Ramuan Obat Batuk Alami Jeruk Nipis, Madu, Kencur, Jahe, Paling Ampuh

Batuk merupakan respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran pernafasan jika tiba-tiba mendapatkan serangan dari luar. Dan respon dari batuk ini bermanfaat untuk membersihkan lendir atau beberapa faktor penyebab lain seperti iritasi atau juga bahan iritan (seperti debu atau asap polusi) agar bisa keluar dari paru-paru anda. Batuk terkadang jarang mengindikasi penyakit serius dan umumnya pun akan sembuh dalam jangka waktu tiga minggu, sehingga kadang kala tidak membutuhkan pengobatan yang serius.

Tapi kalau anda tetep ingin mengongsumsi obat agar batuk anda cepat sembuhnya, ada baiknya anda mencoba beberapa tips obat batuk alami seperti ramuan obat buatan anda sendiri dengan beberapa bahan-bahan alami yang terbuat dari madu, jeruk nipis, lemon, dll. Karena selain dapat meringankan bahkan menyembuhkan gejala batuk ringan, ramuan tersebut juga tidak menimbulkan efek samping dan aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Jadi positifnya anda tidak terlalu bergantung pada obat kimia saat batuk ringan itu sewaktu-waktu menyerang anda. 

Ramuan Obat Batuk Alami Jeruk Nipis, Madu, Kencur, Jahe, Paling Ampuh


Sebelum kita bahas tentang ramuan obat batuk alami yang bisa anda buat sendiri di rumah nantinya, sebaiknya anda harus mengetahui dulu jenis batuk apa yang sedang menyerang anda. Berikut jenis-jenis batuk yang perlu anda ketahui :

Ramuan Obat Batuk Alami Jeruk Nipis, Madu, Kencur, Jahe, Paling Ampuh

1. Batuk kering

Tanda awal batuk kering ini pada umumnya ialah timbulnya rasa gatal di tenggorokan yang dapat memicu batuk. Batuk kering atau batuk tanpa dahak ini biasa muncul atau datang pada tahap akhir flu atau ketika anda tak sengaja terkena paparan asap polusi dan dampak dari perubahan cuaca yang ekstrim.

2. Batuk berdahak

Gejala awalnya sama seperti batuk kering yaitu rasa gatal yang menjalar ditenggorokan, tetapi bedanya rasa gatal pada batuk berdahak ini seperti ingin mengeluarkan lendir dari tenggorokan. Karena fungsi dari batuk berdahak ini ialah mengeluarkan lendir yang tak berguna bagi tubuh anda melalui tenggorokan. Dan dahak tersebut bisa berasal dari tenggorokan, sinus, dan paru-paru.

Penyebab Munculnya Batuk

Infeksi saluran pernafasan akibat virus adalah penyebab utama pada sebagian besar pengidap batuk atau batuk kambuhan. Selain itu juga ada beberapa penyebab lain yang ikut andil dan dapat memicu timbulnya batuk yaitu :

1. Penyakit jangka panjang yang sewaktu-waktu bisa kambuh, seperti asma, bronkitis kronis atau Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).
2. Rinitis alergi, seperti alergi pada serbuk sari (hay fever) atau alergi pada debu.
3. GERD. Pada jenis penyakit ini menyebabkan asam lambung naik dan dapat memicu datangnya batuk.

Sudah tahukan jenis batuk dan berapa penyebab munculnya batuk. Anda bisa dengan tepat menangani batuk yang anda idap, bisa dengan obat kimia dan beberapa jenis fungsi obat batuknya atau jika masih tergolong batuk ringan bisa dengan obat batuk alami atau ramuan obat dari bahan-bahan alami yang bisa anda buat dirumah.

Obat Batuk Alami Jeruk Nipis. Madu, Kencur, Jahe Yang Ampuh


Berikut beberapa tips ramuan obat batuk alami dengan menggunakan bahan jeruk nipis, madu, kencur, jahe, dan lainnya :

A. Batuk berdahak

Untuk kasus batuk berdahak anda bisa mencoba beberapa tips ini,

1. Obat Batuk Alami kencur dan jahe- Mencampurkan khasiat kencur dan jahe

Jika kedua bahan ini dipadukan menjadi obat batuk alamiternyata khasiatnya cukup efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak. Cara pembuatannya ialah dengan menyiapkan beberapa ruas jahe dan kencur. Parut jahe hingga halus, begitu pula dengan kencurnya. Lalu campurkan parutan dari keduanya, rebus dalam panci kecil dengan menambahkan segelas air. Tunggu hingga mendidih, lalu minumlah ramuan tersebut dalam kondisi hangat. Cobalah mengonsumsi ramuan Obat Batuk berdahak dengan kencur dan dan jahe ini secara rutin dalam jangka waktu seminggu, untuk melihat hasil yang diinginkan.


2. Obat Batuk Alami Jeruk Nipis- Mencampurkan air sari dari jahe, kunyit, jeruk nipis, dan madu


Kali ini tips obat batuk alamimenggunakan air sari dari bahan-bahan jahe, kunyit, jeruk nipis, dan madu. Cara pembuatannya ialah pertama belah dua buah jeruk nipis kemudian peras, lalu campurkan dengan air sari dari jahe 2 sdm, air sari kunyit 2 sdm, dan di tambah dengan 1 sdm madu (atau bisa juga lebih, terserah anda).Minum ramuan obat batuk berdahak dari jeruk nipis ini 2 kali sehari hingga batuk anda mereda.

3. Obat Batuk Alami Daun sirih dan Jahe - Daun sirih dan Jahe

Daun sirih dan jahe di percaya sebagai obat batuk alamiyang dapat melegakan tenggorokan anda. Cara pembuatannya ialah dengan menyiapkan 7 lembar daun sirih dan beberapa ruas jahe. Bersihkan beberapa ruas jahe dan daun sirih tadi, lalu potong jahe dan rebus bersama dengan daun sirih di dalam panci dengan menambahkan 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tunggulah air tersebut hingga menyusut menjadi 1 gelas. Minumlah obat batuk berdahak alami dengan air rebusan tersebut cukup 1 kali dalam sehari hngga batuk berdahak anda hilang. Bila anda merasa dahak selalu ada maka kenali disini Apa saja Jenis dan Obat Pilek Dewasa Menahun Paling Ampuh di Apotik Yang Manjur.

B. Batuk kering

Untuk kasus kering anda juga bisa menggunakan beberapa tips ramuan obat batuk alamiini,

1. Obat Batuk Alami dari Jahe dan kencur- Memanfaatkan jahe dan kencur

Jahe yang mempunyai manfaat dalam melegakan tenggorokan dan anti inflamasi atau kemampuan untuk mengurangi gejala batuk kering cocok dipadukan dengan kencur yang mempunyai manfaat sama dalam meredakan batuk kering. Caranya cukup dengan menyiapkan 3 ruas jahe dan kencur secukupnya. Lalu iris jahe dan kencur, rebus kedua irisan tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih. Jika sudah mendidih, saring rebusan air jahe dan kencur tersebut. Minumlah ramuan obat batuk kering alami ini saat masih hangat dan minum hingga batuk anda hilang.

2. Obat Batuk Alami kecap dan jeruk nipis- Air jeruk nipis dengan kecap

Jeruk nipis sudah dipercaya manfaatnya untuk obat batuk alami dalam meredakan bahkan mengobati penyakit batuk. Caranya ialah pertama menyiapkan 1-2 buah jeruk nipis yang hampir matang (dipilih jeruk yang hampir matang agar airnya lebih banyak). Belah jeruk nipisnya lalu peras, ambil airnya. Air jeruk nipis yang sudah disaring dicampurkan dengan kecap atau jika tidak suka dengan kecap anda bisa menggantinya dengan madu. Jika sudah dicampur, ditambahkan dengan air hangat secukupnya lalu diaduk. Minumlah ramuan obat batuk kering jeruk nipis ini hingga batuk kering anda mereda.

3. Obat Batuk Alami Jahe tanpa Campuran

Jahe tanpa dipadukan oleh bahan yang lain juga efektif untuk meredakan batuk kering karena sifat alami jahe yang dapat mengeluarkan sensasi rasa panas mampu meredakan rasa gatal yang ada di tenggorokan anda. Caranya cukup dengan ambil beberapa ruas jahe, cuci bersih. Lalu bakar sebentar jahe dan memarkan dengan cara di tumbuk-tumbuk kecil pada badan jahe yang sudah dibakar. Jika sudah anda bisa menyeduh jahe dengan air panas dan tambahkan sedikit gula jika ingin ada rasa manis. Minumlah ramuan ini di pagi dan sore hari, selain bermanfaat untuk meredakan batuk jahe juga dapat menjaga kesehatan tubuh anda.

Nah, itulah beberapa tips obat batuk alami yang bisa anda buat sendiri di rumah untuk meredakan penyakit batuk dari kami www.obatbatukalami.com. Selain untuk menghindari ketergantungan pada obat-obatan kimia yang mempunyai efek samping, ramuan alami ini juga mempunyai efek yang positif bagi kesehatan anda. Selamat mencoba ya.

Author:

Facebook Comment