Obat Batuk yang Bagus Untuk Tenggorokan Gatal Alami Dan Resep Dokter

Obat batuk yang bagus – Tenggorokan yang gatal dapat kita artikan sebagai tanda awal bahwa terjadi infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tetapi membutuhkan waktu yang lama dan perawatan yang maksimal dirumah. Saat Anda sakit pada tenggorokan, suara Anda akan terdengar serak bahkan akan hilang dan tidak terdengar karena terjadi gangguan pada pita suara Anda dan bisa jadi telinga Anda juga akan berdengung.
Mengetahui penyebab dari sakit batuk yang disertai gatal pada tenggorokan dapat menjadi bahan wal kita dalam mengobatinya. Penyebab batuk yang disertai tenggorokan gatal , diantaranya :
  • Alergi baik itu makan, minuman, lingkungan dan udara
  • Virus
  • Pilek
  • Gangguan pernapasan
  • Paparan polutan
  • Dehidrasi, faringitis dan penggunaan suara yang berlebihan

Obat Batuk Yang Bagus Untuk Tenggorokan Gatal Alami Dan Resep Dokter


Setelah kita tahu penyebabnya, mari kita bahas obatnya. Disini kita akan membahas terlebih dahulu obat batuk yang bagus alami untuk tenggorokan gatal secara Taradisional.

Obat Batuk Yang Bagus Untuk Tenggorokan Gatal Alami Dan Resep Dokter

Berikut ulasannya.

1. Air garam
Air garam ini digunakan untuk berkumur dua kali dalam sehari. Caranya 1 gelas air di campur dengan setengah sendok teh garam. Ramuan ini merupakan obat batuk yang bagus untuk mengurangi dahak yang berlebuh yang menyebabkan tenggorokan terasa gatal.

2. Air putih
Saat tenggorokan Anda gatal jangan pernah tinggalkan air putih untuk Anda minum setiap harinya 8 gelas. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami kekerangan air atau dehidrasi. Tenggorokan Anda akan mengalami kekurangan air dan lendir juga akan mengental sehingga akan memanmbah rasa gatal pada tenggorokan Anda. Meskipun cuaca sedang dingin Anda harus tetap meminum air putih seperti halnya ketika musim panas.

3. Lemon dan madu
Dalam satu gelas air hangat berikan satu sendok teh perasan lemon dan satu semndok teh madu ke dalamnya. Minumlah satu kali dalam satu hari. Lemon dan madu ini mempunyai karakteristik analgesik dan asam sitrat yang terkandung didalmnya untuk membunuh kuman. Anda juga bisa menambahkan parytan jahe kedamnya. Hal ini akan menjadi obat batuk yang bagus untuk batuk kering dan tenggorokan gatal.

4. Kunyit
Jika Anda suka minum susu pada saat akan tidur , maka ketika tenggorokan Anda gatal Anda juga bisa minum susu dengan ditambah parutan kunyit. Atau Anda juga bisa menggunakan segelas air hangat untuk kemudian di campur dengan kunyit.

5. Cuka sari apel
Campuran air hangat dan sari cuka apek juga madu bisa menjadi obat batuk yang bagus untuk tenggorokan gatal Anda.

6. Lobak
Aduk campuran lobak pedas ( horseradish ) sebanyak satu sendok makan tambahkan satu sendoh teh cengkeh dan madu. Minum satu hari sekali untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan Anda.

7. Bawang
Campurkan bawang dan madu untuk mengurangi batuk yang gatal pada tenggorokan. Kandungan allicin didalam bawang akan memulihkan secara perlahan tenggorokan yang gatal apabila Andakonsumsi secara mentah – mentah. Bakteri yang ada pada tenggorokan akan di bunuh oleh kandungan antibakteri yang ada di bawang.

8. Licorice
Rebuslah akar licorice dan minum setiap hari. Ramuan ini mengandung antiinflamasi dan bersifat ekspektoran dan pengaktif kekebalan sehingga akan menjadi obat batuk yang bagus untuk tenggorokan gatal. Licorice ini juga bermanfaat untuk penderita faringitis.

9. Peppermint
Bisa untuk mengurangi gatal pada tenggorokan ketika Anda sedang batuk. Didalam pepperminy terdapat mentol yang berfungsi untuk menghilangkan lendir, dan memberi efek segar dalam tenggorokan dan juga mengurangi iritasi yang terjadi. Campurka daun ini pada teh hangat Anda lalu minum

10. Minuman panas lainnya
Teh juga bisa bermanfaat untuk mengurangi gatal pada tenggorokan. Anda bisa meminum teh hijau, teh lemon, atau teh biasa. Anda juga bisa mengkonsumsi sup atau kaldu ayam hangat. Jika yang terserang batuk adalah anak maka gunakan Obat Batuk Berdahak untuk Anak di Apotik Umur 1 Tahun Keatas yang Ampuh ini

Obat Batuk Yang Bagus di apotik apa?

Selain secara alami, batuk disertai tenggorokan gatal dapat diobati dengan obat – obatan yang dijual di apotik. Berikut Nama obat batuk yang bagus untuk tenggorokan gatal sesuai dengan resep dokter.

1. Permen pelega atau tablet hisap
Permen ini bisa melegakan dan menyegarkan tenggorokan Anda. Hasil air liur yang dihasilkan ketika Anda menghisap permen ini akan membasahi tenggorokan Anda dan mengurangi rasa gatal yang ada. Dan meredakan iritasi pada tenggorokan karena ada kandungan anestesi.

2. Dekongestan
Anda akan bernapas dengan mulut ketika hidung Anda tersumbat. Kondisi post nasal drip atau sensasi lendir berproduksi banyak di belakang hidung dengan tenggorokan kering akan memicu tenggorokan terasa gatal. Meminum dekongestan dapat mengurangi gejala tersebut. Kandungan pseudoephedrine pada dekongestan, dapat meredakan saluran hidung yang mampet dan membuat Anda bisa menghirup udara dengan baik.

3. Antibiotik
Meminum antibiotik harus dengan resep dokter, Anda tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan.dan sebaiknya gunakan obat batuk sebelum makan dan jangan minum obat batuk sebelum makan.

4. Antihistamin
Contohnya adalah benadryl, zyrtec dan claritin

5. Analgesik
Contohnya adalah ibu profen dan aspirin. Minumlah sesuai dengan dosi dan aturan minum pada penggunaan obat ini. Aspirin jangan di berikan kepada orang yang baru saja sembuh dari penyakit cacar karena dapat menimbulkan sindrom reye yang jarang tapi berakibat besar.

6. Semprotan khusus untuk tenggorokan
Semprotan ini biasanya terdapat fenol yang bisa melegakan tenggorokan Anda. Anda bisa membelinya di apotik terdekat sekitar Anda. Varian dari semprotan ini bermacam – macam ada yang mint dan ada juga yang buah – buahan.

7. Berkumur dengan listerine
Dapat melegakan tenggorokan dengan rasa mentol yang terakandung didalamnya. Obat ini tidak boleh di gunakan untuk ibu hamil.

8. Menghirup uap
Gunakan vicks cair atau balsam dalam wadah yang berisi air hangat. Hirup perlahan lakukan secara berulang ulang.

Itulah Beberapa contoh obat batuk yang bagus untuk tenggorokan gatal di atas Anda cukup memilih salah satu saja diantaranya. Lakukan secara rutin dan sabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk berikutnya Anda harus mengubah kebiasaan pola hidup Anda.

Tips Obat Batuk Yang Bagus yang membantu anda saat Batuk

Beberapa tips untuk mencegah tenggorokan gatal dan batuk, sebelum Anda menggunakan obat yang bagus untuk tenggorokan gatal baik secara alami ataupun resep dokter, yaitu :
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh agar penyakit tidak mudah menyerang
  • Jauhi dan hindari sejauh mungkin jika Anda memiliki riwayat alergi
  • Berikan makanan yang bergizi yang banyak mengandung vitamin C dalam menu sehari – hari Anda
  • Banyak minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh Anda agar terhindar dari dehidrasi
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang mengidap penyakit pernapasan lainnya
  • Atur pola makan dengan mengurangi makanan yang digoreng dan banya mengandung minyak dan juga makanan yang berlemak. Hindari juga minum minuman yang dingin dan bersoda. Hal ini akan menjadi obat batuk yang bagus untuk mengurangi batuk yang gatal.
  • Menjaga kesehatan tenggorokan dengan menjaga suara kita. Terlalu sering dalam penggunaan suara dapat menjadi pemicu tenggorokan gatal. Berteriak-teriak, bernyanyi, atau berbicara dalam kurun waktu yang terlalu lama dan berkepanjangan adalah penyebab tenggorokan gatal.
  • Mencoba untuk tidak berbicara, bernyanyi, ataupun berteriak sekurang - kurangnya 1-2 jam per harinya. Apabila karena tuntutan karir Anda harus terpaksa bernyanyi atau berbicara, Anda harus rajin minum air putih. Air putih berfungsi untuk membasahi tenggorokan.
  • Penggunaan obat-obatan antidepresan juga bisa jadi pemicu dehidrasi dan juga iritasi pada tenggorokan. Iritasi dan tenggorokan gatal juga bisa dialami oleh Anda yang suka merokok.
  • Tenggorokan gatal bisa menjadi gejala awal bahwa Anda mengalami alergi terhadap makanan. Apabila Anda memliki riwayat alergi maka usahakan Anda untuk menghindarinya.
Demikian artikel mengenai obat batuk yang bagus untuk tenggorokan gatal alami dan resep dokter. Apabila segala cara telah Anda lakukan tetapi tenggorokan Anda belum juga sembuh dan semakin parah, apalagi telah muncul gejala seperti kesulitan bernapas, mulut sulit di buka, kita sulit untuk menelan makanan, demam tinggi, muncul benjolan dan dahak Anda mengandung darah maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang serius. Yang terpenting adalah mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh. Terima kasih dari kami www.obatbatukalami.com.

Author:

Facebook Comment