Friday, October 28, 2016

Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi 4 bulan, 6, 7 bulan sampai 1 tahun

Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi – Ketika bayi mengalami batuk berdahak, sudah pasti rasa tidak nyaman akan muncul sehingga sangat perlu bagi orang tua untuk memahami dan juga menangani batuk tersebut dengan cara yang tepat pula.
Serangan virus adalah penyebab utama dari batuk yang dialami bayi. Biasanya juga muncul dan menyebabkan pilek atau common cold. Penyebab lainnya adalah batuk rejan, bronkiolitis atau radang kantong udara yang ada pada paru-paru, batuk croup akibat serangan infeksi virus di saluran pernapasan juga laring dan pita suara serta terakhir adalah karena batuk yang disebabkan oleh asma, jadi batuk memang tidak melulu karena infeksi.
Batuk berdahak sendiri menghasilkan lendir yang berguna dalam membersihkan saluran pernapasan. Berbeda dengan batuk kering yang terasa gatal dan tidak mengeluarkan lendir. Selain itu, batuk berdahak memiliki tekstur dahak yang kental jika dibandingkan dengan ingus. Dahak sebenarnya adalah hasil produksi dari saluran bawah pernapasan yaitu paru-paru dan juga sistem pernapasan sekitarnya dan itu bukan bagian dari hidung atau sinus yang hanya bekerja menghasilkan ingus.

Petua Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi 4 bulan, 6, 7 bulan sampai 1 tahun

Secara gamblangnya, batuk terjadi karena memang bentuk refleks tubuh yang ingin membersihkan saluran pernapasan dari debu, asap atau lendir yang mengganggu. Ketika batuk kering terjadi, maka batuk terjadi sebagai upaya tubuh untuk menghilangkan rasa gatalnya, berbeda dengan batuk berdahak yang menjadi upaya tubuh untuk mengeluarkan lendir yang ada di paru-paru atau di bagian belakang tenggorokan. Tidak heran bahwa ketika bayi pilek, lendir akan mengalir ke tenggorokan.

Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi 4 bulan, 6, 7 bulan sampai 1 tahun

Kondisi yang kerap mengganggu adalah ketika bayi mengalami batuk yang disertai dengan demam, sakit tenggorokan atau hidung tersumbat karena penuh lendir. Beberapa kasus juga menunjukkan bahwa bayi mengalami gangguan seperti mata merah juga adanya pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher, ketiak atau di bagian belakang kepala. Walhasil, bayi jadi begitu rewel.

Cara Meredakan Batuk Pada Bayi

Memang, saat bayi tampak begitu rewel anda mungkin sebagai orang tua menjadi begitu panik. Apalagi kalau demamnya masih tetap ada. Tetapi, alangkah baiknya untuk tidak buru-buru memberikan Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi . Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk berdahak pada bayi.

1. Perbanyak cairan
Sebagai pertolongan pertama, salah satu cara yang paling ampuh guna mengatasi dahak adalah dengan menjaga bayi agar tidak kekurangan cairan. Ya, bantu bayi agar mendapatkan asupan cairan, kalau bisa harus diperbanyak. Untuk itu, ketika bayi mengalami sakit seperti batuk berdahak, pastikan bahwa bayi banyak minum ASI. Cara ini juga dapat secara efektif digunakan ketika bayi terkena infeksi.


2. Memanfaatkan uap air hangat
Cara ini memang sederhana, tetapi cukup membantu menurunkan temperatur dan menjaga bayi agar tetap merasa hangat.
Caranya adalah dengan menyiapkan ember kecil yang diisi air panas dan letakkan di dalam kamar bayi. Pastikan bahwa ruangan benar-benar tertutup. Cara ini sangat membantu untuk melegakan saluran pernapasan bayi.


3. Jangan beri obat bebas tanpa konsultasi dokter
Anda mungkin panik dan ingin segera memberikan Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi 3 bulan , tetapi cara ini mungkin bisa menjadi langkah yang salah. Hindari memberikan obat bebas, terutama bagi bayi yang dibawah 1 tahun. Selain adanya efek samping, obat yang bebas juga kadang menimbulkan masalah yang lebih serius.


4. Jangan beri madu jika bayi dibawah usia 1 tahun
Madu tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia 1 tahun sebab beberapa kasus menunjukkan adanya potensi terkena keracunan makanan.


5. Gunakan penyedot dahak dari karet
Untuk bayi yang berusia minimal 3 bulan, penggunaan penyedot dahak yang terbuat dari karet dari beberapa kasus tampak membantu. Alat khusus ini dapat membantu bayi agar tetap nyaman saat bernapas terutama ketika dalam posisi tidur. Sebab, batuk berdahak dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak.
Caranya adalah dengan menggunakan alat penyedot dahak bayi ini gunakan untuk menyedot di bagian mulut dulu, kemudian bisa di hidung. Cara ini lebih aman dibandingkan dengan menggunakan Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi satu tahun ke bawah baik 11 bulan maupun 10 bulan.


6. Beri air hangat
Air hangat bisa digunakan sebagai cara untuk membantu bayi agar dahak bisa cepat encer. Air putih hangat dapat dicerna dengan baik walaupun kondisi pencernaan bayi belum sempurna benar.


7. Jemur anak di saat pukul 7 pagi selama 10 menit
Menjemur bayi saat pukul 7 pagi dengan durasi 10 menit ketika sedang terkena batuk berdahak bisa menjadi altenatif sebagai Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi usia 2 tahun ke bawah . Cara ini dapat membuat tubuh bayi terasa hangat. Kemudian, anda tinggal mengoleskan minyak telon di bagian dada atau punggungnya.


8. Berikan sari buah, sup atau kaldu hangat
Untuk si kecil yang sudah berusia 6 bulan, maka pemberian MPASI sudah bisa dilakukan. Sehingga, para orang tua bisa memberikan sup, sari buah atau kaldu hangat yang dapat membantu bayi mengencerkan dahak.

Pada dasarnya, memang kurang dianjurkan jika terburu-buru memberikan Ramuan Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi 6 bulan kebawah, apalagi tanpa konsultasi dokter. Ketika bayi batuk di hari pertama, segera berikan pertolongan yang sudah kami sebutkan diatas. Agar penanganan bisa efektif, anda sebaiknya tidak panik atau khawatir yang berlebihan. Hal yang harus anda ingat adalah tetap pantau kondisi bayi. Bila inin mencoba hebal obat batuk bayi silahkan liha di Resep Obat Batuk Herbal untuk Anak Anak Paling Aman Buat Anak Terutama Balita.

Tanda Batuk Yang Berbahaya Pada Bayi

Ada beberapa kondisi dimana anda harus waspada ketika bayi batuk berdahak, seperti misalnya:
  1. Dahak berubah menjadi kuning, hijau atau kecoklatan dan berbau. Sebab, dalam kondisi ini sudah terjadi adanya infeksi di bagian saluran pernapasan sehingga harus segera menghubungi dokter.
  2. Jika batuk berdahak tidak kunjung membaik dalam lima hari, anda juga harus segera konsultasi dengan dokter.
  3. Jika kondisi bayi menjadi lebih parah seperti susah bernapas dan disetai demam hingga 38 derajat celcius terutama untuk bayi yang dibawah tiga bulan, maka konsultasikan dengan dokter. Hal ini juga berlaku jika bayi berusia dibawah enam bulan dengan demam hingga 39 derajat celcius.
  4. Jangan memberikan Resep dokter Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi dulu jika batuk bayi begitu keras sampai bayi menjadi muntah, terutama jika bayi memiliki masalah kronis seperti jantung atau paru-paru yang abnormal. Kondisi ini membutuhkan pertolongan medis yang cepat, sebab dokter lebih tahu obat yang tepat untuk masalah tersebut.

Obat Batuk Berdahak Untuk Bayi 7 bulan ke bawah sebenarnya tidak dibutuhkan apalagi jika kondisi yang dialami oleh bayi adalah batuk yang disebabkan oleh infeksi virus. Virus bisa menghilang dengan sendirinya, dan kondisi tetap aman jika anda memantau pemulihan dalam 5 hari selama anda melakukan perawatan secara optimal. Artinya, jika batuk masih belum sembuh dalam 5 hari, itu tandanya tubuh bayi mengalami gangguan yang lebih serius, dan bukan sekedar batuk biasa.

Itulah informasi tentang batuk berdahak untuk bayi dari kami www.obatbatukalami.com, semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post