Cara Menghilangkan Batuk Kering dengan Cepat Sembuh Secara Alami

Cara Menghilangkan Batuk – Batuk kering merupakan batuk tidak berdahak. Jika anda sedang batuk dan tidak mengeluarkan lendir atau dahak, maka batuk yang anda derita adalah jenis kering. Namun, bukan berarti masalah ini tergolong sepele. Ya, ada beberapa gangguan yang anda alami seperti batuk terasa sakit, tenggorokan mengalami iritasi dan sulit menelan makanan karena adanya iritasi tersebut. Untuk itu, saat sedang terkena batuk kering, akan lebih baik jika beberapa kebiasaan yang anda lakoni harus segera dihentikan seperti mulai dari minum es, merokok atau mengkonsumsi makanan dengan kadar minyak yang tinggi.

Tips Cara Menghilangkan Batuk Kering Dengan Cepat Sembuh Secara Alami


Batuk kering bisa menjadi pertanda atau adanya reaksi tubuh karena infeksi atau penyakit saluran pernapasan mulai dari masalah TBC atau mungkin kanker paru-paru, terutama jika anda mengalami batuk kering yang menahun dan tidak kunjung sembuh atau batuk kering yang kerap kambuh. Batuk kering juga bisa terjadi akibat adanya alergi yang ditimbulkan oleh allergen. 

Jika anda bukan tipikal orang yang begitu mudah menjejali tubuh dengan berbagai obat tablet atau kapsul atau sirup yang dijual bebas di warung atau di apotek, anda bisa menggunakan obat alami sebagai Tips bagaimana Cara Menghilangkan Batuk kering. Agar cepat sembuh, berikut beberapa cara yang bisa kami rekomendasikan.

Cara Menghilangkan Batuk Kering Dengan Cepat Sembuh Secara Alami


1. Menggunakan jahe
Fungsinya bukan hanya untuk menghangatkan badan, tetapi sebagai salah satu rempah yang menambah bumbu masakan menjadi lebih sedap, anda bisa menggunakan bahan alami satu ini untuk mengobati batuk.
Caranya cukup mudah yaitu tinggal menyeduh jahe yang sudah digeprek dan di cuci bersih. Anda bisa membuat minuman jahe hangat atau dengan mencampurkannya dalam teh. Ya, anda hanya tinggal membersihkan kulitnya terlebih dahulu dan tumbuk kasar. Campur dalam segelas teh hangat. Akan lebih baik jika tidak menggunakan gula, tetapi menggantinya dengan madu murni.

2. Air putih
Anda tidak perlu bingung mencari bahan alami seperti bumbu dapur atau lainnya, sebab hanya dengan menggunakan air putih saja selama batuk secara rutin sudah bisa menjadi Cara Menghilangkan Batuk dengan cepat. Air putih juga sangat bermanfaat untuk tubuh, untuk itu tetap rajin minum air putih terutama ketika sedang batuk kering. Air putih dapat bekerja optimal untuk meredakan gatal yang disebabkan oleh batuk kering atau tenggorokan kering sehingga iritasi bisa dicegah dari awal masalah batuk ini datang.

3. Garam
Kalau jahe tidak ada di stok bumbu dapur anda, coba pakai garam saja. Garam bisa digunakan sebagai obat kumur terutama kalau anda sedang memiliki masalah tenggorokan kering. Selama batuk kering menjangkiti tubuh anda, pastikan bahwa secara rutin anda berkumur dengan air garam. Garam akan bekerja untuk membunuh bakteri yang tersisa di mulut dan tenggorokan, sehingga dapat mencegah iritasi yang parah.

4. Kayu manis
Cara Menghilangkan Batuk Secara Alami yang satu ini juga bisa anda coba. Kayu manis bisa bekerja untuk melegakan tenggorokan yang kering karena batuk kering.

Caranya:
Siapkan beberapa kayu manis untuk direbus. Tambahkan gula dan garam. Minum air rebusan dengan teratur selama batuk kering.

5. Belimbing wuluh
Tidak banyak orang yang tahu bahwa ada manfaat dibalik Belimbing wuluh, yaitu untuk mengobati batuk kering. Belimbing wuluh memiliki rasa yang asam sehingga dapat meredakan rasa gatal di tenggorokan, membersihkan tenggorokan dari bakteri dan memberikan rasa nyaman setelah anda meminumnya.

Cara Menghilangkan Batuk Secara Tradisional menggunakan belimbing wuluh adalah dengan membersihkan 10 buah belimbing wuluh, kemudian parut. Belimbing wuluh dicampur dengan segelas air dan saring. Tambahkan garam yang bisa bekerja untuk membasmi bakteri di tenggorokan. Minum ramuan ini selama 2 kali sehari dan teratur.

6. Daun pegagan
Pernah dengar daun pegagan? Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa tanaman yang satu ini bisa dijadikan Cara Menghilangkan Batuk kering dan gatal.

Caranya:
Siapkan terlebih dahulu sekitar 30 gram daun pegagan, gula batu sesuai selera dan 150 cc air hangat. Kemudian, daun pegagan diblender bersamaan dengan gula batu yang sudah diiris tipis-tipis agar mudah halus saat diblender juga tambahkan air. Jika sudah halus, saring dan kemudian minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari selama batuk secara rutin. Jika yang 12 ini adalah buat orang dewasa batuk lalu bagaiman jika anak yang batuk ? lihat di artikel sebelumnya yaitu Obat Batuk untuk Bayi 2 Bulan, 3 Bulan , 6 Bulan, 7 Bulan-1 Tahun.

7. Cuka apel
Jika anda merasa tersiksa dengan tenggorokan yang sakit karena batuk kering, cuka apel bisa memberikan solusi tepat untuk menyelesaikannya.
Caranya tinggal meminum cuka apel yang dicampur dalam segelas air hangat. Selagi hangat, segera minum dan lakukan secara rutin.

8. Kunyit
Cara Menghilangkan Batuk kering berikutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit dapat bekerja untuk meringankan peradangan yang terjadi karena batuk kering dan menyembuhkannya secara perlahan. Sebab, fungsi kunyit adalah sebagai antibotik. Jika anda mengalami masalah peradangan di saluran pernapasan, maka kunyit bisa digunakan.

Caranya, campur 1 sendok makan bubuk kunyit. Kalau tidak punya bubuk kunyit, siapkan beberapa ruas kunyit dan cuci bersih, buang kulitnya dan parut. Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Seduh menggunakan air hangat. Kunyit bisa disaring dan minum secara rutin sebanyak 2 kali sehari selagi hangat.

9. Jeruk nipis dan kecap
Cara Menghilangkan Batuk gatal yang ini mungkin yang paling populer. Ya, sudah menjadi rahasia umum bahwa batuk kering bisa diatasi dengan jeruk nipis dan kecap, atau kalau tidak ada kecap bisa diganti dengan madu murni. Kecap atau madu dapat menetralisir rasa asam pada jeruk nipis.

Caranya, sediakan 1 buah jeruk nipis dan belah jadi 2. Ambil air perasannya sebanyak 1 sendok makan dan campurkan dengan madu 1 sendok makan atau kecap. Ramuan ini harus diminum sebanyak 3 kali sehari dan secara teratur selama batuk. Campuran jeruk nipis dan kecapa juga bisa jadi cara menghilangkan batuk berdahak.

10. Almond dan madu
Campuran almond dan madu adalah pilihan selanjutnya untuk anda yang ingin menyudahi penderitaan karena batuk kering.

Cara Menghilangkan Batuk kering dengan menggunakan bahan ini adalah dengan merendam segenggam almond dulu dan dibiarkan selama semalaman. Kemudian, saat pagi hari almond bisa dikupas kulitnya. Tumbuk almond sampai benar-benar halus. Kalau tidak mau repot, carilah bubuk almond. Campurkan almond yang sudah halus dengan satu sendok makan madu. Konsumsi obat ini sebanyak dua kali sehari.

11. Susu dan madu
Susu dan madu dapat bekerja efektif untuk meringankan sakit tenggoroan karena peradangan yang terjadi.
Caranya, satu sendok makan madu dicampur dalam segelas susu hangat. Madu bisa digunakan sebagai pengganti gula, jadi tidak perlu ditambah gula lagi. sebab, kalau mengkonsumsi gula maka bisa membuat batuk kering menjadi parah. Untuk itu, ketika membuat minuman hangat untuk mengatasi batuk kering dan sensasi gatal di tenggorokan,hindari menggunakan gula tetapi ganti dengan madu.

12. Bawang merah
Cara terakhir adalah menggunakan salah satu bumbu dapur, yaitu bawang merah. Bawang merah bisa jadikan cara untuk meringankan batuk kering.
Caranya, anda tinggal membuat jus bawang merah dan campur dengan madu sesuai selera.
Itulah Tips Menghilangkan Batuk kering alami agar cepat sembuh dari www.obatbatukalami.com, semoga membantu!

Author:

Facebook Comment