Cara Mengobati Batuk Kering Dan Gatal Pada Tenggorokan Secara Alami

Cara Mengobati Batuk Kering – Batuk kering dan batuk berdahak sudah pasti membutuhkan obat yang berbeda. Jadi, jika jenis batuknya sudah tidak sama, maka obat yang digunakan juga tidk boleh sama. Batuk kering terjadi ketika tidak disertai dahak, tetapi memang cukup serius seperti batuk berdahak. Batuk kering yang tidak disertai lendir dalam tenggorokan jika dibiarkan, bisa menimbulkan masalah lain seperti iritasi di tenggorokan dan bahkan bisa berdarah.

Cara Mengobati Batuk Kering Dan Gatal Pada Tenggorokan Secara Alami

Sebelum mengetahui Cara Mengobati Batuk Kering, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa kira-kira penyebab dari batuk ini. Berikut beberapa faktor yang harus anda simak sebelum mengobati:
  • Batuk kering bisa terjadi karena adanya infeksi pernafasan. Infeksi adalah serangan kuman yang masuk dalam mulut dan menyerang bagian saluran pernfasan.
  • Batuk kering juga bisa dipicu adanya asam lambung yang meningkat karena mengkonsumsi makanan pedas atau makanan tertentu.
  • Batuk kering bisa disebabkan sebagai pertanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan yang cukup serius seperti kanker, radang paru-paru atau lainnya karena efek samping penggunaan obat.
  • Penyebab batuk kering juga bisa karena alergi debu, polusi atau abu.
Bagaimana cara mengatasi batuk kering dan gatal di tenggorokan secara alami dan tanpa obat? Berikut beberapa kebiasaan yang harus dilakukan:
  • Tempat yang sangat dingin harus dihindari terutama jika anda tidak tahan untuk bekerja di ruang yang ber-AC atau yang banyak polusi dan debu.
  • Selalu rajin menjaga stamina dan daya tahan tubuh.
  • Hentikan kebiasaan yang kurang bagus untuk kesehatan seperti alkohol dan merokok. Ketika anda bisa menghentikan kebiasaan ini, anda pun akan merasakan efek positif dalam kesehatan.
  • Tetap sayangi tubuh dengan istirahat secara teratur.
Sering minum banyak air putih, minimal 8 gelas setiap hari. Air putih dapat bekerja untuk mensuplai cairan dalam tubuh yang dibutuhkan terutama di bagian mulut dan tenggorokan.

Cara Mengobati Batuk Kering Dan Gatal Pada Tenggorokan Secara Alami

Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Pada Tenggorokan dengan Herbal Alami

Cara Mengobati Batuk Kering berikut bisa anda gunakan dengan memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar anda. Ada banyak bahan alami yang bisa anda manfaatkan terutama jika anda kuatir dengan penggunaan obat-obatan yang berbahan kimia. Cara alami juga bisa dijadikan sebagai cara perawatan yang mudah, tidak menimbulkan efek samping yang mengganggu aktifitas dan cukup aman.

1. Jahe dan kencur
Gunakan jahe dan kencur kalau sedang batuk kering. Jahe dan kencur bisa bekerja dengan optimal untuk mengatasi batuk sebab kandungannya yang bersifat anti-inflamasi dan memberikan rasa melegakan sehingga dapat meringankan gejala batuk.

Caranya:
Siapkan 3 jari jahe dan untuk kencur secukupnya. Iris jahe dan kencur dan rebus kedua bahan tersebut sampai air benar-benar mendidih. Saring air dari rebusan tersebut dan minum untuk Cara Mengobati Batuk Kering.

2. Jeruk nipis
Kandungan vitaimin C dalam jeruk nipis bisa membantu untuk melawan kuman penyebab infeksi dalam tenggorokan yang memicu batuk kering.
Caranya:
Siapkan sampai 2 buah jeruk nipis. Pilih jeruk nipis yang banyak airnya. Atau, anda bisa memilih yang hampir matang. Belah dalam beberapa bagian dan peras untuk diambil airnya. Saring air perasan tersebut dan campur dengan kecap. Alternatif kecap adalah madu. perasan air jeruk yang sudah dicampur kecap atau madu tersebut bisa diminum sebanyak dua kali sehari sampai batuk kering terasa mereda dan sembuh, lakukan secara teratur.

3. Daun sirih dan jahe
Menggunakan 15 lembar daun sirih dan beberapa potongan jahe sangat membantu untuk Cara Mengobati Batuk Kering.

Caranya:
15 lembar daun sirih direbus dengan air sampai benar-benar mendidih. Air rebusan daun sirih dicampur dengan potongan jahe dan diaduk terus sampai rata.

Cara lainnya adalah:
Satu ruas jahe dicuci bersih dan dibakar sebentar, kemudian memarkan. Jahe diseduh dengan air panas dan tambahkan gula. Minum wedang jahe seperti ini secara teratur, pagi dan sore.

4. Kunyit
Caranya:
Siapkan beberapa potong kunyit untuk dicuci bersih dan tumbuk sampai halus. Kunyit bisa juga diparutdan diambil air perasannya. Campurkan kunyit dengan madu dan minum untuk digunakan sebagai Cara Mengobati Batuk Kering.

5. Daun kemangi
Kalau punya daun kemangi di pekarangan rumah, jangan dijadikan sebagai lalapan saja. Sebab, daun kemangi terbilang efektif untuk digunakan sebagai obat batuk kering.

Caranya:
7 lembar daun kemangi disiapkan beserta 3 gelas air.
Daun kemangi direbus dengan 3 gelas air sampai benar-benar mendidih dan minum secara teratur selama terkena batuk kering.Bila batuk tanpa dahak maka Baca ini: Cara Menyembuhkan Batuk Dan Gatal Tanpa Obat Dengan Cepat Sampai Sembuh Total
6. Bunga mawar
Jangan biarkan bunga mawar rontok sia-sia kalau sedang batuk kering. Sebab, bunga mawar juga bisa digunakan untuk mengobati batuk kering.
Caranya:
Bunga mawar yang segar disiapkan sekitar 10 gram dan bunga mawar di tim dengan cara dicampur gula batu. Tambahkan sedikit madu dan konsumsi saat mengalami batuk kering.

7. Buah belimbing wuluh
Caranya:
Siapkan belimbing wuluh dan cuci bersih. Buah belimbing wuluh dihaluskan terlebih dahulu sampai betul-betul halus dan peras untuk diambil airnya. Campur air perasan dengan garam dan minum sebanyak dua kali sehari secara rutin.

8. Air garam
Air garam dapat membersihkan kuman penyebab infeksi ketika sedang batuk kering.
Caranya:
Garam dilarutkan dalam segelas air hangat dan gunakan untuk obat kumur, bukan diminum.

9. Cuka apel
Cara Mengobati Batuk Kering selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel terbilang efektif karena dapat meredakan rasa sakit ketika sedang batuk kering.
Caranya:
Gunakan cuka apel dengan cara menyeduhnya bersama air hangat dan minum sedikit demi sedikit.

10. Tapak dara
Pernah dengar tanaman tapak dara? Tanaman yang satu ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan biasa dijual oleh para penjual tanaman hias, sehignga bisa ditanam di pekarangan rumah.

Caranya:
Rebus daun tapak dara yang sudah dibersihkan. Ketika sudah mendidih dan air rebusan tinggal sedikit, baru diminum. Pastikan menggunakan Cara Mengobati Batuk Kering ini secara rutin sebab tidak menimbulkan efek samping dan bisa diminum oleh anak-anak atau orang dewasa.

11. Mengkudu
Memang buah yang satu ini terasa pahit dan benar-benar bukan buah favorit banyak orang. Selain dilengkapi dengan bintik cokelat di permukaan kulitnya yang hijau muda atau hijau tua, buah ini benar-benar kaya manfaat terutama untuk mengobati batuk kering.

Caranya:
Bisa dijus atau direbus untuk diminum.

12. Wortel
Kandungan vitamin A dalam wortel memang sangat sehat untuk mengatasi berbagai masalah mata, tetapi tahukah anda bahwa wortel juga sangat baik untuk Cara Mengobati Batuk Kering?
Caranya:
Rebus wortel untuk sayur dan makan secara rutin ketika batuk kering. Atau anda bisa membuat jus wortel.

Nah, itulah informasi kami www.obatbatukalami.com tentang Cara Mengobati Batuk Kering yang disertai gatal untuk tenggorokan dengan bahan alami, semoga bermanfaat!

Author:

Facebook Comment