Penyebab Batuk Kering Dan Pilek Berkepanjangan Pada Bayi Dan Orang Dewasa

Penyebab batuk – Batuk kering terkadang bukan merupakan bagian dari proses pengeluaran zat asing dan kemungkinan merupakan awal dari penyakit lainnya. Penyakit batuk kering dan pilek yang berkepanjangan biasanya terjadi pada bayi, anak – anak, orang dewasa serta lanjut usia. Jika Anda mengalami batuk yang yang terjadi dalan kurun waktu selama sekitar delapan minggu, maka batuk ini biasa disebut dengan batuk persisten atau biasa oleh masyarakt awam disebut batuk kronis. Batuk kita anggap sebagai gangguan kesehatan yang ringan, tetapi biasanya menyebabkan frustasi bagi penderita yang tidak kunjung sembuh.

Pada batuk kering faktor pendorong juga bisa diakibatkan oleh pengotoran udara yang qsetiap kali adalah debu atau asap rokok. Selaput lendir paru – paru juga dilapisi bulu getar yang membersihkan lendir dengan debu ke luar ( arah mulut ). Merokok dapat merusak bulu getar ini, sehingga tidak bisa bekerja secara optimal dan lendir tidak bisa bergerak dan teriritasi kemudian terciptalah batuk perokok. Batuk kering juga bisa disebabkan oleh kesensitifan berlebih pada suatu zat ( alergi ) semisal asma. Batuk kering juga dapat terjadi sebagai penghabisan dari gejala influenza.Batuk kering akibat lendir di dalam hidung yang keluar terus menerus membuat tenggorokan menjadi kering dan teriritasi yang menyertai flu yang menyerang sehingga timbul batuk kering yang terus – menerus.

Faktor Penyebab Batuk Kering Dan Pilek Berkepanjangan Pada Bayi Dan Orang Dewasa

Penyebab Batuk Kering Dan Pilek Berkepanjangan Pada Bayi Dan Orang Dewasa


Dibawah ini adalah penyebab batuk kering dan pilek yang berkepanjangan pada bayi dan orang dewasa. Batuk kering terus menerus dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Kadang batuk bisa diakibatkan oleh iritasi karena sekitar, dan yang lainnya karena beberapa kendala kesehatan yang serius yang menjadi penyakit awalnya.

A. Penyebab Batuk Kering Dan Pilek Berkepanjangan Pada Bayi

Apabila bayi kita terserang batuk yang tidak kunjung sembuh, maka kita akan merasa repot sendiri. Hal ini disebbkan karena bayi belum bisa bicara sehingga kita tidak tahu apa yang dirasakan, bayi mungkin hanya akan menangis dan rewel. Batuk kering pada bayi apabila tidak segera diatasi akan berbahaya, apalagi jika sudah ada tanda batuk yang disertai demam, turunya nafsu makan, atau berat badan menurun. Batuk kering yang berkepanjangan pada bayi dikarenakan pada saat bayi tidak mendapat imunisasi DPT. Untuk mencegahnya Anda bisa menerapkan pola hidup bersih pada bayi dan selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh si bayi. Berikut penyebab batuk kering pada bayi :

1. Virus
Banyak virus yang berada pada lingkungan yang kotor dan bertebaran tanpa kita sadari. Dengan adanya virus bayi kita mudah terserang penyakit. Aabila bayi kita mengalami pilek maka selang beberapa waktu maka bayi kita akan mengalami batuk kering. Hal ini dikarenakan virus masih ada disekitar bayi kita.

2. Alergi
Berbagai jenis bentuk dari alergi seperti alergi makanan, debu, obat – obatan dan yang lainnya. Pada bayi batuk kering dan pilek yang berkepanjangan bisa diakibatkan karena alergi debu atau alergi dingin.

3. Paparan debu dan asap
Penyebab batuk kering dan pilek pada bayi bisa diakibatkan karena paparan debu dan asap. Hal ini bisa kita jumpai pada lingkungan rumah dan di jalanan. Paparan debu dan asap bisa berasal dari asap ketika membakar sampah, saat kita berada di jalan dan ada asap kendaraan bermotor.

4. Polusi Udara
Polusi udara adalah penyebab batuk yang tak kunjung reda.Dalam siklus pendek , misalnya asap rokok yang berasal dari ayahnya yang merokok. Hal ini bisa menyebabkan iritasi paru – paru dan batuk pada bayi. Untuk menghindarinya jauhkan bayi Anda dari para perokok aktif di sekitar bayi Anda. Usahakan mengajak bayi Anda untuk pergi ke suatu tempat yang mempunyai udara sejuk dan segar agar paru – paru bayi Anda bersih.

5. Udara yang terlalu lembab
Udara yang terlalu lembab dan daerah tempat tinggal Anda berada pada daerah yang dingin maka bisa jadi penyebab pilek pada bayi tidak juga kunjung reda. Jika bayi Anda mengalami pilek pada saat mandi sore mungkin ada baiknya bayi Anda tidak dikeramasi terlebih dahulu.

B. Penyebab Batuk Kering Dan Pilek Berkepanjangan Pada Orang Dewasa

a. Penyakit asma
Asma merupakan salah satu diantara penyebab natik kering dan pilek yang berkepanjangan. Pada asma akan mengalami gangguan pernapasan dan peradangan juga iritasi. Pada individu yang terkena penyakit asma maka akan mengalami batuk ketika kondisi tubuh menurun.

b. Aktif merokok
Rokok mempunyai dampak buruk bagi kesehatn kita apalagi Anda termasuk usia lanjut maka penyakit akan mudah menghampiri Anda, terutama batuk. Paparan asap dan zat yang terkandung pada rokok dapat menjadi penyebab batuk kering.

c. Riwayat kanker paru – paru
Paru – paru merupakan organ penting yang harus kita jaga. Karena perlu kita tahu fungsi dari paru – paru adalah membantu kita bernapas. Jika paru – paru kita terganggu apalagi mengalami kanker maka pernapasan kita juga akan mengalami kendala, dan hal ini bisa memicu terjadinya batuk.

d. Mengkonsumsi obat – obatan
Banyak sekali zat kimia yang ada didalam obat – obatan yang Anda minum ketika sakit, dan hal ini dapat menjadi batuk kering dan pilek yang berkepanjangan. Batuk yang berkepanjangan juga bisa diakibatkan karena penyakit hipertensi, jantung dan ginjal.

e. Pilek
Kita tahu pilek merupakan penyebab batuk paling utama. Virus yang menyebabkan pilek ini akan menyerang bagian dari saluran pernapasan dan pada akhirnya akan mengakibatkan batuk, peradangan dan iritasi.

f. Penderita sinusitis
Biasa kita sebut polip juga dapat menyebabkan batuk kering dan pilek yang berkepanjangan. Sinusitis dapat juga disebut post nasal drip. Hasil kelebihan lendir cenderung akan menetes ke bagian belakang tenggorokan yang bisa jadi penyebab batuk Berkepanjangan .

g. Pneumonia
Penyakit ini menyebabkan peradangan pada paru – paru yang menyebabkan terjadinya perluasan yang berasal dari tabung bronkal yang fatal untuk membersihkan lendir dari paru – paru. Hal ini bisa menyebabkan batuk pada tubuh Anda.

h. Pertusis
Dikenal dengan batuk rejan oleh masyarakat awam. Jenis batuk ini karena infeksi bakteri disaluran pernapasan yang memicu batuk yang tak kunjung reda apalagi pada waktu malam hari

i. Mengidap TBC atau tuberkulosis
TBC atau tuberkulosis adalah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Bakteri basil yang sangat kuat pada bakteri TBC membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkannya karena infeksi organ paru – paru ini mencapai sembilan puluh persen di bandingkan bagian tubuh lain. Penderita TBC biasanya akan mengeluarkan lendir berdarah dan rasa sakit pada dada, hal ini bisa memicu penyebab batuk yang berkepanjangan. Bila sudah tau penyebabnya maka lihat juga Daftar Nama Obat Batuk Dan Pilek di Apotik Resep Dokter Paling Ampuh ini.

Kapan saya harus ke dokter bila batuk?

Apabila Anda melakukan pemeriksaan lanjut ke dokter maka dokter akan melakukan sinar-x di daerah dada kemudian akan memeriksa saluran hidung dan tenggorokan. Mungkin akan dilakukan CT scan untuk mendiagnosis lebih lanjut apakah batuk yang Anda derita merupakan awal penyakit serius yang lain. Akan tetapi jika batuk yang Anda deruta termasuk batuk ringan, maka Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan obat batuk alami . Laulu bila batuk tak kunjung sembuh apa obatnya? Sebaiknya gunakan pengobatan lebih serius bila bahan alami hindari pantangannya dulu dan lebih efektik hubungi tim medis baik yang dari kedoteran maupun pengobatan herbal. Apa bisa ke pengobatan herbal kalau di sunda disebut ahli hikmah ? tentu bisa dunk sejarah bapak kedokteran pertama dari muslim kok.

Itulah penyebab batuk kering dan pilek berkepanjangan pada bayi dan orang dewasa. Jika dalam beberapa hari batuk Anda tidak kunjung sembuh ada baiknya Anda segera periksa ke dokter. Selalu jaga kebersihan rumah Anda dari debu dan polusi udara yang dapat mengganggu pernapasan Anda. Usahakan rumah Anda memiliki ventilasi udara yang cukup agar sirkulasi udara dalam rumah Anda berjalan lancar. Sekian dan terima kasih dari kami www.obatbatukalami.com.

Author:

Facebook Comment