Gejala, Nama Virus Penyebab Pilek Dan Batuk Serta Perbedaan Pilek Dan Flu

Pilek- Saat ini musim menjadi hal yang tidak menentu dan kurang bisa diprediksi, akibatnya daya tahan tubuh juga ikut terpengaruh. Virus sumber penyakit mudah berkembang dengan cepat dan sulit untuk disembuhkan. Salah satu virus yang mudah untuk berkembang dengan cepat adalah pilek dan flu. Pilek dan flu mudah sekali menyerang tubuh yang daya tahannya sedang menurun. Nah, pilek dan flu sering sekali diremehkan dan tidak mendapatkan pertolongan segera, bahkan pilek dan flu sering dianggap sama dan mendapatkan yang sama. Sebenarnya pilek dan flu adalah penyakit yang berbeda, dan harusnya mendapatkan penangan yang berbeda juga.

Gejala, Nama Virus Penyebab Pilek Dan Batuk Serta Perbedaan Pilek Dan Flu

Gejala dan penyebabnya juga sangat berbeda, berikut ini perbedaannya pilek dan flu :

1. Dilihat dari munculnya gejala
Pilek dan flu memang berbeda, namun orang – orang yang tak paham kesehatan dan masih awam sering saja mengatakan sama. Karena pilek dan flu adalah penyakit yang berbeda tentu saja gejala datangnya penyakit ini juga berbeda. Untuk penyakit pilek, gejala awal datang biasanya secara perlahan tidak langsung, maksudnya ada beberapa gejala lain dulu yang datang sebelum memang sudah masuk dalam tahap penyakit pilek. Sedangkan untuk flu, datangnya secara mendadak, tiba – tiba saja datang tanpa gejala awal dan tidak terasa akan datang.
Gejala, Nama Virus Penyebab Pilek Dan Batuk Serta Perbedaan Pilek Dan Flu

2. Dilihat dari demam
Apapun nama penyakitnya, tetap saja yang namanya sakit tidak akan enak dan segera ingin disembuhkan. Untuk membedakan pilek dan flu bisa juga dilihat dari munculnya demam yang datang. Jika penyakit pilek yang menyerang demam jarang sekali datang, jika datang juga tidak akan tinggi. Sedangkan untuk penyakit flu, demam selalu tinggi dan yang paling mengkhawatirkan demam bisa datang sangat tinggi dan susah sekali diturunkan. Dalam gejala ini flu memang lebih butuh perhatian yang lebih ketimbang pilek.

3. Dilihat dari sakit kepala
Gejala sakit pilek dan flu memang sangat banyak sekalipun berbeda, tidak bisa dilihat dari munculnya demam saja. Beberapa penyebab lainnya juga akan mengikuti, salah satunya seperti sakit kepala. Untuk sakit kepala saja juga berbeda antara pilek dan flu. Jika pilek jarang sekali sakit kepala datang, jika pun datang tidak akan parah dan lama. Sangat berbeda dengan flu, sakit kepala yang ada digejala flu sudah pasti datangnya bahkan terasa sangat berat dan susah untuk dihilangkan. Tidak heran jika orang terserang flu mereka jauh lebih lemas dan enggan untuk melakukan aktivitas, hanya ingin tidur saja.

4. Dilihat dari nyeri di tubuh
Virus yang menyerang kemudian menjadi penyakit dalam tubuh akan membuat beberapa bagian tubuh terasa sakit semua, sekalipun tidak ada luka yang terlihat. Rasa nyeri di beberapa bagian tubuh juga bisa hadir pada sakit pilek dan flu, namun rasanya juga akan berbeda karena memang pilek dan flu merupakan penyakit yang berbeda. Jika pilek jarang sekali ada rasa nyeri yang mengikuti ketika menyerang, jika pun ada hanya nyeri ringan dan tidak terlalu terasa sakit. Berbeda dengan rasa nyeri yang timbul karena sakit flu, rasa nyeri yang timbul sangat umum terjadi dan terasa parah. Ingin melakukan aktivitas yang berat juga akan berfikir dua kali jika sedang terserang penyakit flu sebab badan rasa terasa nyeri tidak tertahankan.

5. Dilihat dari lemah dan lesu
Jika seseorang sakit, biasanya bisa dilihat dari lemah dan lesu orang tersebut. Biasanya tubuhnya sudah terasa lemah dan lesu, seperti tidak ingin melakukan apa – apa. Itu merupakan gejala umum yang biasa terlihat lebih awal. Lemah dan lesu juga menjadi bagian dari gejala pilek dan flu. Jika dari pilek, lemah dan lesu jarang sekali dialami, jika pun juga tidak akan parah hingga enggan melakukan aktivitas yang berat. Sangat berbeda flu, gejala flu memang lebih ganas dari pada pilek, lemah dan lesu bisa menyerang hebat ketika flu. Lemah dan lesu menjadi gejala umum dari penyakit flu sebab bisa sampai 1 – 2 minggu lemah dan lesu menetap di tubuh ketika flu menyerang.

6. Dilihat dari bersin – bersin
Nah, yang sering salah di masyarakat adalah pilek dan flu dilihat dari bersin – bersin. Jika bersin – bersin sudah dikatakan flu atau pilek, padahal keduanya hal yang berbeda. Untuk pilek, bersin – bersin menjadi gejala yang sangat umum dan susah untuk disembuhkan dengan waktu yang sangat singkat. Sedangkan bersin – bersin untuk flu jarang sekali terjadi, tergantung daya tahan tubuh masing – masing orang, tapi yang jelas bersin – bersin sangat menyerang bagi penyakit flu. Di gejala bersin – bersin mungkin yang lebih parah ada pilek ketimbang flu.

7. Dilihat dari radang
Kemudian gejala selanjutnya dilihat dari radang antara pilek dan flu. Ada perbedaan dikeduanya, jika pilek radang atau tenggorokan perih sering sekali terjadi. Namun berbeda dengan flu, sebab radang atau tenggorokan perih sangat jarang dialami. Tetapi bukan berarti ketika sakit flu tenggorokan perih atau radang tidak datang menyerang, semuanya kembali pada daya tahan tubuh masing – masing orang.

8. Dilihat dari batuk
Untuk gejala batuk, hampir sulit untuk membedakan antara pilek dan flu sebab keduanya memiliki kemungkinan untuk terserang. Jika pilek kemungkinan terserang gejala batuk memang ada, tetapi intesitasnya sangat ringan, paling tidak akan muncul setelah pilek menyerang kemudian batuk datang dan tidak sulit untuk disembuhkan. Sedangkan untuk flu sendiri sudah pasti akan batuk, sebab merupakan gejala umum dari flu dan biasanya sangat parah dan mengganggu.

Karena gejala antara pilek dan flu sangat berbeda, kemungkinan penyebabnya juga akan berbeda. Berikut ini beberapa penyebab pilek dan flu:

Nama Virus Penyebab flu dan pilek


1. Penyebab pilek
Jika pilek datang menyerang, tentu saja ada penyebabnya. Sangat tidak mungkin tiba – tiba datang dan tidak ada sebab. Penyebab pilek sendiri disebabkan oleh virus coronaviruses dan rhinoviruses, yang mudah sekali menyebar dan menular. Penularan pilek sangat mudah sekali bisa dari kontak secara langsung atau kontak tidak langsung. Jika secara langsung seperti seseorang yang tidak sengaja menghirup butiran bersin seseorang. Sedangkan kontak tidak langsung bisa berupa seseorang tidak sengaja memegang suatu benda yang terkontaminasi virus.

2. Penyebab flu
Berbeda dengan pilek, jika flu penyebabnya adalah karena virus yang menyerang tenggorokan dan memberikan infeksi sehingga saluran pernapasan terganggu. Masa inkubasi dari flu bisa dikatakan sangat singkat, kamu hanya mengalami gejalanya selama beberapa hari. Tetapi flu menularnya secara tidak cepat, jadi kamu biasanya merasakan gejala flu dulu selama satu minggu, kemudian setelah itu virus flu bisa menyebar dan menular disekitar kamu. udah jelas kan apa perbedaan pilek dan flu dimana flu tidak mudah menyebar dan pilek sangat mudah.

Apa perbedaan Pilek dan Flu 

  1. Pilek menyerang tenggorokan keatas sedangkan influenza bisa menyerang dada dan bahaya
  2. Pilek datang tanpa mengenal musim sedangkan flu sering di  pergantian musim hujan dan campur demam 
  3. Pilek gampang menular apa lagi pada masa tiga hari dan influenza atau flu juga namun lebuh cepatan penyebaran pilek
  4. sama-sama disebabkan virus.

Sakit flu ataupun pilek tetap saja butuh penanganan yang baik dan serius. Sekalipun keduanya penyakit yang sering ditemu, tetap saja jika dibiarkan bisa memberikan dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sekian informasi yang kami www.obatbatukalami.com berikan, semoga bermanfaat.

Author:

Facebook Comment