Friday, November 18, 2016

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi 3 Bulan-6 Bulan Di Malam Hari

Cara mengatasi batuk- Batuk merupakan penyakit yang mudah sekali menyerang, jika hawa berubah kemudian kesehatan tubuh tidak dijaga, maka virus dapat mudah untuk memberikan penyakit batuk. Penyakit batuk tidak memandang menyerang siapapun, entah orang dewasa ataupun bayi. Batuk sendiri merupakan reaksi yang diberikan oleh tubuh sebab adanya gangguan alergi atau semacam infeksi pada seluran pernafasan. Jika batuk menyerang orang dewasa rasa sakit di tenggorokan masih dapat untuk ditahan selama beberapa hari, tetapi jika batuk menyerang bayi rasanya tidak akan tega. Ketika bayi terserang penyakit batuk akan menjadi lebih rewel dan susah untuk beristirahat dengan tenang ketika malam.

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi 3 Bulan-6 Bulan Di Malam Hari

Batuk yang menyerang pada bayi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti; adanya infeksi dari bakteri seperti batuk rejan, infeksi sinus, pneumonia dan ini dapat menjadi batuk yang serius. Kemudian karena asma, alergi, iritasi, aspirasi, dan juga refluks asam. Beberapa penyebab itu dapat mudah menyerang bayi. Karena masih bayi, rasanya tidak bisa menggunakan sembarangan obat untuk meredakan batuknya apalagi ketika malam hari, batuk sering sekali mengganggu tidak bayi. Berikut ini beberapa cara mengatasi batuk pada bayi yang bisa ibu berikan sebelum tidur:


Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi 3 Bulan-6 Bulan Di Malam Hari

1. Memberikan banyak minum sebaiknya ASI
Cara mengatasi batuk pada bayi di malam hari memang tidak mudah, apalagi jika batuknya sudah sering keluar dan makin parah. Tetapi jika bayi sudah mengeluarkan batuk pada malam hari sebaiknya ibu segera tanggap untuk memberikan minum. Minum dapat berupa air putih atau juga ASI. Minum yang diberikan pada bayu dapat membantu untuk mengencerkan lendir dan juga dahak yang susah keluar dan terus mengganggu sehingga memberikan batuk terus menerus pada bayi. Ketika memberikan minum sebaiknya ibu lebih berhati – hati agar bayi tidak tersedak dan membuat batuk akan semakin parah, berikan minum pada bayi dengan posisi duduk jangan tidur.

2. Memberikan madu
Rasanya tidak ada ibu yang tenang jika melihat anaknya tidak bisa istirahat dengan lega ketika malam hari hanya karena batuk yang terus mengganggu. Cara mengatasi batuk kering dan gatal bisa menggunakan madu. Madu memiliki nutrisi yang lengkap sehingga bisa memperkuat daya tahan tubuh. Caranya sangat mudah, ibu harus selalu sedia air hangat dalam kamar agar bisa menggunakan cara ini untuk bayi. Campurkan satu sendok makan madu dengan air hangat 5 sendok makan, kemudian aduk hingga rata. Jika bayi bangun berikan minum dengan posisi masih hangat dan jangan sampai tersedak, ketika bayi sedang batuk ibu bisa menghentikannya sebentar.

3. Memberikan minyak zaitun dan minyak rosemary
Bayi terbangun pada malam hari ketika menderita penyakit batuk itu sudah bukan hal yang bisa ditawar lagi. Bayi akan kekurangan waktu istirahatnya ketika malam dan akan sering rewel. Ibu harus sigap untuk melawan batuk pada bayi, jika bayi menangis malam hari sebaiknya ibu mulai mengoleskan minyak zaitun dan minyak rosemary. Harusnya cara ini bisa digunakan setiap hari 3 kali dalam sehari untuk dapat menyembuhkan batuk bayi dengan cepat. Oleskan minyak zaitun dan minyak rosemary pada punggung bayi. Campurkan dua jenis minyak ini untuk menggosok punggung bayi. Sebenarnya sebelum tidur harusnya bayi dioleskan terlebih dahulu agar dapat tidur lebih nyenyak lagi. Menggunakan minyak zaitun dan minyak rosemary merupakan hal yang tepat untuk cara mengatasi batuk bayi umur 5 bulan atau lebih.

4. Mandikan bayi dengan minyak essential dan air hangat
Sebelum tidur pada malam hari, pada setiap sore pasti akan mandi agar terhindar dari kuman dan gangguan gatal – gatal. Nah, cara mengatasi batuk pilek selanjutnya untuk membantu menyembuhkan batuk sebaiknya mandi dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan essential. Memandikan bayi dengan air hangat yang dicampur dengan minyak essential dapat membantu untuk menghangatkan badan dan bisa memberikan rasa lega pada saluran pernafasan yang terganggu akibat alergi. Baca juga Obat Batuk Kering Dan Gatal di Tenggorokan Untuk dewasa Resep Dokter.

5. Memberikan minyak kayu putih
Sebagai orang tua pasti ibu akan memberikan perlengkapan yang lengkap dan juga sehat bagi bayi. Salah satu perlengkapan bayi yang sangat bermanfaat ketika batuk menyerang adalah minyak kayu putih. Saat bayi terbangun malam hari karena batuk mengganggu tidurnya, ibu bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai cara mengatasi batuk yang diderita bayi. Caranya cukup hanya mengoleskan minyak kayu putih secukupnya pada leher, dada, dan juga punggung bayi. Minyak kayu putih akan memberikan rasa hangat pada tubuh bayi, selain itu aroma dari minyak kayu putih juga memberikan rasa lega pada saluran pernafasan bayi. Tetapi jangan memberikan minyak kayu putih telalu banyak, sebab akan memberikan rasa panas pada kulit bayi dan bisa jadi bayi akan semakin rewel.

6. Memberikan bawang merah dan minyak kayu putih
Cara mengatasi batuk pada bayi anak saat tidur yang sering terbangu pada malam hari adalah menggunakan bawang merah dan minyak kayu putih. Bawang merah memiliki aroma yang dapat memberikan rasa lega pada saluran pernafasan. Selain itu bawang merah juga mengandung antibakteri yang bisa membantu bayi mengatasi batuk yang diderita. Bawang merah memang tidak digunakan untuk dikonsumsi bayi, tetapi ibu bisa menggunakan bawang merah untuk mengoleskan bersama minyak kayu putih pada seluruh tubuh bayi. Cara ini selalu mujarab dan sering digunakan oleh orang jaman dahulu.

7. Hindarikan bayi dari AC atau kipas angin
Penyebab batuk sering datang pada malam hari salah satunya adalah karena hawa dingin yang sering menyerang. Jadi jika kamar bayi anda terdapat AC atau kipas angin sebaiknya jangan diguankan ketika bayi ibu sedang menderita sakit batuk. Angin atau rasa dingin yang diberikan dapat membuat saluran pernafasan bekerja tidak teratur sebab pada saluran pernafasan masih terdapat infeksi atau alergi yang sangat sensitive. Jika ibu masih menggunakan kipas atau AC pada kamar anak ketika sedang terserang bisa jadi akan merambah menjadi penyakit asma dan itu bukan hal yang diinginkan. Sebaiknya matikan AC dan kipas angin sebagai cara mengatasi batuk untuk bayi satu bulan dan diatas 2 bulan


8. Berikan waktu istirahat di siang hari
Waktu istirahat yang dimiliki bayi juga mempengaruhi batuk di malam hari. Biasanya batuk semakin menyerang pada malam hari karena memang badan terlalu lelah dan batuk keluar untuk memberikan reaksi. Cara mengatasi batuk pada bayi umur 3 bulan misalkan bisa dengan memberikan waktu istirahat yang lebih pada siang hari. Jadi waktu bermain bayi juga akan dikurangi, jangan sampai membuat bayi lelah karena batuk malam hari juga akan menyita tenaganya.

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat bayi nyenyak ketika tidur dengan penyakit batuk. Menggunakan cara yang tradisional lebih baik daripada menggunakan obat yang memiliki efek samping pada bayi. Ketika batuk menyerang sebaiknya ibu selalu tanggap dengan beberapa cara mengatasi batuk.

Sekian informasi yang diberikan oleh www.obatbatukalami.com, semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post