Cara Meredakan Batuk Berdahak, Kering, Gatal Dengan Cepat Secara Alami

Cara meredakan batuk- Tahukan anda kalau batuk bukanlah sepenuhnya sebuah penyakit? Batuk juga merupakan gejala atau reaksi tubuh untuk mengeluarkan dahak berlebih akibat debu, polusi udara, alergi, dan asap rokok. Batuk berdahak juga dapat disebabkan ketika paru-paru anda terserang infeksi sehingga menghasilkan dahak melebihi dari kadar normal. Akibatnya ketika anda batuk terdapat dahak yang keluar dari tenggorokan. Batuk adalah cara alami dari tubuh kita untuk membersihkan saluran pernafasan dari dahak agar tidak mengganggu saat kita bernafas dan bisa menjadi lega.

Sedangkan batuk kering bisa disebabkan oleh alergi, terpapar asap rokok atau polusi langsung, mempunyai penyakit sinusitis ringan dan terkena infeksi virus pada saluran pernafasan bagian atas.

Cara Meredakan Batuk Berdahak, Kering, Gatal Dengan Cepat Secara Alami


Batuk terbagi dalam dua jenis (dilihat dari rentang waktu), yaitu batuk kronis dan batuk akut. Jika dilihat dari karakternya batuk juga bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti batuk kering, batuk pilek, batuk berdahak dan batuk yang merupakan paduan dari keduanya. Obat yang dibutuhkan pun beragam dan tergantung pada jenis batuk yang anda derita. Anda harus bisa membedakan agar tepat dalam mengobatinya. Dan jangan tunggu hingga batuk menjadi batuk akut atau batuk kronis. Jika anda merasa batuk yang anda derita dalam batas wajar dan enggan untuk pergi ke dokter. Mungkin beberapa solusi alternatif untuk batuk berdahak, kering disertai gatal secara alami ini bisa anda jadikan solusi agar batuk anda membaik bahkan berangsur-angsur menghilang.

Cara Meredakan Batuk Berdahak, Kering, Gatal Dengan Cepat Secara Alami

Cara Meredakan Batuk Berdahak Secara Alami

1. Madu
Madu merupakan kategori obat herbal alami yang dapat dipercaya manfaatnya untuk mengobati batuk berdahak. Selain itu madu juga bisa membantu meningkatkan sistem imunitas pada tubuh anda. Menurut hasil penelitian dari Penn State Collage of Medicine, telah di uji coba madu pada balita pada berusia 1-3 tahun yang sedang terkena batuk berdahak, mereka terlihat nyenyak tidurnya seakan-akan batuk tidak mengganggunya setelah diberikan madu, bahkan efek dari madu lebih baik daripada memberikan obat lainnya pada balita tersebut. Caranya cukup dengan menambahkan madu pada minuman anda, boleh ditambahkan pada teh hangat atau air hangat, dan harap dipastikan untuk tidak memberikan madu pada balita usia dibawah 1 tahun.

2. Sedia permen mentol atau papermint
Tips Cara meredakan batuk berdahak kali ini dengan mengonsumsi permen yang mengandung papermint atau mentol. Manfaat papermint pada permen membantu melegakan saluran pernafasan dan dapat merangsang lendir agar gampang keluar dari tenggorokan. Permen papermint ini juga gampang anda bawa kemana-mana untuk keadaan darurat jika batuk berdahak datang tiba-tiba. Tapi jika anda tidak menemukan permen papermint anda bisa menggunakan minyak esensial yang mengandung papermint, untuk dicampurkan ke dalam air hangat dan dihirup uapnya. Uapnya dapat membantu melegakan tenggorokan anda. Dan merangsang lendir agar dapat keluar secara alaminya. 

3. Makan sup sayur atau ayam
Makan sup ayam atau sayuran bisa menjadi salah satu cara meredakan batuk berdahak yang ampuh. Anda bisa membuat sup sayuran yang banyak mengandung mineral dan bisa menambah energi anda saat batuk. Sup sayurannya bisa terdiri dari sayuran kubis, wortel, daun bawang, jagung, kentang, tomat, seledri, dll. Jika ingin menjadi sup ayam anda bisa menambahkan beberapa potong ayam tanpa lemak. Jangan lupa juga untuk meambahkan beberapa bumbu yang bisa membantu meredakan batuk anda, yakni bawang putih dan jahe. Sebaiknya di makan saat sup selagi hangat. 

4. Nanas
Nanas buah yang kaya akan vitamin yang diperlukan oleh tubuh dan menyehatkan. Nanas juga bisa kita gunakan sebagai cara meredakan batuk berdahak. Nanas mengandung bahan aktif yang biasa disebut bromelain. Bahan aktif ini bekerja efektif untuk mengurangi rasa mual, muntah dan batuk. Efek lainnya juga bisa membantu menghilangkan lendir yang mengganggu di saluran pernafasan. Semua manfaat yang berguna untuk batuk anda ini bisa didapatkan dengan memakan buah nanas yang masih segar. Atau dengan meminum sirup dari bahan alami nanas tanpa campuran pemanis atau apapun. Dan liha juga Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Sembuh Secara Alami agar lebih banyak pilihan.

Cara Meredakan Batuk Kering Dan Gatal

1. Teh herbal
Teh herbal dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab gatal bahkan batuk yang terdapat di tenggorokan. Cukup dengan meminum segelas teh herbal saat pagi dan sore hari, agar batuk kering yang anda alami dapat lekas membaik dengan cara meredakan batuk Dengan Cepat ini.
2. Cuka apel
Dengan mencampurkan cuka apel dan air hangat, lalu aduk sebentar dan minum sedikit demi sedikit. Cara meredakan batuk kering ini bisa efektif jika anda rutin meminumnya sehari sekali hingga batuk anda berangsur sembuh.

3. Daun pegagan
Daun dari tanaman ini bisa dimanfaat juga khasiatnya untuk batuk kering. Caranya dengan menyiapkan 30 gr daun pegagan, ditambah dengan gula batu secukupnya, dan air hangat 150 cc. Lalu blender daun pegagan tersebut dengan bahan lainnya. Setelah agak halus, saring dan minumlah ramuan tersebut dua kali dalam sehari.

4. Memanfaatkan jahe dan kencur
Jahe yang mempunyai manfaat dalam melegakan tenggorokan dan anti inflamasi atau kemampuan untuk mengurangi gejala batuk kering cocok dipadukan dengan kencur yang mempunyai manfaat sama dalam meredakan batuk kering. Caranya cukup dengan menyiapkan 3 ruas jahe dan kencur secukupnya. Lalu iris jahe dan kencur, rebus kedua irisan tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih. Jika sudah mendidih, saring rebusan air jahe dan kencur tersebut. Minumlah ramuan obat saat masih hangat dan minum hingga batuk anda hilang.

5. Berkumur dengan air garam
Cara meredakan batuk gatal dengan obat kumur bisa dengan menyiapkan air kumur saat gatal tak kunjung hilang di tenggorokan. Caranya dengan tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat dan aduk rata. Berkumurlah dengan air garam tersebut selama 10 detik dan kemudian muntahkan, ingat jangan ditelan. Kenapa harus berkumur dengan air garam? Garam dapat membantu mengurangi lendir (yang menyebabkan gatal di tenggorokan) serta meredakan radang. Lakukanlah kegiatan berkumur ini sebanyak 2-3 kali sehari, sampai batuk gatal anda menghilang. 

6. Tanaman horseradish
Di Rusia cara meredakan batuk gatal atau cara meredakan tenggorokan gatal secara alami yang terkenal ialah dengan membuat minuman dari horseradish. Caranya ialah dengan mencampurkan 1 sdm horseradish murni (berbentuk hasil tanaman, bukan yang sari/ekstrak), kedalam gelas dengan 1 sdt madu dan 1 sdt cengkeh bubuk. Lalu tambahkan air panas sampai penuh satu gelas dan aduk rata. Minumlah 1 kali sehari hingga batuk gatal anda mereda.

7. Susu dengan kunyit
Kunyit dalam susu memang tidak begitu enak rasanya tetapi cara meredakan batuk gatal ini sudah dikenal kemanjurannya. Sebelum anda pergi tidur, didihkanlah segelas susu di dalam panci berisi kunyit (atau anda dapat mencampurkan kunyitnya ke dalam panci), biarkanlah susu agak dingin sebelum anda meminumnya. Minumlah campuran ini setiap malam sebelum tidur secara rutin hingga batuk gatal anda berangsur hilang.

Sekian dari kami www.obatbatukalami.com ,Semoga membantu!

Author:

Facebook Comment