Friday, October 28, 2016

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Bayi Balita Dan Dewasa Secara Alami

Cara Mengatasi Batuk Berdahak – Pada orang dewasa, ketika terkena serangan batuk berdahak mungkin tidak begitu repot, bahkan tidak sedikit para penderitanya yang cenderung mengabaikannya, selama batuk berdahak yang dialami tergolong ringan dan tidak terlalu mengganggu. Berbeda jika yang mengalami batuk berdahak adalah anak bayi atau balita. Bukan masalah rewelnya, sebab beberapa balita tidak menunjukkan sikap rewel, hanya kesulitan untuk tidur dan masih bisa diatasi selama ibu bisa membuat anak merasa nyaman.

Tetapi, ketika batuk berdahak dialami oleh bayi atau balita, maka cenderung rasa tidak tegalah yang mendominasi pikiran. Anda sudah pasti merasa tidak sampai hati ketika saluran pernapasan menjadi sedikit tersendat, anak terdengar tidur seperti mendengkur dan apalagi, ketika mereka ingin mengeluarkan dahak tetapi belum bisa. Dalam kondisi tersebut, kepanikan tidak boleh menguasai diri anda.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Bayi Balita Dan Dewasa Secara Alami


Berikut beberapa informasi penting tentang Cara Mengatasi Batuk Berdahak baik bagi anak balita dan dewasa dengan cara alami.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Bayi dan Balita

Perlu diketahui dulu bahwa dahak atau slam dapat membuat bayi merasa terganggu karena mengganggu pernapasan dan membuat anak kesulitan untuk menelan ASI. Adalah hal yang lumrah jika anak sedikit merengek atau mungkin menangis sejadi-jadinya. Batuk berdahak terjadi karena batuk, pilek atau flu yang disebabkan oleh virus, bakteri dan alergi. Karena bayi tidak bisa mengeluarkan dahak sendiri, yang perlu anda lakukan adalah bagaimana agar dahak bisa encer sehingga mudah dimuntahkan oleh bayi. Ya, bayi akan bereaksi seperti muntah ketika sedang batuk berdahak sebagai cara mereka untuk mengeluarkan lendir, jadi anda tidak perlu panik ketika melihat bayi muntah.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Bayi Balita Dan Dewasa Secara Alami

Berikut Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada anak bayi dan balita.

A. Pertama, fokus agar dahak bisa encer dengan cara ini:

  1. Ajak bayi mandi pagi guna mendapatkan sinar matahari yaitu pukul 7 pagi paling lambat. Jemur bayi selama 10 sampai 15 menit agar tubuh bayi hangat.
  2. Oleskan minyak telon atau balsem yang didesain untuk bayi. Oles di bagian dada supaya anak merasa hangat terutama saat sore sampai malam hari.
  3. Sediakan minyak putih dan baskom berisi air hangat. Letakkan bayi di dekatnya, hati-hati supaya wadah ini tidak mudah dijangkau badan bayi. Tujuannya adalah agar udara bisa terhirup anak untuk meredakan batuk berdahak dan memberikan sensasi nyaman.
  4. Untuk bayi yang sudah 6 bulan ke atas, berikan cairan sebagai terapi sederhana guna mengencerkan dahak atau membersihkan tenggorokan, misalnya air putih hangat, makanan hangat seperti kaldu.

B. Kedua, anda bisa fokus membantu si kecil mengeluarkan dahak dengan melakukan cara berikut:
  1. Tengkurapkan bayi di pangkuan anda. Ambil satu kaki bayi untuk diletakkan lebih tinggi sehingga posisi bayi menjadi miring. Posisi kepala lebih rendah. Ketika sudah dalam posisi tersebut, bantu bayi mengeluarkan dahak sebagai Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada bayi dengan menepuk lembut kaki dan punggung bayi. Cara ini bisa membuat dahak encer turun dan keluar dari tenggorokan.
  2. Bantu bayi agar mendapatkan cairan yang cukup yaitu ASI. Bayi akan mengeluarkan dahak melalui feses, bersin, air ludah dan atau muntah.
  3. Gunakan alat khusus yang dapat mengeluarkan dahak, biasanya alat ini terbuat dari karet. Anda harus menyedot mulut bayi dengan menggunakan ujung penyedot dalam rongga mulut.
  4. Jika sudah bisa mengeluarkan dahak, tidak perlu menggunakan penyedot dahak untuk mulut dan hidung bayi, apalagi setelah bayi menyusu atau makan sebab malah akan membuat bayi jadi muntah. Batasi penyedotan jika bayi muntah dan kesulitan bernapas.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Batuk Berdahak secara alami tanpa obat yang bisa digunakan untuk membelikan pertolongan pada anak bayi balita secara alami. Lihat juga hilangkan batuk bunda dengan Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Dengan Cepat Secara Alami Untuk Orang Dewasa ini

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Orang Dewasa Yang Alami

 

Bagi orang dewasa, biasanya mereka cenderung mencari cara untuk mengatasi batuk berdahak ketika sudah tidak dapat ditolerir lagi sakitnya. Beberapa merasa perut atau tenggorokan terasa sakit akibat terus menerus batuk dan tubuh jadi tertekan. Berikut beberapa cara alami yang bisa dilakukan:
1. Menggunakan daun kemangi
Kemangi bekerja secara optimal untuk meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak mudah sakit. Kemangi juga mengandung beta karoten yang bekerja sebagai antibodi yang dapat memperbaiki kebutuhan sel-sel tubuh yang rusak. Kemangi juga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak dan flu dengan kemangi adalah dengan menyiapkan 1 sampai 2 gelas air putih, 2 dan 3 daun kemangi. Kemudian, dua bahan tersebutdirebus sampai air rebusan tinggal setengah dan minum saat masih hangat.

2. Belimbing wuluh
Sifat asam pada belimbing wuluh sangatlah bermanfaat karena dapat membersihkan tenggorokan dari lendir dan membasmi kuman pada saluran tenggorokan. Tetapi, perlu dicatata bahwa jika batuk berdahak terjadi karena asam lambung yang naik, sebaiknya tidak boleh digunakan. Makanan atau obat yang bersifat asam tidak bagus untuk anda yang memiliki masalah asam lambung.
Caranya, satu genggam bunga belimbing wuluh dibersihkan terlebih dahulu dan campurkan dengan beberapa butir adas manis. Tambahkan gula dan juga 1 cangkir air. Tim semua bahan dan jika sudah hangat minum ramuan tersebut.

3. Kapulaga
Kapulaga adalah jenis tanaman yang alami yang dapat digunakan sebagai Cara Mengatasi Batuk Berdahak untuk orang dewasa. Buah kapulaga yang dibutuhkan adalah sekitar 5 butir dan siapkan juga 1 gelas air matang. Cuci buah kapulaga hingga bersih dan kemudian rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Jika air rebusan tinggal setengah, angkat dan matikan kompor. Biarkan hangat dan minum air rebusannya.

4. Garam, bubuk kunyit dan bubuk kencur
Menggunakan campuran ketiga bahan diatas juga bisa anda coba.
Caranya, siapkan tiga bahan tersebut dan campur dalam segelas susu yang diseduh dengan air hangat. Aduk supaya ketiga bahan menjadi tercampur rata dan minum.
Cara lainnya adalah dengan menyiapkan beberapa rimpang kunyit serta kencur dan rebus hingga air mendidih. Tambahkan sedikit garam ketika air sudah hangat. Rebus terus sampai air berubah warna. Saring ramuan ini dan biarkan hangat, kemudian diminum sebanyak 2 kali sehari, sekali minum harus setengah gelas.

5. Buah belimbing
Dari sekian contoh bahan alami yang bisa anda gunakan sebagai cara untuk mengatasi batuk berdahak, mungkin buah belimbing adalah pilihan yang tepat, terutama kalau yang anda cari adalah yang punya khasiat tinggi, tanpa harus mencampurkan aneka bahan dan cenderung lebih praktis. Buah belimbing bisa digunakan sebagai obat untuk batuk berdahak yang cocok untuk semua kalangan, termasuk anak-anak.
Caranya, siapkan buah belimbing manis sesuai selera. Anda tinggal pilih mau direbus dulu atau dimakan langsung. Atau anda juga bisa mengambil air perasannya atau membuat jus belimbing.

Demikian dari kami www.obatbatukalami.com informasi tentang Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada anak bayi dan juga balita serta orang dewasa dengan bahan alami. Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post