Saturday, October 22, 2016

Cara Mengobati Batuk Secara Alami Dengan Cepat Sembuh Seketika

Cara alami mengobati batuk – Batuk merupakan respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran pernafasan jika tiba-tiba mendapatkan serangan dari luar. Dan respon dari batuk ini bermanfaat untuk membersihkan lendir atau beberapa faktor penyebab lain seperti iritasi atau juga bahan iritan (seperti debu atau asap polusi) agar bisa keluar dari paru-paru anda. Batuk terkadang jarang mengindikasi penyakit serius dan umumnya pun akan sembuh dalam jangka waktu tiga minggu, sehingga kadang kala tidak membutuhkan pengobatan yang serius.

Tapi kalau anda tetep ingin mengongsumsi obat agar batuk anda cepat sembuhnya, ada baiknya anda mencoba beberapa tips cara mengobati batuk yang terbuat dari beberapa bahan-bahan alami terlebih dahulu. Karena selain dapat meringankan bahkan menyembuhkan gejala batuk ringan, ramuan tersebut juga tidak menimbulkan efek samping dan aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Jadi positifnya anda tidak terlalu bergantung pada obat kimia saat batuk ringan itu sewaktu-waktu menyerang anda.

Cara Mengobati Batuk Secara Alami Dengan Cepat Sembuh Seketika

Sebelum kita bahas tentang Tips bagaimana cara mengobati batuk secara alamiyang bisa anda buat sendiri di rumah nantinya, sebaiknya anda harus mengetahui dulu jenis batuk apa yang sedang menyerang anda. Berikut jenis-jenis batuk yang perlu anda ketahui :

1. Batuk kering

Tanda awal batuk kering ini pada umumnya ialah timbulnya rasa gatal di tenggorokan yang dapat memicu batuk. Batuk kering atau batuk tanpa dahak ini biasa muncul atau datang pada tahap akhir flu atau ketika anda tak sengaja terkena paparan asap polusi dan dampak dari perubahan cuaca yang ekstrim.

2. Batuk berdahak

Gejala awalnya sama seperti batuk kering yaitu rasa gatal yang menjalar ditenggorokan, tetapi bedanya rasa gatal pada batuk berdahak ini seperti ingin mengeluarkan lendir dari tenggorokan. Karena fungsi dari batuk berdahak ini ialah mengeluarkan lendir yang tak berguna bagi tubuh anda melalui tenggorokan. Dan dahak tersebut bisa berasal dari tenggorokan, sinus, dan paru-paru.
Cara Mengobati Batuk Secara Alami Dengan Cepat Sembuh Seketika

Penyebab Munculnya Batuk

Infeksi saluran pernafasan akibat virus adalah penyebab utama pada sebagian besar pengidap batuk atau batuk kambuhan. Selain itu juga ada beberapa penyebab lain yang ikut andil dan dapat memicu timbulnya batuk yaitu:
  1. Penyakit jangka panjang yang sewaktu-waktu bisa kambuh, seperti asma, bronkitis kronis atau Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).
  2. Rinitis alergi, seperti alergi pada serbuk sari (hay fever) atau alergi pada debu.
  3. GERD. Pada jenis penyakit ini menyebabkan asam lambung naik dan dapat memicu datangnya batuk.

Cara Mengobati Batuk Agar Batuk Cepat Sembuh Secara Alami

Ada beberapa metode yang akan kami ulas mengenai cara mengobati batuk secara alami dan cepat. Semua orang bisa menerima reaksi yang berbeda-beda sesuai dengan ketahanan tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan saat batuk tiba-tiba menyerang anda:

1. Minum air putih
Batuk bisa menyebabkan tubuh kita mengeluarkan sebagian air tanpa kita sadari. Batuk juga bisa menyebabkan tubuh kita menjadi lemas karena saat batuk cukup menyita tenaga. Saat batuk menyerang makan badan kita akan memberi respon tidak nyaman karena tubuh terus-terusan mengeluarkan keringat dan lelah di tenggorokan. Tekanan pada bagian tenggorokan dan perut saat batuk bisa menyebabkan mual.Dan jika mual ini dirasa sudah mulai menggangu, anda bisa mengatasinya degan tips atau cara mengobati batuk tanpa obat kali ini. yaitu, dengan banyak minum air putih. Tetapi jangan terlalu berlebihan juga, karena bisa membuat anda muntah nantinya. Air sangat berpengaruh dalam melawan bakteri dan virus yang berada di tenggorokan anda. Selain itu air hangat juga mampu meredakan dan melawan rasa gatal pada batuk yang disebabkan oleh alergi atau hal lain.

2. Air hangat, lemon, madu dan jahe
Jika anda mengalami batuk kering dan terasa sangat gatal di tenggorokan, anda bisa mencoba cara mengobati batuk berdahak dan pilek dengan bahan alami ini. Siapkan satu gelas air hangat dan campurkan dengan madu, air perasan jeruk lemon dan sepotong ruas jahe. Minumlah selagi hangat. Lemon mengandung vit c yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, sedangkan jahe mengandung bahan flavonoid yang bisa dimanfaatkan untuk melegakan saluran pernafasan dan mememberikan rasa nyaman di tenggorokan. Madu sendiri dapat memberikan berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjadi sumber antioksidan di dalam tubuh anda. Sehingga proses pengobatan dan penyembuhan bisa berjalan dengan baik. Tetapi jangan mencoba cara ini untuk anak berusia dibawah satu tahun ya.

3. Mandi Uap
Anda merasa lelah karena batuk yang cukup menguras tenaga ini? maka cobalah cara mengobati batuk tradisional yang satu ini. Anda bisa mencoba mandi dengan air hangat. Uap yang berasal dari air hangat bisa membantu anda dengan cepat untuk mengeluarkan lendir baik melalui hidung atau melalui tenggorokan. Cara ini juga sangat baik bagi anda yang menderita batuk karena flu atau alergi. Dengan mencampurkan minyak aroma terapi pada air hangat, karena air uapnya dapat membantu melegakan saluran pernafasan anda yang tersumbat. Dan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, usahakan untuk tidak berendam terlalu lama di dalam air hangat atau menghirup uap ini terlalu lama.

4. Pindahkan pemicu batuk atau alergi
Jika yang anda alami adalah batuk yang disebabkan oleh alergi. Maka mulailah cara mengobati batuk dengan menghindari atau memindahkan semua pemicu alergi tersebut dari hadapan anda. Beberapa pemicu reaksi alergi pada batuk ialah seperti binatang yang berbulu, serbuk sari pada bunga, pengarum ruangan, asap rokok, parfum, bau yang tidak sedap dan lain-lain.

5. Teh hijau
Jika anda sudah merasa cukup lelah dengan gatal ditenggorokan karena batuk, cobalahcaramengobati batukdenganminum segelas teh hijau. Teh hijau dipercaya dapat membantu melegakan pernafasan dan meredakan batuk. Selain itu teh hijau juga mengandung bahan antioksidan alami yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta dapatikut berperanaktif dalam melawan bakteri penyebab batuk. Untuk rasa manis pada teh, anda bisa menambahkan satu sendok madu pada minuman teh hijau anda. Tapi tolong di ingat, jangan meminum teh hijau saat hendak tidur atau malam hari ya. Karena teh hijau ini mempunyai kandungan zat katekin yang dapat menyebabkan anda susah untuk tidur.

6. Bawang putih
Cara mengobati batuk kering dan gatal kali ini dengan memotong bawang menjadi beberapa bagian, kemudian direndam pada air panas. Lalu tutuplah kepala anda dengan handuk dan usahakan menghirup uap dari air bawang putih tadi. Uap dari bawang putih ini mengandung zat sulforaphone yang berguna dan cepat meredakan batuk. Bila masih juga batuk dang gatal di tenggorokan silahkan baca Cara Mengobati Batuk Kering Dan Gatal Pada Tenggorokan Secara Alami.

7. Makan buah Nanas
Nanas mengandung bahan aktif alami yang bisa disebut dengan bromelain. Bromelain dapat mengatasi rasa mual, ingin muntah yang disebabkan oleh batuk. Manfaat lainnya dari ialah dapat menghilangkan lendir pada pernafasan, sehingga membuat tenggorokan anda jadi lebih lega.

Nah itulah ulasan singkat dari kami www.obatbatukalami.com mengenai cara mengobati batuk dengan cepat.dukung terus kami dengan berkunjung saat anda butuhkan, Semoga bermanfaat ya.
Previous Post
Next Post