Cara Menyembuhkan Flu Dan Hidung Tersumbat Dengan Cepat Tanpa Obat

Cara menyembuhkan flu adalah cara yang paling utama untuk mengatasi hidung tersumbat. Gak pernah kebayang kan? Ketika hidung tersumbat, kita jadi susah untuk bernafas dan kadang suarapun juga berubah aneh pas waktu berbicara. Pasti hal itu sangatlah mengganggu aktifitas kita.

Mungkin jika tersumbatnya hidung cuma sebelah masih mending ya, lah coba bayangkan kalau kedua-duanya mampet? Tentunya bakal repot? Seolah-olah kita akan bernafas menggunakan mulut.
Hidung tersumbat biasanya terjadi ketika kita mengalami pilek. Selain hidung mampet saat pilek, biasanya di sertai dengan sakit pada tenggorokan dan juga kepala pusing. Seperti halnya gejala lainya, dua gejala ini sangatlah menyiksa juga karena rasa sakitnya seperti halnya hidung tersumbat.

Cara Menyembuhkan Flu Dan Hidung Tersumbat Dengan Cepat Tanpa Obat


Ketika pilek, mungkin ada banyak orang yang mencari cara menyembuhkan flu dalam sehari yang cepat agar bisa sembuh dengan cepat juga. Apalagi pas kita dalam keadaan tidur, mungkin akan lebih menyakitkan jika hidung kita tersumbat karena mau posisi seperti apapun akan tetap sulit jika bernafas.

Cara Menyembuhkan Flu Dan Hidung Tersumbat Dengan Cepat Tanpa Obat

Adapun ada beberapa cara menyembuhkan flu serta hidung tersumbat dengan cepat tanpa mengkonsumsi obat. Mungkin cara-cara dibawah ini akan lebih efektif jika dilakukan dengan seksama.

Cara Menyembuhkan Flu dengan Cepat tanpa obat berbahaya

1. Dengan cara menghirup minyak angin
Cara menyembuhkan flu serta hidung tersumbat bisa menggunakan minyak angin.Minyak angin seperti contoh minyak kayu putih ataupun inhaller yang telah mengandung menthol, eucalyptus, dan kamper. Bahan-bahan tersebut berkhasiat untuk mengurangi hidung tersumbat.

2. Dengan cara tidur posisi setengah duduk
Cara ini, usahakan pada saat tidur, letakkan kepala lebih tinggi dari biasanya. Anda dapat menambahkan 2 bantal ketika tidur supaya posisi bisa mencapai 45 derajat. Ketika letak kepala lebih tinggi, akan bisa mengurangi penumpukan aliran darah di hidung sehingga dapat mengurangi hidung yang tersumbat.

3. Dengan menggunakan uap air panas
Anda dapat menaruh uap air panas dalam wadah, kemudian letakkanlah kepala anda di sekitar air panas. Lalu tutup menggunakan handuk supaya uap tidak lari kemana-mana. Kemudian hiruplah uap air panas hingga anda merasa lega. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan tambahan minyak kayu putih di dalam air tersebut.

4. Dengan mengompres menggunakan air hangat
Cara menyembuhkan flu tanpa obat medis dengan menggunakanair hangat, caranya yaitu siapkan air hangat, kemudian kompres di sekitar hidung. Pertama-tama kompres mulai dari hidung lalu turun ke bagian pipi. Laukaknlah hal ini secara berulang-ulang. Jangan lupa untuk menggunakan handuk dengan air panas. Dan jika handuk mulai dingin, celupkan dan basahi kembali dengan menggunakan air panas. Dengan menggunakan kompres hangat, akan bisa membantu mengencerkan ingus yang ada didalam hidung.

5. Dengan mengkonsumsi makanan yang pedas
Cara menyembuhkan flu pilek seterusnya lagi yaitu Dengan mengkonsumsi makanan yang pedas akan bisa membantu ingus menjadi encer sehingga ingus tersebut akan mudah untuk dikeluarkan. Namun anda juga harus bisa lebih waspada dan hati-hati juga karena makanan yang pedas bisa juga menyebabkan diare.

6. Hindari membuang ingus terlalu kuat
Cara menyembuhkan flu berat selanjutnya yaitu jangan membuang ingus terlalu kuat. Ketika flu dan hidung tersumbat tentunya akan mengeluarkan ingus. Dari sebagian orang mungkin akan mengeluarkan ingus mereka dengan kuat karena susah keluar. Namun perlu diketahui bahwa, hal ini ternyata salah loh. Jika anda membuang ingus terlalu kencang dan kuat, lapisan dinding hidung akan bisa terluka dan meradang. Nah, peradangan ini bisa membuat lapisan hidung membengkak dan malah memperparah hidung tersumbat. Jadi, cukup membuang ingus dengan cara yang lembut saja.

7. Dengan cara minum jeruk hangat
Jeruk memilik kandungan vitamin C yang cukup banyak. Dengan minum jeruk hangat akan bisa membantu mengencerkan ingus uang bisa membuat hidung tersumbat. Vitamin C dalam buah jeruk juga berkhasiat untuk kekebalan tubuh, oleh sebab itu tubuh akan lebih cepat pulih untuk sehat kembali.

8. Dengan menggunakan uap
Cara menyembuhkan flu anak dan juga bisa buat orang dewasa yang cukup gunakan uap air hangat. Siapkan air yang hangat ya jangan yang panas agar kulit anda tidak melepuh saat memakainya. Letakkan air hangat di satu wadah kemudian tambahkan sedikit teh chamomile ke dalam air tersebut. Kemudian gantungkanlah handuk di atas kepala agar bisa menangkap uap yang lebih banyak. Hal ini akan membantu mengatasi hidung tersumbat.

9. Mengkonsumsi altoid
Altoid ini sendiri sangatlah efektif untuk melegakan hidung yang tersumbat karena altoid memiliki rasa mint yang segar. Namun jika campur batuk maka baca ini Sirup Dan Tablet Obat Batuk Paling Ampuh di Apotik Umum yang Aman.

10. Mandilah di bawa pancuran
Cobalah untuk mandi di bawah pancuran kurang lebih selama 10 – 15 menit, dengan menggunakan air panas. Tarik dan keluarkan nafas dalam-dalam untuk mengisi paru-pari serta rongga hidung dengan uap.

Tips menyembuhkan flu


Selain ada cara menyembuhkan flu dan hidung tersumbat tanpa menggunakan obat, ada juga beberapa tips yang juga bisa membantu mengatasi flu serta hidung tersumbat. Adapun beberapa tipsnya yaitu:
Perbanyaklah mengkonsumsi air putih atau jus yang segar

  • Sebaiknya mandilah dengan menggunakan air hangat sebelum pergi tidur. Kemudian tempelkanlah handuk hangat tersebut pada area hidung, tempelkan penyeka wajah yang hangat atau panas pada wajah dan diamkan serta biarkan kurang lebih 20 detik. Hal ini akan bisa membantu mengendurkan lendir dan juga membantu agar bisa di tiup dengan mudah.
  • Angkatlah kepala. Seperti contoh anda tidur dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi. Hal ini juga bisa membantu untuk melepaskan lendir. Tempelkan handuk hangat pada bagian hidung selama kurang lebih 8 menit. Ulangi jika diperlukan. Tidurlah dengan terlentang.
  • Menggunakan tisu, sebagian orang akan merasa terbantu dengan menggunakan tisu dan merendamnya ke dalam larutan air garam atau air saja. Kemudian tempatkan gulungan tisu tersebut ke dalam bagian hidung yang tersumbat.
  • Gunakanlah handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air hangat. Kemudian letakkan di atas hidung. Lalu di iringi dengan minum sedikit teh dan cobalah untuk istirahat sambil mengganjal kepala anda.
  • Ketika hidung tersumbat dalam kurung waktu satu mingguan, sebaiknya konsultasilah ke dokter kepercayaan anda karena hal tersebut bisa memicu adanya infeksi di hidung.
  • Ketika meniup hidung, tutupi lubang hidung yang satunya dan tiup keras-keras pada lubang hidung yang terbuka. Hal ini akan memicu ingus untuk keluar.
  • Hindarilah meminum susu karena beberapa orang tertentu bisa semakin parah ketika mengalami hidung tersumbat ketika mengkonsumsi produk susu.
Nah itu tadi ada beberapa cara menyembuhkan flu dan hidung tersumbat dengan cepat tanpa mengkonsumsi obat-obatan kimia. Selain bisa sembuh tanpa obat, ada juga beberapa tips yang penting juga untuk dilakukan agar flu nya juga bisa hilang dengan cepat. Nafas juga bisa jadi lega. Cara ini tergolong cara yang manjur serta aman karena tanpa penggunaan bahan-bahan kimia dalam pengobatan tersebut. Tetap jagalah kesehatan dengan mengkonsumsi minimal 8 gelas perharinya. Semoga lekas sembuh, sekian saja cara menyembuhkan flu secara alami dari kami www.obatbatukalami.com, selamat mencoba !

Author:

Facebook Comment