Obat Batuk Tradisional , Batuk Berdahak , Batuk Kering, untuk Dewasa

Obat batuk tradisional adalah obat batuk menggunkan bahan alami , disebut tradisional karena memang ini turun temurun di terima langsung dari nenek moyang kita baik obatnya teruji oleh lab kesehatan atau pun belum . Obat batuk tradisional semakin diminati masyarakat di jaman modren ini . Apakah kuno ? jawabnya tidak sebab memilih bahan alami sebagai obat adalah jalan baik terhindar dari bahan kimia . Memang ada apa dengan bahan kimiawi tidak masalah jika hanya sesekali namun jika bergantung kepada bahan kimia aka memberi efek negatif pada tubuh kita .

Indonseia salah satu negara yang terkenal dengan rempah-rempah dan salah negara herbal artinya banyak memiliki obat bahan alami salah satunya adalah obat batuk tradisional yang sudah terbukti ampuh .
Oke baiklah mari kita lihat obat batuk tradisional .
Obat Batuk Tradisional
Obat Batuk Tradisional

Obat Batuk Tradisional , Batuk Berdahak , Batuk Kering, untuk Dewasa



1. Jeruk nipis

Selain untuk masakan, jeruk nipis sudah dikenal sejak dulu memiliki banyak khasiat termasuk mengobati batuk. Ramuan jeruk nipis ini bisa dipadukan dengan madu atau kecap. Caranya:

Jeruk nipis dan madu: Siapkan perasan jeruk nipis 1 banding satu dengan madu. 1 sendok jeruk nipis tambah 1 sendok madu. Minum 2-3 kali sehari rutin sampai batuk sembuh.
Jeruk nipis dan kecap: masih sama, yaitu 1 banding 1, 1 sendok perasan jeruk nipis tambah 1 sendok madu. Minum 2-3 kali sehari secara rutin.

2. Teh Jahe

Indonesia memiliki rempah yang melimpah termasuk jahe. Memadukan teh dengan jahe ternyata bisa bermanfaat untuk mengobati batuk. Caranya: siapkan 2-3 irisan jahe yang telah dibersikan, kemudian campurkan pada segelas teh hangat. Minum sebanyak 2-3 kali sehari secara teratur hingga batuk reda.

3. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh yang dikenal dengan rasanya yang cukup asam ternyata bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk. Caranya: siapkan 10 buah blimbing wuluh, bersihkan lalu parut hingga halus. Masukan dalam gelas kemudian tambahkan air dan sedikit garam. Setelah itu saring campuran tadi dan buang ampasnya. Minum hasil saringan tadi sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore.

Obat Batuk Kering


Bagi penderita batuk kering bisa memanfaatkan beberapa tanaman dan rempah dibawah ini:

1. Jahe Merah

Rempah yang satu ini ampuh mengatasi batuk kering. Caranya: Siapkan jahe merah sebanyak sepotong ibu jari. Kemudian kunyah hingga halus telan airnya dan buang ampasnya.

2. Kunyit dan Merica

Kunyit juga bisa dijadikan obat tradisional batuk kering sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang kaya akan kandungan antibiotik. Kandungan tersebut mambu mengatasi peradangan saluran pernafaasan yang mengakibatkan batuk kering. Caranya: siapkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok makan dan merica setengah sendok teh. Masukan campuran tersebut pada air mendidih kemudian aduk hingga rata. Minum ramuan tadi selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

Demikian beberapa tanaman obat yang bermanfaat sebagai obat batuk alami tradisional warisan nenek moyang kita. Masih banyak lagi jenis-jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk yang mungkin akan dibahas pada kesempatan lain. Semoga artikel ini bermanfaat mengatasi batuk yang anda derita. Apabila batuk yang diderita tak kunjung sembuh, ada baiknya segera memeriksakan ke dokter spesialis agar bisa di identifikasi penyebab batuk tersebut. Demikian, wassalam.

Obat Batuk Berdahak


Bagi penderita batuk yang disertai dahak bisa memanfaatkan tanaman obat dibawah ini:

1. Jahe dan Kencur

obat batuk berdahak tradisional yang pertama adalah jahe , lang suaja ke cara membuatany , Siapkan Jahe secukupnya dan juga sedikit kencur. Parut jahe hingga halus kemudian campur dengan kencur. Setelah itu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Minum hasil rebusan tadi selagi hangat. lakukan hal tersebut sehari 2 kali.

1. Jahe dan Daun Sirih

Caranya: rebus 7 lembar daun sirih dengan sedikit potongan jahe dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisah 1 gelas saja. Minum rebusan tadi minimal 1 kali sehari.

Demikianlah Resep obat batuk tradisional yang dapat kami informasikan , selamat mencoba namun jika batuk anda makin parah silahkan hubungi tim medis .

Author:

Facebook Comment