Gejala, Penyebab Batuk Berdahak Putih Dan Berdarah Berkepanjangan Tidak Sembuh Sembuh

Sebenarnya dahak pada batuk berdahak itu terfokus pada lendir mengental yang disekresikan oleh selaput lendir pada saluran pernapasan. Dahak biasanya sering muncul ketka batuk melanda.Sebagian besar orang-orang yang ada di dunia cenderung membingungkan istilah dahak dan lendir.

Lendir merupakan sebuah lapisan pelindung yang normal sekitar selaput lendir pernapasan, pendengaran, visual, dan saluran pencernaan, Pada dasarnya terdiri dari air dan glikoprotein. Dahak merupakan salah satu jenis khusus dari lendir yang dihasilkan pada saluran pernapasan pada saat terjadi adanya penyakit infeksi.

Gejala, Penyebab Batuk Berdahak Putih Dan Berdarah Berkepanjangan Tidak Sembuh Sembuh

Istilah dahak ini berasal dari bahasa Yunani phlegma yang artinya peradangan. Seiring dengan garam dan elektrolit yang hadir dalam lendir, dahak juga mengandung virus, bakteri, komponen darah , kotoran, dan sel-sel inflamasi yang mati yang bisa dihasilkan karena infeksi dan setelah dahak terakumulasi yang tidak pernah diinginkan tubuh lalu dikeluarkan dari saluran pernapasan melalui dahak.

Batuk berdahak juga disebut dengan sputum. Dahak biasanya diproduksi dalam saluran tenggorokan, tabung bronkial, paru-paru, dan juga bagian-bagian yang lainya yang dari saluran pernapasan selain rongga hidung. Dahak bisa menjadi tanda-tanda infeksi seperti masalah sinus kronis, asma, ronkitis, pilek atau flu, pneumonia, dan bahkan kanker paru-paru dalam situasi tertentu.
Beberapa jenis infeksi dapat menghasilkan dahak dengan warna yang berbeda. Warna pada dahak dapat membantu mengidentifikasi sifat infeksi tersebut.

Gejala, Penyebab Batuk Berdahak Putih Dan Berdarah Berkepanjangan Tidak Sembuh Sembuh

Masalah Kesehatan Dengan Batuk Berdahak Putih dan Abu-Abu


Batuk berdahak yang berwarna putih atau abu-abu dapat menunjukkan infeksi saluran pernapasan atas atau kemacetan sinus. Adapun penyebab penting lainnya yaitu :

1. Radang tenggorokan
2. Asma
3.Alergi
4. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)
5. Bronkitis kronis / Virus

Perlu diketahui bahwa jika dengan meminum susu tidak menyebabkan produksi lendir berwarna putih. Tapi produk susu bisa membuat lendir menjadi kental dan juga sulit untuk tubuh ketika mengeluarkannya. Merokok dan Polusi udara bisa menyebabkan produksi dahak berwarna abu-abu. Jika dahak bewarna putih dan berbusa dapat menjadi hasil dari edema atau obstruksi pada saluran pernapasan.


Penyebab Batuk Berdahak Putih

Jika anda salah satu orang yang memiliki darah dalam dahak yang dikenal sebagai hemoptisis. Garis-garis darah di dahak merupakan gejala bronkitis yang jinak. Tapi jika pada batuk ditemukan darah dalam jumlah yang tidak sedikit, itu mungkin adalah tanda penyakit utama seperti kanker paru-paru atau tuberkulosis. Jadi sangat perlu untuk mencari pengobatan medis dengan segera jika jumlah darah semakin banyak. Adapun penyebab lain darah dalam dahak ketika batuk berdahak adalah:

1. Abses paru
2. Emboli paru
3. Eosinofilia tropis
4.Gangguan perdarahan
5.Trauma

Tentunya setiap orang pernah mengalami batuk berdahak. Sebenarnya batuk merupakan salah satu cara tubuhuntuk merespon terhadap zat asing yang masuk ke tubuh dan juga batuk bisa menjadi penanda serangan penyakit-penyakit tertentu dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berat.

Salah satu batuk yang masuk kategori penyakit berat adalah batuk berdahak yang kadang-kadang disertai dengan nanah. Batuk jenis ini biasanya berlangsung lama dan berkepanjangan tidak sembuh-sembuh. Terus, apa ya kira-kira yang menyebabkan seseorang mengalami batuk berdahak disertai dengan darah?

Beberapa Penyebab Batuk Berdahak Dan Berdarah

Batuk berdarah sering dikenal dengan Hemoptae atau Hemoptisis yakni keluarnya bercak darah beserta lendir / dahak serta gelembung udara pada saat seseorang sedang batuk. Jumlah darah biasanya memang berbeda tergantung pada keparahan batuk serta kondisi yang mendasarinya penyakit tersebut.

Beberapa kondisi yang telah mendasari batuk berdahak dan berdarah, seperti:
1. ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas)
2. Infeksi yang biasa disebabkan oleh virus dan bakteri. Infeksi tersebut dapat memicu pada aneka macam penyakit seperti : pneumonia dan TBC , hal ini yang bisa menyebabkan batuk berdahak yang disertai darah.
3. Tumor paru-paru / Kanker
4. Batuk yang parah berkepanjangan yang tak kunjung sembuh. Hal ini bisa mengakibatkan iritasi pada tenggorokkan ada bercak darah ketika batuk
5. Penyakit Bronkhitis. Penyakit ini merupakan penyebab utama batuk berdarah baik kronis maupu akut. Penyakit jenis ini sangat sulit untuk disembuhkan dan gampang menular.
6. Radang paru-paru. Infeksi paru-paru bisa membuat seseorang mengalami batuk berdahak disertai nanah / darah jika infeksi tersebut tergolong sangat parah.
7. Penyakit jantung.

Batuk berdarah juga memiliki beberapa gejala. Gejala tersebut tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Berikut ini merupakan beberapa gejala yang sangat perlu untuk mendapat perhatian dan pemeriksaan dokter dengan sesegera mungkin :

Gejala Batuk Berdarah

1. Nyeri dada
2. Ada darah dalam urin / tinja
3. Berat badan yang menurun
4. Mengalami demam tinggi lebih dari 38,5 C
5. Mengalami sesak nafas pada saat melakukan aktifitas biasa
6. Berkeringat di malam hari
7. Mengalami Batuk berdahak disertai darah lebih dari 7 hari, parah atau semakin parah, atau hilang timbul.
8. Batuk yang menghasilkan banyak darah, Jika suka flu maka baca juga Daftar Nama Obat Flu Paling Ampuh di Apotik Umum Resep Dokter Seperti Hufagrip, Bodrex, Paramex

Ada beberapa gejala dan juga penyebab batuk berdahak putih dan berdarah berkepanjangan tidak sembuh sembuh. Jika terjadi gejala dan juga penyebab seperti Kondisi di atas, maka segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan aman. Untuk penggunaan Obat batuk juga harus lebih diperhatikan lagi, karena hal ini terdapat kondisi khusus dari obat batuk yang tersedia bebas di pasaran. Oleh sebab itu oarng yang mengalami penyakit batuk jenis ini, harus lebih rutin untuk berkonsultasi kepada dokter yang ahli dalam penyakit tersebut.

Nyeri yang dikeluhkan pada saat batuk bisa juga berasal dari beberapa penyebab yang sudah tertera di atas, tetapi rasa nyeri sering disebabkan karena kerasnya dahak yang mengganjal, oleh karena itu usaha ekstra dari peningkatan tekanan batuk itu bisa menyebabkan iritasi dari dinding saluran pernafasan. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada peradangan dari tenggorokan, sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri yang dirasakan pada saat makan atau batuk, bahkan ketika berbicara.

Jika masih sering mengalami batuk berdahak, bahkan batuk tersebut tak kunjung sembuh, sebaiknya berkonsultasilah secara rutin pada dokter yang terpercaya, akurat dan tepat agar masalah penyakit ini bisa segera terselesaikan . Lakukanlah secara rutin dan bertahap agar batuk berdahak yang disertai darah segera sembuh dan tidak menjangkit pada tubuh lagi. Jika badan sudah bebas dari penyakit ini, kemungkinan besar rasa sehat dalam tubuh akan segera datang. Hidup sehat memanglah perlu agar tidak gampang terserang penyakit. Entah itu penyakit ringan ataupun penyakit yang tergolong kelas berat. Sering-sering menjaga pola makan dan tidak melakukan hal-hal yang di larang oleh dokter.

Semoga isi artikel kesehatan kami www.obatbatukalami.com ini bermanfaat bagi yang membaca dan semoga semuanya masih di beri kesehatan yang komplit di hari-harinya. Alangkah baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan sejak dini walau merasa takut agar bisa diatasi dengan cepat, sebelum terlambat dan menyesal.

Author:

Facebook Comment