Obat Alami Batuk Berdahak Dan Pilek Berkepanjangan Tak Kunjung Sembuh

Obat alami batuk berdahak- Batuk berdahak dengan disertai pilek berkepanjangan memang bisa membuat kita panik bahkan bingung harus bagaimana menyikapinya. Ketika anda mengalami batuk dalam jangka 3 minggu tak kunjung sembuh, itu juga sudah termasuk batuk yang tidak biasa. Secara medis proses terjadinya batuk dikarenakan tubuh memberikan respon untuk membersihkan lendir atau dari faktor iritasi pada saluran pernafasan karena tanpa sengaja menghirup debu atau asap.

Kondisi cuaca juga dapat mempengaruhi penyakit batuk ini, karena ekstrimnya pergantian cuaca secara tiba-tiba. Dan kebanyakan orang tidak begitu peduli atau ambil pusing terhadap batuk yang dialami dan tidak kunjung sembuh. Padahal jika terserang batuk dan lama sembuhnya batuk bisa berakibat fatal dan harus segera ditangani dokter.

Obat Alami Batuk Berdahak Dan Pilek Berkepanjangan Tak Kunjung Sembuh


Penyakit batuk yang diakibatkan oleh virus juga terbagi lagi menjadi 3 golongan, yaitu:
1. Batuk akut – batuk yang menyerang dan bertahan dalam tubuh anda selama kurang dari tiga minggu.
2. Batuk sub akut – Batuk yang terjadi selama 3 sampai 8 minggu.
3. Batuk jangka panjang atau bisa disebut batuk kronis – Batuk yang terjadi selama lebih dari 8 minggu. 4 alasan batuk tak kunjung sembuh yaitu, seperti asma, alergi, polusi udara , dan infeksi salauran pernapasan.

Pada umumnya batuk akan sembuh sendiri dalam jangka waktu 3 minggu. Ketika melebihi batas tersebut maka anda perlu menaruh waspada dan segera mungkin melakukan pemeriksaan lebih pada dokter. Terlebih lagi jika anda menderita batuk menahun.
Obat Alami Batuk Berdahak Dan Pilek Berkepanjangan Tak Kunjung Sembuh

Tanda-Tanda Batuk Berdahak Kronis Dan Membutuhkan Pertolongan Medis

Berikut ini adalah tanda-tanda batuk kronis dan perlu mendapat penanganan lebih lanjut:
1. Batuk berkepanjangan lebih dari empat minggu,
2. Kesulitan bernafas dan menelan,
3. Sakit di daerah tenggorokan,
4. Wajah anda berubah menjadi bengkak lama-lama,
5. Batuk berdahak, dahak yang dikeluarkan bercampur dengan darah,
6. Berat badan menurun drastis, disertai dengan seringnya tubuh anda mengeluarkan keringat saat malam hari,
7. Warna lendir dari batuk berdahak berwarna kuning kehijauan.

Itulah sekilas tentang penyebab munculnya batuk berdahak disertai flu berkepanjangan dan tanda-tanda batuk kronis. Anda bisa berkonsultasi ke dokter langsung mengenai penyakit anda atau bisa mencoba dahulu obat dari bahan alami ini yang tanpa efek samping.

Tips Obat Alami Batuk Berdahak Dan Pilek


Batuk tak kunjung sembuh apa obatnya ? nah, Berikut beberapa tips yang bisa anda coba dirumah untuk obat alami batuk berdahak disertai pilek berkepanjangan :

1. Minyak kayu putih
obat alami batuk berdahak dan pilek- Jika hidung anda tersumbat dan batuk berdahak belum juga sembuh, anda bisa mengoleskan minyak kayu putih dibawah hidung dan dileher anda. Itu berguna untuk membantu membukanya saluran pernafasan yang sedikit tersumbat tadi.
Mentol, Eucalyptus dan minyak kayu putih, yang mempunyai sensasi panas dan mampu meringankan rasa sakit dalam hidung anda dan membantu mengencerkan dahak dari luar. Namun hal yang perlu di ingat, jangan dioleskan terlalu tebal karena rasa panasnya bisa menyebabkan panas juga dalam rongga hidung dan tenggorokan.

2. Larutan garam
Obat alami batuk berdahak dan pilek- Jika pilek anda terus meler dan tidak mau berhenti atau bahkan tersumbat. Anda bisa menggunakan tips ini. Larutan garamnya pada air dapat membunuh beberapa virus atau bakteri penyebab pilek dan batuk.
Anda bisa menggunakan larutan garamnya untuk mencuci hidung anda, caranya dengan mencampur ¼ sendok teh garam dan ¼ teh baking soda kedalam 8 ons air hangat. Gunakan semprotan atau kit irigasi hidung untuk menyemprotkan larutan ke dalam hidung anda. Tahan salah satu lubang hidung, ditutup dengan menerapkan tekanan jari ringan sambil menyemprotkan larutan garam yang telah dibuat tadi ke lubang hidung satunya. Biarkan airnya mengalir keluar, ulangi langkah-langkah ini hingga dua-tiga kali hingga hidung anda berasa tidak tersumbat lagi.

3. Menghirup aroma bawang
Ada yang bilang flu dan batuk itu disebabkan oleh virus yang berada di sekitar kita. Cobalah untuk membuat obat alami batuk berdahak dan pilek untuk membasmi virus tersebut dengan bawang. Karena bawang bombay mempunyai zat aktif yang bisa melawan virus flu membandel.
Caranya dengan mengiris beberapa bawang bombay dan taruhlah ditempat dengan anda sewaktu akan tidur. Aroma pada bawang juga berkhasiat merangsang lendir cepat keluar dan bisa membuat pernafasan anda menjadi lega.

4. Akar manis
Obat alami batuk berdahak Tak Kunjung Sembuh disertai pilek kali ini dengan menggunakan akar manis. Tanaman ini merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai obat herbal. Akar manis mengandung senyawa yang bisa membuat pernafasan menjadi lebih lega dan membuat rasa gatal ditengorokan hilang. Akar manis atau Liquorice ini juga sering dipakai untuk bahan utama pada permen pelega tenggorokan. Akar manis ini bisa kita konsumsi dengan dibuat menjadi teh akar manis.
Caranya dengan menyiapkan beberapa potong akar manis yang sudah dibersihkan. Lalu direbus dengan air mineral satu gelas atau lebih. Setelah mendidih, tuang dalam gelas atau wadah lainnya. Campurkan dengan satu sendok teh madu atau lebih sesuai selera. Minum teh akar manis ini sehari sekali hingga batuk dan pilek anda sembuh.

5. Anggur
Obat alami batuk berdahak dan pilek kali ini dari Anggur, karena anggur mempunyai ekstrak zat aktif untuk membasmi batuk. Di dalam buah anggur terdapat kandungan zat yang mampu mengencerkan dahak dan membantu melegakan rongga pernafasan.
Caranya dengan membuat segelas jus anggur dengan air sedikit saat diblender. Disarankan untuk meminumnya saat anda pergi tidur, agar batuk dan pilek menjadi lebih baik keesokan harinya. Untuk khasiat yang lebih manjur anda bisa menambahkan satu sendok madu pada jus anggur yang akan diminum. Disamping obat tradisional batuk yang lima diatas ada beberapa lagi tips redakan batuk silahkan lihat di Cara Meredakan Batuk Berdahak, Kering, Gatal Dengan Cepat Secara Alami.

Tips Perawatan Sederhana Batuk Berdahak Dan Pilek Selama Proses Penyembuhan

Ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat batuk berdahak dan pilek yang berkepanjangan cepat hilang selama proses penyembuhan, sehingga tidak menggangu aktifitas anda lebih lama:
  • Usahakanlah berkumur dengan air garam sehabis beraktifitas padat di luar rumah, berkumur selama kurang lebih 1 menit.
  • Jangan biarkan tubuh anda melakukan aktifitas yang dirasa berat selama batuk berdahak dan pilek belum sembuh sepenuhnya. Pastikan tubuh anda mendapatkan jam istirahat yang cukup, sebisa mungkin hindari kebiasaan begadang hingga larut karena itu bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk.
  • Jaga suhu tubuh agar tetap hangat itu penting. Usahakan mandi dengan air hangat, cara ini bisa membantu anda dalam mengencerkan dahak.
  • Hindari makanan yang digoreng dan bersifat pedas, asam, serta dingin. Karena makanan itu semua bisa memperpanjang penyakit batuk dan pilek pada tubuh anda. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan hangat.
  • Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan orang yang terkena flu atau batuk selama proses penyembuhan.
  • Usahakan tidur dengan suhu yang normal, tidak terlalu panas atau dingin. Jangan paksakan tidur dengan pendingin biarpun cuaca sedang panas, anda bisa membuka sedikit jendela untuk mendapatkan udara segar saat tidur.
  • Perbanyak minum air putih, terutama air hangat. Untuk mempermudah keluarnya lendir yang disebabkan oleh batuk dan pilek.
  • Hindari semua penyebab atau pemicu batuk dan pilek muncul yang ada disekitar anda.

Jika sudah mencoba semua tips diatas namun masih belum terlihat hasilnya dalam jangka waktu lama, anda harus segera berkonsultasi lebih lanjut pada dokter. Agar dapat mengambil tindakan yang tepat. Itulah beberapa tips obat alami batuk berdahak dan pilek berkepanjangan dan beberapa hal yang harus anda lakukan selama proses penyembuhan. Sekian dari kami www.obatbatukalami.com , Semoga bermanfaat.

Author:

Facebook Comment