Ramuan Obat Batuk Tradisional Alami Untuk Dewasa Paling Ampuh yang Mudah

Pada saat seseorang terserang batuk, kemungkinan besar rasa gatal selalu menggelitik pada tenggorokan, pasti saja hal ini sangat mengganggu kegiatan aktivitas yang dilakukanya. Cara mengatasi serta mengobati dengan menggunakan pengobatan obat batuk tradisional sebenarnya tidaklah sulit yaitu anda bisa memanfaatkan berbagai tanaman herbal yang mudah didapat di sekitar anda.

Beberapa bahan obat batuk tradisional untuk berbagai jenis batuk akan kami paparkan sedikit demi sedikit pada artikel ini. Bahan-bahan alami serta cara membuatnya akan kami jelaskan secara rinci agar bisa dngan mudah di coba di rumah.

Ramuan Obat Batuk Tradisional Alami Untuk Dewasa Paling Ampuh yang Mudah


Ada beberapa macam tanaman obat yang biasa dipakai untuk obat batuk, yaitu seperti kencur, kapulaga, daun sirih, buah apel, umbi garut, jahe, biji tepusala, kulit batang sampang, tapak dara, daun kajar, jeruk sitrun, daun jinten, daun po'o, kenikir, daun sagamanis, mengkudu, daun kibaseta, kumis kucing, daun perepat, kulit kayu ketapang, daun pegagan, bawang merah, daun sembung, jeruk purut, kantung semar, jeruk nipis, pucuk daun empritan, bambu kuning, rosella, cabe, daun sambang, tali putrid, bunga belimbing, kelapa, buah kedungkel, daun saga, daun pare, temu giring, akar kalak kambing, kulit batang popohan, daun sembung serta daun inggu.

Jenis batuk yang berbeda, obatnya juga pastilah berbeda. Hal ini bukan hanya berlaku pada pengobatan modern tapi juga berlaku pada pengobatan secara tradisional. Khusus untuk obat batuk tradisional jenis batuk berdahak, anda bisa mencoba dengan alternatif penyembuha yaitu menggunakan ramuan air sari kunyit 2 sdm, air jahe 2 sdm, perasan sari satu buah jeruk nipis, dan juga madu.

Cara membuatnya cukup gampang kok, untuk menghasilkan air kunyit atau jahe caranya yaitu parut kunyit atau jahe dengan mencampur sedikit air kemudian peras dan ambil air sari nya. Belah dua jeruk nipis lalu peras juga dan ambil air nya, campurkan semua bahan tersebut kemudian minumlah racikan bahan tradisional tersebut 2x sehari hingga batuk mereda.
Ramuan Obat Batuk Tradisional Alami Untuk Dewasa Paling Ampuh yang Mudah

Ramuan Obat Batuk Alami Tradisional Untuk Dewasa

Herbal obat batuk tradisional 1

Bahan : Daun jinten dipipis 50 gram, Kapulaga ditumbuk 50 gram, Daun pegagan 50 gram, Kencur diparut 50 gram, dan madu.

Cara membuatnya yaitu semua bahan yang tertera diatas, direbus sampai mendidih, kemudian disaring lalu tambahkan madu. Minum racikan bahan tersebut yang terbuat dari bahan-bahan tradisional ini hingga batuk sembuh.

Ramuan obat batuk tradisional 2

Bahan : Daun inggu 5 gram, Kencur diparut 10 gram, 1 buah jeruk nipis , Temugiring diparut 5 gram, Bunga blimbing 10 gram.

Cara membuatnya yaitu semua bahan direbus sampai benar-benar mendidih, kemudian saring. Setelah itu hasil saringan tersebut bisa ditambahkan gula batu atau madu. Minumlah obat batuk tradisional 3 kali sehari hingga batuk sembuh.

Resep obat batuk tradisional 3

Bahan : 1 buah apel
Cara membuatnya yaitu potong-potong buah apel menjadi 4 bagian, kukuslah dengan api sedang selama kurang lebih 10–20 menitan, tunggulah sampai air menjadi hangat kemudian angkat. Anda bisa memakan apel yang sudah di rebus bersama kuahnya, minum airnya kalau adalakukanlah hal tersebut sehari sekali. Ulangi 2 sampai 3 kali sampai sakit batuk mereda.

Ramuan obat batuk tradisional 4

Bahan: Air panas 2-3 gelas dan Biji kapulaga (Amomum cardamomum) 1 genggam.
Cara membuatnya yaitu rebus ari hingga mendidih, tumbuk biji kapulaga hingga halus sampai menjadi bubuk, seduh dengan air panas. Minumlah obat batuk tradisioanal ini 2-3x 1 hari hingga batuk sembuh.

Racikan obat batuk tradisional 5

Bahan: Air panas 1 gelas dan Biji tepusala atau di sebut dengan Sterculia coccinea 1 genggam.
Cara membuatnya yaitu tumbuk biji tepusala hingga halus sampai menjadi bubuk, kemudian seduh. Minum ramuan biji tepusala 1 x 1 hari hingga batuk sembuh.

Petua obat batuk tradisional 6

Bahan : satu butir kuning telur, 1 buah jeruk purut, Madu murni 1 sendok makan.
Cara membuatnya yaitu Peras jeruk purut terlebih dahulu, kemudian airnya dikocok bersama kuning telur dan juga madu. Minum obat batuk tradisional ini sehari satu sampai dua kali. Lakukan hingga batuk benar-benar reda.

Resep obat batuk tradisional 7

Bahan:Tangkai daun bira/ 1 batang kaja.
Cara membuatnya yaitu potong tangkai daun bira/kajar di pagi hari, lalu tampung airnya dengan menggunakan plastik untuk diambil pada sore hari. Minum air tersebut 1 x 1 hari sebanyak ¼-½ gelas sampai batuk mereda.

Ramuan obat batuk tradisional 8

Bahan: I buah Jeruk nipis dan Kecap manis secukupnya.
Cara membuatnya yaitu belah buah jeruk nipis menjadi 2, kemudian peras ambil airnya. Lalu tambahkan kecap manis, campur hingga rata. bisa langsung diminum. Lakukan sehari sebanyak tiga kali hingga sakit batuk sembuh. Jika ingin lebih jelas lagi silahkan lihat Daftar Ramuan Obat Batuk Alami Jeruk Nipis, Madu, Kencur, Jahe, Paling Ampuh

Ramuan obat batuk tradisional 9

Bahan : Air bersih 2 gelas, Daun sirih 8 lembar, Daun saga 1 genggam, Gula merah 1 induk jari orang dewasa.
Cara membuatnya yaitu cuci hingga bersih daun sirih dan daun saga, kemudian campur. Lalu rebus dengan dua gelas air bersih hingga mendidih. Kemudian masukkan gula merah, biarkan hingga airnya tinggal satu gelas saja, lalu didinginkan kemudian disaring. Setelah itu, minum ramuan obat batuk tradisional ini sehari dua kali. Lakukan sampai batuk sembuh.

Jamu obat batuk tradisional 10

Bahan: 2Sdm air matang dan 7 lembar daun pare segar,
Cara membuatnya yaitu ambil 7 lembar daun pare yang segar , kemudian cucilah agar bersih, tumbuk hingga halus. Tambahkan dua sendok makan air matang, peras,lalu saring. Minumlah obat batuk tradisional sehari dua kali. Lakukan sampai batuk sembuh.

Ramuan obat batuk tradisional 11

Bahan: 1 ruas rimpang jahe , Gula jawa 4-5 gr, Air bersih 1-2 gelas.
Cara membuatnya yaitu ambil jahe kemudian tumbuk rimpang jahe, lalu tambahkan air dan gula jawa, kemudian rebus hingga mendidih. Minumlah 2 - 3 x 1 hari, sebanyak 1 gelas. Lakukan hingga batuk reda.


Racikan Obat batuk tradisional yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas adalah mengkombinasikan antara jeruk nipis dan juga kecap. Perpaduan dari jeruk nipis dan kecap ini dianggap paling mujarab untuk mengatasi batuk . Cukup dengan meminum perasan air jeruk nipis yang sudah dicampur dengan kecap.

Selain mudah menggunakan cara ini, cara ini juga sangat cepat dan efektif untuk meredakan penyakit batuk anda. Zat yang terkandung dalam jeruk nipis bisa melegakan dan juga membersihkan tenggorokan. Jika anda tidak begitu suka dengan kecap, anda bisa menggantinya dengan madu murni. 

Banyak sekali ramuan obat batuk tradisional yang sudah di jelaskan beserta cara membuatnya. Menggunakan cara tradisional memanglah mudah dan sangat efektif juga untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit batuk dari kami www.obatbatukalami.com. Selamat mencoba!

Author:

Facebook Comment