Resep Obat Batuk Berdahak Tradisional untuk Dewasa dan Anak Paling Ampuh dan Mujarab

Obat Batuk Berdahak Tradisional – Batuk berdahak adalah hal yang wajar dan ini adalah gangguan kesehatan yang ringan. Tetapi, ketika datang sudah pasti semua aktifitas yang anda lalui bisa terhambat. Selain sering batuk, aktifitas anda jadi terbengkalai sebab anda merasa tidak enak di tenggorokan dan malas melakukan berbagai hal. Batuk berdahak terjadi karena adanya tetesan terutama di bagian belakang hidung. Penyebabnya bisa juga karena selaput lendir dalam saluran pernafasan sedang mengalami peradangan.

Resep Obat Batuk Berdahak Tradisional untuk Dewasa dan Anak Paling Ampuh dan Mujarab

Gejala batuk berdahak yang akut biasanya disebabkan oleh bakteri, atau kalau tidak adalah virus influenza, tubercolosa atau campak. Jika anda tidak ingin mengkonsumsi obat kimia, ada beberapa obat alami yang bisa anda gunakan.

Daftar Ramuan Obat Batuk Berdahak Tradisional Untuk Dewasa dan Anak

Obat Batuk Berdahak Tradisional untuk Dewasa dan Anak Paling Ampuh

 

1. Menyiapkan 2 sdm. air jahe, 2 sdm. air sari kunyit, 1 sdm madu dan 1 buah jeruk nipis.
Caranya:
Parut jahe dan kunyit untuk dicampur dengan sedikit air dan diperas agar bisa mendapatkan air perasannya. 1 buah jeruk juga dibelah jadi dua dan diperas untuk diambil sari airnya.
Semua bahan yang sudah didapatkan tinggal dicampurkan, dan diminum sebanyak 2 kali sehari selama batuk.

2. Kencur dan jahe
Batuk berdahak juga bisa diatasi dengan menggunakan kencur dan jahe sebagai Obat Batuk Berdahak Tradisional.

Caranya:
Beberapa ruas jahe disiapkan dan juga kencur. Jahe diparut agar halus dan campur parutan jahe dengan kencur. Kemudian, dua bahan tersebut direbus dalam 1 gelas air. Pastikan airnya benar-benar mendidih dan matikan kompor. Saring, dan minum airnya ketika sudah hangat. Ramuan ini harus diminum dengan teratur guna mempercepat penyembuhan batuk berdahak.

3. Daun sirih dan jahe
Merebus daun sirih dan jahe membantu anda untuk membuat Racikan Obat Batuk Berdahak Tradisional Untuk Dewasa.
Caranya:
7 lembar daun sirih dan beberapa ruas jahe disiapkan. Bersihkan kedua bahan dengan dicuci brsih. Jahe direbus dengan daun sirih dalam 2 gelas air. Pastikan air rebusan sampai mendidih dan biarkan hingga tersisa hanya 1 gelas. Air rebusan ini harus diminum sekali sehari supaya batuk bisa menghilang. Anda juga dapat mengkonsumsi jahe hangat dengan menyeduh jahe supaya tenggorokan terasa lega.

4. Jeruk dan kecap
Cara yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan mencampurkan jeruk dan kecap. Cara ini dapat membantu tubuh melegakan dan membersihkan tenggorokan. Ganti kecap dengan madu murni juga bisa dicoba.

Caranya:
Siapkan 1 buah jeruk nipis dan belah jadi dua untuk diperas airnya. Air perasan jeruk nipis dicampur dengan sedikit madu atau kecap dan konsumsi sebagai Obat Batuk Berdahak Tradisional anak dan dewasa yang aman.

5. Minum air putih hangat
Tidak perlu susah-susah meracik obat untuk mengatasi batuk berdahak. Dengan banyak minum air putih hangat, sebenarnya cukup membantu. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan cara tradisional dalam artikel ini sembari terus rutin meminum air putih hangat selama batuk. Air putih hangat akan bekerja untuk melancarkan dahak sehingga bisa keluar dengan mudah dari tenggorokan.

6. Bunga mawar
Mungkin terdengar sedikit aneh karena bunga mawar sepertinya hanya bekerja sebagai aromaterapi, hiasan vas di rumah atau lainnya. Bunga mawar memang indah dan cantik tetapi dibalik keindahannya, bunga mawar sangat membantu untuk digunakan sebagai Obat Batuk Berdahak Tradisional anak dan dewasa.

Caranya:
Ambil bunga mawar yang masih segar, sekitar 10 gram. Bunga mawar yang masih segar ini harus di tim dalam air yang cukup. Jika ingin, tambahkan air secukupnya. Ramuan ini harus disaring dan diminum sekitar 2 kali sehari selama masih batuk berdahak. Jika ingin obat batuk kering silahkan lihat Obat Batuk Anak Berdahak Dan Kering Tradisional Dan Alami Yang Manjur.

7. Daun sirih, cengkeh, kemukus, kapulaga dan kayu manis
Campuran semua bahan di atas juga bisa anda gunakan sebagai obat batuk berdahak yang alami. Ramuan ini dimulai dengan daun sirih sebagai bahan dasar yang memberikan rasa aneh, tapi cukup efektif.

Caranya:
Siapkan 5 lembar daun sirih dan tambahkan cengkeh, kemukus, kayu manis serta kapulaga. Semua bahan yang sudah siap direbus dengan air sekitar 2 gelas. Biarkan air rebusan jadi sekitar 1 setengah gelas. Angkat dan kemudian saring airnya. Ramuan ini diminum sebanyak 3 kali sehari dengan dosis 1 sendok makan.

8. Daun kemangi
Berbicara tentang dedaunan yang memiliki wangi khas, anda mungkin teringat dengan kemangi. Banyak orang yang menyukainya karena digunakan sebagai lalapan untuk membuat makanan terasa lezat. Tetapi, kemangi juga sangat berkhasiat untuk Obat Batuk Berdahak Tradisional Paling Ampuh.

Caranya:
Siapkan 1 sampai 2 gelas air putih, 2 sampai 3 daun kemangi dan rebus sampai mendidih. Biarkan air sampai tersisa setengahnya dan minum selagi hangat agar batuk bisa lekas hilang. Jangan lupa untuk mencuci kemangi yang sudah anda petik. Akan lebih baik jika kemangi masih dalam kondisi yang segar.

9. Kunyit dan madu
Kunyit dapat digunakan untuk meredakan batuk berdahak. Akan lebih baik jika anda menggunakan kunyit dengan mencampurnya bersama madu dan satu gelas susu.

Caranya:
Siapkan kunyit dan cuci bersih. Parut dan campurkan dengan sedikit air dan peras untuk diambil airnya sekitar 1/2 sendok teh. Campur dengan madu dan masukkan dalam satu gelas susu. Minum ramuan ini ketika batuk secara rutin sampai batuk benar-benar hilang.

10. Belimbing wuluh
Untuk meredakan batuk, anda bisa menggunakan belimbing wuluh yang kaya akan manfaat. Batuk menjadi lebih ringan jika diobati dengan belimbing wuluh.

Caranya:
Ambil 1 genggam bunga belimbing wuluh dan campur dengan beberapa butir adas. Jika perlu, tambahkan gula dan rebus dalam secangkir air. Tiriskan dan saring jika sudah dingin. Minum dan lakukan cara ini secara rutin.

11. Teh jahe
Cara ini adalah cara yang paling cocok dikonsumsi oleh orang dewasa. selain hangat dan nikmat, teh jahe sangat membantu tubuh menjadi lebih tenang. Tenggorokan yang gatal akan bisa diredakan karena efek hangat dan tidak akan membuat batuk menjadi parah.

Caranya:
Iris jahe tipis-tipis dan campur dalam teh hangat yang anda buat. Tambahkan sedikit madu supaya tidak panas. Ketika menambahkannya, sebaiknya dalam kondisi yang hangat, bukan dalam kondisi air yang masih panas. Hindari menambahkan gula agar batuk tidak semakin parah. Konsumsi air teh jahe hangat sekitar dua kali sehari supaya batuk berdahak bisa hilang.

12. Buah anggur
Ini adalah opsi terakhir yang benar-benar mudah dilakukan. Siapa bilang bahwa obat selalu tidak enak? Anggur bisa anda jadikan obat untuk batuk berdahak dan sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak, terutama yang tidak suka obat. Kandungan ekspektoran dalam anggur dapat membantu membuat lendir keluar dari saluran pernapasan. Anda bisa membuat jus supaya anak tidak bosan mengkonsumsinya sebagai Obat Batuk Berdahak Tradisional.

Demikian informasi lengkap kami www.obatbatukalami.com  tentang Artikel kesehatan Obat Batuk Berdahak Tradisional yang bisa manjur dan ampuh untuk orang dewasa dan anak-anak. Semoga membantu!

Author:

Facebook Comment