang dewasa pun bisa terserang penyakit ini. Hal ini di karenakan pada saat daya tahan tubuhnya sedang menurun, seperri contoh kurangnya istirahat, stress berlebih, kurang minum air, makan tidak teratur, serta kurangnya asupan gizi atau malnutrinisinya.

Ada beberapa gejala flu lainnya juga yaitu seperti: rasa nyeri pada tubuh, pusing, mual serta muntah, panas dingin, sakit kepala, wajah memerah dan juga kekurangan energi. Pada saat hari ke dua dan ke empat gejala demam di seluruh tubuh akan memudar. Lalu gejala pada pernafasan akan meningkat. Biasanya gejala tersebut mengalami batuk berdahak.

Gejala flu selain batuk, biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 4 hingga 7 hari. Namun kadang gejala demam pun bisa kembali. Pada umumnya gejala batuk dan juga rasa lelah bisa berlangsung selama berminggu-minggu.Beberapa orang yang mengalami flu berat mungkin tidak ingin makan akibat gejala flu ini. Flu tersebut dapat membuat asma, masalah pernapasan, dan juga jangka panjang lainnya yaitu penyakit tersebut dapat berakibat lebih buruk.

Apa Penyebab Flu ?

Penyebab flu yang paling utama yakni virus. Seperti yang kita ketahui bahwa pada musim pancaroba seperti saat inibanyak orang yang terkena flu yang gejala flu nya pun terjadi pada mereka.Kebanyakan orang yang terserang flu pada saat mereka menghirup udara dari bersin seseorang yang mengalami flu. Maka dari itu viru ini akan menyebar ketika anda menyentuh sesuatu dengan virus di atasnya, lalu tangan anda menyentuh hidung, mulut, atau mata seseorang yang sedang mengalami flu.

Kadang-kadang orang dewasa pun merasa tidak nyaman dengan flu yang mereka alami. Terlebih lagi flu berat yang tak kunjung berhenti. Mereka mungkin berbagi gejala flu yang sama dengan orang lain di dekitarnya. Kebanyakan orang yang terserang virus flu mengalami beberapa kali setiap tahunya. Tapi ada juga yang terkena flu lebih jarang dengan orang lain.

Jika ada penyakit flu disertai diare atau muntah. Ini dinamakan dengan flu perut namun flu ini tidak menyebabkan gejala pada bagian perut. Flu pada umumnya akan menyebabkan gejala pada hidung, tenggorokan serta paru-paru meskipun itu flu perut.

Penyebab Flu Pagi Hari setelah bangun tidur

mengalami flu atau pilek (keluar ingus) di pagi hari setelah bangun tidur, akan tetapi flu atau pilek hilang ketika siang hari. Kemungkinan ini disebabkan oleh Rhinitis Alergi. Rhinitis alergi terjadi akibat terkena debu, atau bulu hewan, atau serbuk lainnya.
Rhinitis yaitu terjadinya iritasi pada membran mukosa didalam hidung, Rhinitis sendiri terbagi menjadi 2 yaitu rhinitis alergi dan rhinitis nonalergi. Jika sering terjadi dipagi hari maka sangat dimungkinkan anda terkena Rhinitis Alergi.
Pernyab alergi Rhinitis tersebut antara lain:
  • debu
  • cuaca (dingin, panas)
  • tungau di kasur, sofa,karpet
  • bulu binatang peliharaan
  • polusi udara,dll

Karena memang Rhinitis alergi sering kambuh saat pagi hari, banyak faktor ini terjadi tapi yang jelas ini bisa dikarenakan cuaca dingin, debu dalam kamar, dll. Ketika tubuh dan cuasa sudah hangat disiang hari pilek dapat berhenti dengan sendirinya.

Penyebab Flu Tidak Kunjung Sembuh

Tepatnya penyakit flu yang lama adalah pilek disebabkan berabagai penyakit seperti diatas yakni Rhinitis. Bersin-bersin karena alergi dalam dunia medis disebut dengan rhinitis alergi. Penderita rhinitis alergi bersin bila terkena cuaca dingin, terkena debu, atau terkena aroma-aroma tertentu. Sekali episode bersin bisa berkali-kali hingga 5x lebih , disertai dengan keluhan gatal, dan keluar ingus yang bening dan encer. Jika rangsangan reaksi alergi tidak terlalu kuat maka tidak sampai menimbulkan refleks bersin dan yang dirasakan hanya hidung gatal atau seperti mau bersin, tapi belum bersin.

Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat membuat bersin yaitu udara dingin dan debu. Pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari udara dingin (kenakanlah pakaian yang tebal atau jaket pada saat cuaca dingin, menghindari mandi dengan iar yang terlalu dingin atau mandi pada saat cuaca dingin), menghindari debu (rajin membersihkan kamar, ganti sprei 1x seminggu, mengganti kasur kapuk menjadi busa, menghindari boneka) dan menghindari binatang peliharaan.

Selain Rhinitis ada lagi yaitu, sinunitis sendiri merupakan penyakit radang atau peradangan yang terjadi pada lapisan rongga sinus . Penyebab sinusitis oleh infeksi kuman atau bakteri tertentu. Beberapa gejala sinusitis yang mengindikasikan penyakit sisnusistis adalah:
  • Hidung mampet
  • Hidung mengeluarkan ingus seperti ketika flu
  • Sering Sakit kepala, khususnya di area sekitar rongga sinus
  • Rasa nyeri di sekitar wajah
  • Penciuman hidung yang berkurang
Nah yang terakhir adalah Rhinitis vasamotor . Penyakit ini merupakan peradangan pada selaput lendir yang disebabkan karena reaksi alergi tubuh terhadap benda- benda yang menyebabkan alergi (alergen).rhinitis vasomotor ini disebabkan karena terjadinya pelebaran pembuluh darah di hidung yang merupakan akibat terganggunya saraf vasomotor. Hal seperti ini bisa menyebabkan hidung menjadi keluar banyak lendir sehingga nampak seperti orang pilek.

Beberapa gejala yang mengindikasikan penyakit rhinitis vasomotr adalah:
  • Sering bersin- bersin (berkali- kali dan bisa melebihi 5x
  • Sering bersin setelah bangun tidur
  • Sering bersin di pagi hari
  • Bersin- bersi dan juga pilek ini berhenti dengan sendirinya ketika mulai sore atau malam hari
  • Hidung mampet
  • Hidung mengeluarkan lendir yang berwarna bening
  • Mata kering
  • Gejala bisa muncul sepanjang tahun, dan terjadi hampir setiap hari

Tips Pencegahan Flu Agar Tidak Terjangkit

Banyak orang bilang bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Kadang kata-kata tersebut memang benar adanya. Oleh sebab itu kenalilah terlebih dahulu apa gejala flu nya agar bisa dengan mudah untuk mencegah bahkan mengobatinya.Karakteristik setiap virusnya yang bisa menyebar lewat udara ini sangat mudahmenular. Menularnya dapat melalui kontak secara langsung maupun tidak langsung.

Kontak secara langsung seperti contoh: melalui terhirupnya virus yang berasal dari bersin atau batuk si penderita yang mengandung partikel-partikel virus. Sedangkan Kontak secara tidak langsung dapat melalui benda-benda yang mengandung virus karena hal itu akan terpapar bersin dan batuk si penderita. Benda-benda itu seperti perabot makan dan minum,saputangan,pensil warna,telepon seluler,gagang telepon,gagang pintu, buku, baju, papan ketik komputer, tisu, handuk, hape layar sentuh, mainan anak dan lain-lain.

Penularan virus ini dapat terjadi jika setelah kontak dengan benda-benda bekasyang sudah terkena bersin atau batuk itu, oleh sebab itu janganlah menyentuh dengan tangan pada area selaput lendir mata, mulut, atau hidung. Segeralah cuci tangan hingga bersih agar bebas kuman serta virus yang menyebar. Baca juga Nama Obat Flu Paling Ampuh Di Apotik Dan Cepat Untuk Dewasa Apa?

Cara Mencegah Penularan Penyakit Influenza

Untuk mencegah penyakit tersebut yang sudah tertera di atas, cara mencegah yang paling mudah serta dengan konsep murah meriah adalah harus bisa menghindari dan mengurangi kontak dengan virus yang mengakibatkan flu berat dan juga akut yang tak kunjung sembuh itu. Kalau bisa putus rantai penularanya dengan cara yang semaksimal mungkin.

Khususnya bagi si penderita, agar bisa tutup mulut ketika bersin dan batuk. Hal ini akan lebih sangat dianjurkan agar virus tersebut tidak menyebar kemana-mana. Atau bisa juga menggunakan masker selama sakit flu dan juga menjaga jarak serta kontak ketika berbicara dengan orang disekitar kita. Jangan lupa untuk mencuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun, cuci di air yang mengalir. Paling tidak sebelum menyentuh area hidung dan mulut, cucilah tangan sebelum makan atau sebelum menyentuh benda lain. Pencegahan seperti ini akan mengurangi resiko penularan dengan cepat.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas gejala flu yang muncul dalam batasan waktu tertentu telah di anggap sebagai respon tubuh untuk menghadapi virus. Oleh karena itu, sangat di anjurkan jika mengalami flu seperti itu janganlah terburu-buru mengkonsumsi obat yang berbahan kimia. Sebaiknya lakukanlah pencegahan terlebih dahulu agar hasil menghilangkan flu akan bebas dengan cara tersebut. Selain cara pencegahan yang tergolong gampang penangananya, cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi masalah flu , sekian dari kami www.obatbatukalami.com.
Previous Post
Next Post