Friday, October 28, 2016

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Secara Alami Untuk Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak – Adanya virus atau bakteri yang tinggal di saluran pernafasan atau tenggorokan merupakan penyebab utama mengapa batuk berdahak terjadi. Ketika batuk berdahak muncul, ditandai dengan keluarnya lendir yang sebenarnya merupakan cara tubuh mengeluarkan virus atau bakteri itu sendiri.

Batuk berdahak adalah pertanda bahwa tubuh sedang dalam kondisi tidak fit, sehingga mudah sekali terserang virus atau bakteri. Batuk yang terus-menerus juga dapat menyebabkan tenggorokan dan perut jadi sakit karena mengalami penekanan. Batuk berdahak bisa juga dikarenakan adanya penggunaan rokok, sehingga asap yang masuk memicu iritasi di bagian tenggorokan dan produksi lendir menjadi bertambah. Dalam kondisi demikian, ketika anda batuk maka dahak pun akan keluar.

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Secara Alami Untuk Orang Dewasa


Selain virus dan bakteri yang masuk dalam tenggorokan, hidung atau saluran pernapasan ada juga beberapa faktor yang memicu terjadinya batuk berdahak, seperti:
  1. Rokok
  2. Asam lambung
  3.  Penyakit paru-paru kronis
  4. Penyakit lain yang disebabkan oleh virus
  5. Infeksi virus
  6. Alergi
Gejalanya adalah ketika batuk terjadi dan membuat tidur tidak nyaman. Batuk berdahak terkadang disertai dengan dada yang terasa sakit karena batuk terus-menerus, hidung berair dan penuh ingus sebab mukosa yang memproduksi banyak lendir. Hal ini menunjukkan bahwa tidak sedikit penderita batuk berdahak akan mengalami gejala seperti pilek.

tips Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Secara Alami Untuk Orang Dewasa

Bagi orang dewasa, Cara Menghilangkan Batuk Berdahak lebih mudah karena tidak seperti anak kecil yang harus berhati-hati dalam memilih cara pengobatan yang tepat karena terkadang anak merasa tidak nyaman sebab bahan alami yang digunakan juga tidak enak. Selain itu, orang dewasa memiliki sistem kekebalan tubuh yang sudah sempurna, sehingga akan lebih mudah cepat sembuh jika mengkonsumsi atau melakukan perawatan alami secara rutin dan istirahat total. 

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Bagi Orang Dewasa Yang Cepat Dan Alami 


Nah, untuk anda yang ingin cepat sembuh dari masalah batuk berdahak, berikut beberapa tips atau cara yang bisa digunakan secara alami, aman dan untuk semua kalangan baik ibu hamil atau ibu menyusui. 

1. Sering minum air putih
Walaupun hanya air putih, jika anda rajin meminum air putih maka anda bisa meredakan batuk walau hanya sebentar. Saat batuk seperti tidak bisa ditahan, meminum air putih sangat disarankan sesering mungkin.

2. Konsumsi madu
Madu bisa juga digunakan sebagai Cara Menghilangkan Batuk Berdahak alami dengan cara meminumnya langsung. Atau, anda bisa mencampurnya dengan air hangat supaya lebih mudah diminum.

3. Menggunakan daun saga
Anda pernah dengar daun saga? Daun yang satu ini terbilang efektif dalam menyembuhkan jenis batuk berdahak.
Caranya:
Siapkan daun saga dan cuci bersih. Daun saga akan diolah untuk direbus dan dicampur dengan gula batu sesuai selera. Rebusan daun saga ditunggu sampai air yang digunakan untuk merebus tinggal setengah, saring dan minum selagi hangat.

4. Jeruk nipis
Ketika anda mencari Cara Menghilangkan Batuk Berdahak secara alami, maka akan banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan jeruk nipis. Bahan ini sangat cocok untuk mengatasi batuk berdahak dan akan bekerja membasmi kuman penyebab batuk sekaligus membersihkan tenggorokan atau saluran pernapasan yang berlendir. Tetapi, sangat tidak disarankan menggunakan jeruk nipis atau bahan lainnya yang mengandung sifat asam jika batuk berdahak dipicu oleh asam lambung yang naik.

Caranya, siapkan jeruk nipis yang hampir matang dan peras untuk diambil airnya. Ambil 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dan satu sendok makan madu yang bekerja sebagai penetralisir. Obat alami ini harus diminum sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari terutama jika batuk yang anda alami tampak parah.

5. Kunyit
Cara Menghilangkan Batuk Berdahak yang sudah lama adalah kunyit yang sangat cocok untuk mengobati batuk berdahak yang dikarenakan oleh infeksi dalam tubuh. Kunyit dapat bekerja untuk membasmi biang infeksi.
Caranya, buat jamu kunyit dengan memarut kunyit yang sudah dibersihkan dari kulitnya. Peras dan ambil air kunyit, minum dengan madu.

6. Kencur
Selain kunyit, ada juga kencur yang bisa anda jadikan sebagai pilihan berikutnya. Kencur bisa mengobati batuk berdahak terutama jika keluhan yang anda alami adalah tenggorokan yang sakit serta hidung yang ikut terinfeksi.
Caranya, rebus kencur dan minum air rebusan secara teratur selama sedang batuk berdahak.
Bila ingin juga obat untuk batuk alami silahkan baca Obat Alami Batuk Berdahak Dan Pilek Berkepanjangan Tak Kunjung Sembuh.

7. Jahe
Jahe adalah pilihan tepat untuk Cara Menghilangkan Batuk Berdahak pada ibu hamil dan lainnya, sebab dapat melegakan tenggorokan. Jika batuk berdahak yang muncul disertai dengan tenggorokan yang sakit atau tenggorokan gatal, maka jahe bisa menjadi pilihan obatnya. Jahe bersifat hangat sehingga bisa memicu dahak untuk keluar, meredakan tenggorokan yang gatal dan sakit. Konsumsi jahe secara rutin dengan membuat wedang jahe atau air jahe hangat dengan campuran madu sebagai pengganti gula.

8. Daun sirih
Cobalah menggunakan daun sirih yang merupakan bahan alami untuk menghilangkan batuk. Daun sirih bersifat antifungi dan antioksidan yang berarti dapatmembunuh kuman ketika digunakan untuk mengobati batuk.
Caranya, siapkan beberapa helai daun sirih dan rebus. Minum air rebusan yang sudah hangat saat terkena batuk berdahak.

9. Asam jawa dan gula merah
Selain enak dibuat sebagai bahan tambahan rujak, asam jawa dan gula merah sangat cocok untuk digunakan sebagai Cara Menghilangkan Batuk Berdahak secara cepat.
Caranya, sediakan 10 gram daging buah asam jawa, 1 gelas air panas dan gula merah sesuai selera. Seduh daging asam jawa dengan 1 gelas air panas tadi dan tambahkan gula merah sebagai pengganti gula pasir. Ramuan ini harus diminum selagi hangat dan batuk berdahak akan lebih mudah keluar sehingga tenggorokan serta saluran pernafasan cepat bersih dari virus dan bakteri.

10. Daun kayu putih
Bahan alami selanjutnya yang dapat menghilangkan batuk adalah daun kayu putih. Daun atau tanaman kayu putih ini memang kerap digunakan untuk diambil minyaknya sehingga bekerja sebagai telon yang dapat menghangatkan tubuh. Tetapi, ada banyak manfaat pada daun minyak kayu putih ini yaitu untuk obat batuk berdahak.
Caranya, siapkan 10 sampai 15 gram daun minyak kayu putih dan 3 gelas air. Rebus dua bahan ini sampai air yang tersisa hanya 1 gelas saja. Air rebusan daun kayu putih dibiarkan terlebih dahulu agar tidak terlalu panas. Minum saat masih hangat untuk melegakan tenggorokan.

Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa anda gunakan agar batuk berdahak cepat hilang dan mudah dikeluarkan. Kunci utama agar bisa cepat sembuh adalah bagaimana dahak bisa terus keluar supaya virus dan bakteri juga keluar dari tubuh. Untuk itu, perlu dilakukan beberapa hal selama menggunakan pengobatan di atas. Misalnya, selama batuk berdahak sebaiknya tidak merokok dulu atau jaga jarak dengan perokok aktif. Untuk anda yang mengalami alergi musiman, hindari allergen yang memicu batuk berdahak. Hindari menggunakan kipas angin yang menarik udara dari luar ruangan, tetapi lebih baik menggunakan AC supaya anda tidak harus berhadapan terus dengan Cara Menghilangkan Batuk Berdahak disebutka tadi

Demikian informasi tentang Cara Menghilangkan Batuk Berdahak flu juga yang alami, cepat dan berkhasiat untuk orang dewasa dari www.obatbatukalami.com, semoga membantu!
Previous Post
Next Post