Cara Kerja, Kegunaan Cortidex Dexamethasone Dan Injeksi Lengkap Dengan Aturan Minum Dan Harganya


Cortidex - Berikut ini akan kita bahas mengenai obat dengan merk cortidex. Munkin anda suah mengenal lama obat ini namun belum begitu hapal apa saja khasiat Cortidex tersebut menurut indikasi maupun pengalaman pengguna obat ini. Oleh sebab itu kami meluangkan waktu untuk berbagi buat anda semau seberapa pentingnya obat ini dan apa saja kegunaan obat ini. Kami juga akan bahas diahir menganai efek dari minum obat Cortidex ini.

Cara Kerja, Kegunaan Cortidex Dexamethasone Dan Injeksi Lengkap Dengan Aturan Minum Dan Harganya


Berikut ulasan ortidex dexamethasone 0.5 mg obat apa saja .

Cortidex didalamnya terdapat zat aktif Dexamethasone 0,5mg pada tablet dengan harga Cortidex Rp 3.000,- per tabletnya. Dan juga tersedia dalam bentuk injeksi yaitu didalmnya terdapat dexamethasone 0,5mg/ ml injeksi dengan kemasan 1 dus 10n ampul @ 1ml injeksi. Dexamethasone merupakan jenis obat glukokortikoid sintetis, yang merupakan obat sintetis yang berfungsi untuk anti alergi, imunosupresan , anti inflamasi dan anti shock yang sangat banyak. Obat ini jika dibandingkan dengan hidrokortison adalah 20 sampai 30 kali lebih kuat, dan jika dibandingkan dengan prednison maka 5 sampai 7 kali lebih kuat. Akan di bentuk suatu kumpulan steroid protein reseptor oleh membran sel. Kumpulan steroid protein reseptor ini akan berhubungan dengan kromatin DNA dan menstimulasi transkripsi RNAm yang tidamk lain adalah proses sintesa protein yang terjadi pada inti sel. Obat yang di dalamnya terdapat anti inflamasi ini akan menekan perpindahan neutrofil, menurunkan hasil prostaglandin ( senyawa yang merupakan mediator inflamasi ) dan bisa mengakibatkan dilatasi kapiler. Hal ini ini akan menurunkan reaksi tubuh pada keadaan peradangan ( inflamasi ).

Cara Kerja, Kegunaan Cortidex Dexamethasone Dan Injeksi Lengkap Dengan Aturan Minum Dan Harganya

Indikasi Cortidex

Fungsi dari cortidex ini adalah untuk mengobati gejala – gejala berikut :
  1. Obat ini termasuk dalam famili kortikosteroid yang difungsikan untuk berbagi keadaan inflamasi, seperti halnya radang pada penyakit reumatik, radang pada usus, radang yang terjadi pada ginjal, radang pada mata, radang yang juga disebabkan oleh asma
  2. Obat ini juga dapat difungsikan sebagai penanganan penyakit pada autimun contohnya rheumatoid arthiritis, penyakit pada berbagai alergi, penyakit lupus, bronkospasme dan idiopatik thrombocytoponic ( menurunya jumlah trombosit darah yang disebnabkan oleh keadaan kekebalan tubuh yang menurun )
  3. Obat ini juga bermanfaat untuk mengobati penyakit shock anafilaktik alergi dalam aturan minum yang tinggi
  4. Obat ini juga bisa untuk menangani dalam hal mencegah terjadinya aksi penolakan tubuh dalam hal pencakokan organ tubuh
  5. Obat ini juga bisa di gunakan untuk penderita kanker, sebagai penyokong dari kemoterapi. Obat Cortidex ini juga berfungsi sebagai penangkal pada penderita tumor otak yaitu penangkal pertumbuhan edema. Digunakan dalam hala kemoterapi, obat ini juga di pakai sebagai pengobatan multiple myeloma baik satu atau bisa di gabungkan dengan oabt jenis thalidomide, lenamide, bortezomidib, gabungan dari adriamycin dan vincristine atau velcade dan revlimid
  6. Pada saat kemoterapi maka akan muncul mual dan muntah, untuk mencegahnya maka gunakan obat cortidex tablet sebagai pendukung obat antiemetik seperti andansetron.
  7. Obat ini juga kadang diberikan kepada wanita hamil yang mengalami kelahiran prematur. Penggunaan oabt ini yang di barikan kepada ibu hamil agar obat ini membantu mematangkan organ paru- paru janin yang belum matang dengan sempurna. Pada penggunaan obat ini harus dibawah pengawasan dokter dan harus hati – hati karena pada dosis yang tidak tepat dapat mengakibatkan adanya cacat pada janin.
  8. HACE atau high altitude cerebral adema dan juga HAPE atau high altitude pulmonary edema yang di alami pada seorang pendaki gunung juga dapat menggunakan obat ini.
  9. Sering di pakai untuk pertolongan pada keadaan yang genting untuk menolong nyawa seseorang

Kontra Indikasi Cortidex

Tidak boleh menggunakan obat ini apabila memiliiki sejarah penyakit hipersensitif pada obat turunan kortikosteroid. Cortidek ada baiknya tidak boleh di berikan pada orang yang mengalami tukak lambung, osteoporosis, diabetes militus, infeksi jamur sistemik, penderita TBC dan penderit yang mengalami gagal ginjal.

Efek Samping Cortidex

  1. Obat Cortidex kaplet yang termasuk ke dalam sub glukokortikoid bisa menambah pembentukan glukosa dari protein, yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang di derita pada orang yang menderita diabetes militus. Maka sebaiknya jangan gunakan obat ini.
  2. Obat ini juga jangan di berikan pada orang yang lanjut usia karena penggunaan protein pada kinerja pembentukan glukosa juga bisa mengakibatkan pengeroposan tulang dan penyusun tulang juga akan menurun dengan cepat. Pada anak – anak juga dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tulang.
  3. Obat ini juga bisa mempengaruhi sistem metabolisme pada kulit sehingga bisa mengakibatkan berat badan bertambah.
  4. Penurunan fungsi limfa juga bisa terjadi karena sel limfosit menurun dan mengecil dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Sekumpulan efek samping ini juga bisa kita sebut sebagai cushing sindrom, yaitu tanda – tanda yang muncul seperti halnya muka jadi lebih gendut, penebalan pada perut dan dan punggung, dan hipertensi.

Perhatian begi yang minum Cortidex

Hal hal yang harus di perhatikan adalah :
  • Adanya orang yang mengalami penurunan pada sistem imun tubuhnya maka orang tersebut akan mudah sekali terkena penyakit cacar dan campak
  • Misal pada usia orang yang sudah tua yang mempunyai gangguan fungsi hati, maka berikan obat ini dengan takaran yang sedikit dan dalam jangka waktu yang pendek.
  • Akan ada gejala mialgia, artralgia dan malaise jika Anda menggunakan obat ini dalam kurun waktu yang lama dan di hentikan secara singkat tanpa pengawasan dari dokter secara intensif
  • Akan terjadi perdarahan pada saluran pencernaan jika diberika pada orang yang mempunyai sejarah penyakit tukak lambung dan kolitis ulceratif

EFEK OBAT TERHADAP KEHAMILAN

Penelitian yang terjadi pada unggas menimbulkan efek yang tidak baik pada janin dan tidak ada penelitian yang berefek baik jika digunakan pada manusia, namun apabila ada keuntungan yang di dapat maka penggunaan obat cortidex ini diperbolehkan meski dapat mempunyai resiko dan akibat yang besar.Baca juga Harga, Dosis, dan Manfaat Dextamine Syrup Dan Kapsul untuk Penyakit Apa Saja ?.

Interaksi Obat Cortidex

Berikut ini akan kami paparkan reaksi obat cormtidex bila di pakai dengan obat lain secara bersamaan :
  • Aminoglutethimide : mengurangi nilai dari dexamethasone, melewati induksi enzim mikrosomal sehingga mencegah akibat farmakologis obat cortidex.
  • Kalium – depleting : apabila di pergunakan dengan obat ini semisal anfoterisin B dan diuretik, maka harus diperhatikan dengan seksama agar tidak menimbulkan hipokalemia.
  • Antibiotika makrolida : menyebabkan penurunan klirens dexamethasone dan mengakibatkan nilai akibat dari farmakologisnya.
  • Antidiabetik : harus disesuaikan dengan obat anti diabetes agar tidak terjadi peningkatan glukosa dalam darah
  • Isoniazid : jika di pergunakan dengan cortidek mungkin akan mengurangi konsentrasi dari serum insoniazid
  • Cholestyramine dan efedrin : hal ini akan menimbulkan klirens kortikosteroid dan akan menurunkan nilai dari efek farmakologisnya
  • Vaksin hidup :obat ini juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga akan menjadi pemicu terjadinya infeksi. Sebaiknya jangan gunakan obat ini apabila orang tersebut sedang mendapat imun virus hidup
  • Anti jamur contohnya ketokonazole : menurunkan metabolisme kortikosteroid sehingga dapat menambah efek farmakologisnya
  • NSAID : aspirin akan menambah akibat perdarahan pada saluran pencernaan

Dosis Cortidex yang pas

Aturan pakai Cortidex- Untuk tablet ukuran 0,5 mg – 10 mg setiap harinya untuk 4 kali pemberian. Pada pemakaian dalam kurun waktu yang lama , dosis yang diberikan pada obat cortidex ini harus di kurangi secara pelan – pelan untuk menghindari terjadinya infuiensi adrenal akut. itulah arturan minum  Cortidex Injeksi dan Dexamethasone.

Demikian artikel mengenai cara kerja, kegunaan cortidex dexamethasone dan injeksi lengkap dengan aturan minum dan harganya. Semoga menjadi informasi bagi Anda. Sekian dari kami www.obatbatukalami.com dan terima kasih.

Author:

Facebook Comment