Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Sembuh Secara Alami

Cara menyembuhkan batuk berdahak- Batuk berdahak adalah batuk yang disebabkan ketika paru-paru anda terserang infeksi sehingga menghasilkan dahak melebihi dari kadar normal. Akibatnya ketika anda batuk terdapat dahak yang keluar dari tenggorokan. Batuk adalah cara alami dari tubuh kita untuk membersihkan saluran pernafasan dari dahak agar tidak mengganggu saat kita bernafas dan bisa menjadi lega.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Sembuh Secara Alami


Batuk berdahak pada umumnya dapat disebabkan oleh pilek, pneumonia dan sinusitis, tetapi kondisi ini juga bisa menjadi awal gejala dan tanda-tanda penyakit bronkitis kronis, gagal jantung, dan asma. Jika makin lama batuk tidak kunjung pergi, maka makin tinggi juga resiko terkena penyakit yang lebih serius. Kondisi ini lebih berisiko menyerang peroko aktif dan bagi orang yang mempunyai daya imunitas rendah.

Tanda Batuk Berdahak Sebagai Penyakit Serius

Batuk memang kondisi yang sudah umum kita rasakan dan kebanyakan orang tidak memeriksakan dirinya ke dokter karena dianggap tak serius. Tapi adakalanya jika kita tak tanggap dengan cepat batuk berdahak ini bisa menjadi penyakit atau pemicu penyakit lain yang lebih serius. Berikut adalah beberapa tanda batuk berdahak yang anda alami berubah menjadi penyakit serius dan perlu ditangani oleh dokter:
Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Sembuh Secara Alami
  • Jika batuk berdahak anda tidak kunjung sembuh atau bahkan menjadi parah, dan lebih dari sepekan.
  • Jika dahak batuk berubah warna menjadi hijau pekat atau merah muda dan berbusa.
  • Jika terdapat bercak darah dalam dahak yang anda keluarkan.
  • Jika anda adalah perokok aktif dan batuk berubah menjadi parah saat malam hari.
  • Jika anda tiba-tiba merasakan gejala-gejala sakit kepala, nyeri pada otot, dan kelelahan.

Itulah beberapa tanda yang bisa anda jadikan alasan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk menerima proses penanganan lebih lanjut. Dan jika tanda diatas tidak ditemukan pada diri anda ada baiknya anda juga tidak menganggap remeh batuk berdahak karena batuk berdahak bisa menmbuat aktifitas anda terganggu juga jika anda tidak segera mengobatinya.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Yang Alami Dan Cepat Sembuh

Jika tidak ingin mengkonsumsi obat, anda bisa memulai pengobatan batuk berdahak ini dengan cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami. Cara ini juga bagus untuk anda yang memang menghindari efek samping dari obat. Inilah beberapa cara alami yang bisa anda aplikasikan di rumah untuk menyembuhkan batuk berdahak:

1. Teh jahe
Buatlah teh jahe ini saat anda pulang kerja atau menjelang tidur dan saat berangkat kerja. Tips dan cara menyembuhkan batuk berdahak dengan teh jahe dapat menghilangkan rasa lelah anda sepulang kerja. Ekstrak jahenya pada teh, bermanfaat menjaga stamina serta meredakan batuk dan melegakan pernafasan yang terganggu oleh dahak. Minumlah jahe ini dua kali dalam sehari hingga batuk anda menghilang dengan sendirinya.

2. Belimbing wuluh
Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami yang kedua ialah dengan memanfaatkan khasiat dari bunga belimbing wuluh. Bunga ini dipercaya dan sudah terbukti dapat membantu meredakan batuk berdahak.
Caranya cukup dengan mengambil beberapa genggam bunga belimbing wuluh, kemudian anda campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu direbus. Jika sudah, tiriskan hingga dingin. Sebelum diminum anda bisa menyaringnya terlebih dahulu agar ampas bungannya tidak ikut terminum. Minumlah ramuan ini dua kali sehari hingga dirasa batuk berdahak anda membaik.

3. Jeruk nipis
Siapa sih yang tidak tahu khasiat dari jeruk nipis ini? iyap cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal ketiga ini kita akan menggunakan jeruk nipis. Selain untuk penghilang bau amis, jeruk nipis juga terbukti bermanfaat bisa menghilangkan penyakit batuk berdahak.
- Cara membuat ramuannya dengan mencampur air perasan buah jeruk nipis dengan madu dan air. Campurkan 1 sdm air jeruk nipis, 3 sdm madu murni, dan 5 sdm air matang pada wadah kosong (jika bisa pakailah air hangat). Jika sudah dicampurkan, diamkan selama beberapa menit agar campurannya menyatu. Minumlah ramuan tersebut 1 sdt dan dua kali sehari. Minumlah hingga batuk anda dirasa semakin membaik.
- Anda juga bisa mencampurkan jeruk nipis dengan kecap, caranya cukup mudah. Campurkan 1 sdm jeruk nipis dengan 1 sdm kecap ke dalam air hangat setengah gelas, lalu aduk hingga merata. Minumlah selagi hangat.

4. Kunyit
Cara menyembuhkan batuk berdahak dengan cepat kali ini menggunakan kunyit. Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak dan bisa untuk mengobati penyakit lainnya.
Caranya dengan menambahkan ½ sdt kunyit yang telah ditumbuk dan ditambahkan madu ke dalam satu gelas susu.

5. Madu dan lada
Lada putih berkhasiat merangsang dahak menjadi cair agar mudah dikeluarkan dan rasa panas yang ditimbulkannya dapat melegakan pernafasan saat batuk.
Lada ditambahkan dengan madu mampu meredakan batuk berdahak. Cara menyembuhkan batuk berdahak dan pilek dengan mencampurkan lada putih ini ke dalam teh madu anda. Minumlah dua kali sehari. Jika ingin mengenal Gejala, Nama Virus Penyebab Pilek Dan Batuk Serta Perbedaan Pilek Dan Flu apa silahkan dilihat ya.

6. Kemangi
Cara menyembuhkan batuk berdahak pada ibu hamil dan lainya yang ke-enam ini dengan menggunakan daun kemangi. Selain sering digunakan sebagai lalapan, kemangi yang punya wangi khas ini juga bisa dicoba untuk mengobati batuk berdahak.
Caranya dengan menyiapkan 2-3 potong daun kemangi dan direbus bersama 2-3 gelas air putih, minumlah saat masih hangat.

7. Daun sirih
Dengan mencampur 5 lembar daun sirih dengan ditambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga dan kayu manis secukupnya, lalu merebusnya dengan air sebanyak dua gelas. Anda sudah mempunyai ramuan dari cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami. Hal yang anda perlu ingat saat merebus ramuan itu ialah tunggu hingga air rebusan menjadi setengah dari awal pertama anda rebus atau menjadi satu setengah gelas. Angkat dan saring ramuan tersebut. Aturan minumnya ialah satu sdm sebanyak tiga kali sehari.

8. Bunga mawar
Dibalik rupanya yang cantik dan menawan, ternyata bunga ini juga menyimpan manfaat lebih untuk mengatasi batuk berdahak.
Caranya ialah dengan menyiapkan bunga mawar segar sebanyak 10 gram, lalu dicampurkan dengan air serta gula batu untuk pemanis secukupnya. Rebus sebentar dan saring. Minumlah selagi hangat dan minum dua kali sehari.

9. Air putih
Iyap, air putih tanpa campuran apa-apa adalah minuman terbaik yang bisa anda konsumsi selama batuk bahkan harus selalu anda konsumsi saat nanti sudah sembuh dari batuk. Karena air putih kaya akan manfaat. Dan anda bisa meminum air putih hangat untuk meredakan batuk saat menyerang. Air putih hangat mampu melancarkan dahak dan meredakan gatal ditenggorokan.cara menghilangkan batuk berdahak yang sudah lama lainnya.

Tips Pencegahan Batuk Berdahak

  • Ini ada beberapa tips pencegahan agar batuk berdahak tidak menyerang kembali:
  • Sering-seringlah berkumur dengan air garam karena garam mengandung antiseptik alami, dapat membunuh penyebab virus batuk tanpa kita sadari.
  • Hindari debu dan asap, pakailah masker jika anda sedang diluar rumah atau dalam perjalanan.
  • Kurangi rokok atau jika bisa lupakanlah kebiasaan merokok karena rokok adalah pemicu segala penyakit.

Itulah beberapa ramuan dari kami www.obatbatukalami.com yang bisa anda minum dan buat dirumah dengan bahan alami. Selamat mencoba cara menyembuhkan batuk berdahak ini.

Author:

Facebook Comment