Friday, November 21, 2014

Resep Obat Batuk Pilek Untuk Bayi dengan Cara Tepat Atasi Batuk Pilek pada Bayi

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi  . Sistem kekebalan tubuh bayi belum matang, membuat si kecil lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu, lebih dari 200 virus yang berbeda menyebabkan pilek dan anak Anda mengembangkan kekebalan terhadap mereka satu per satu. Orang dewasa sudah megalami pilek dengan berbagai virus yang berbeda. Bayi Anda harus juga harus mendapatkan semua dari virus itu sehingga menjadi kebal terhadap semua virus dingin.
Obat Batuk Pilek Untuk Bayi

Saat bayi Anda tumbuh, dia mungkin akan menjelajahi banyak dan menyentuh (dan menjilati!) Segala sesuatu, sehingga mudah baginya terkena virus dingin di tangannya. Kemudian bayi juga meletakkan jari di mulut atau hidung atau menggosok matanya, dan virus akan mendapatkan kesempatan untuk masuk kedalam tubuh si kecil.

Bayi Anda mungkin sakit lebih sering selama musim gugur dan musim dingin karena udara. Bayi juga menghabiskan lebih banyak waktu selama cuaca dingin terkurung di dalam ruangan, di mana virus dapat menyebar lebih mudah dari satu orang ke orang lain.

Kebanyakan bayi akan mengalami enam sampai sepuluh kali pilek setiap tahun. Dalam keluarga dengan anak-anak di tempat penitipan anak atau sekolah, maka bisa sakit pilek mencapai 12 kali dalam setahun! (orang dewasa rata-rata hanya 2-4 kali per tahun.)

Cara mengetahui anak kedinginan dan flu atau penyakit lainnya atau bahkan alergi?

Hal ini bisa sangat rumit. Jika bayi Anda menderita pilek, dia mungkin akan mengeluarkan lendir yang dapat menebal dan berubah abu-abu atau kuning atau hijau selama seminggu atau lebih. Si kecil juga mungkin menderita batuk atau demam ringan.

Jika bayi Anda demam, mengawasinya ketika demamnya turun. Jika dia bermain dan makan secara normal (atau hampir normal – dia mungkin sedikit makan) maka mungkin dingin. Jika si bayi tiba-tiba sakit bahkan ketika suhu tubuhnya turun, meskipun dia mungkin memiliki sesuatu yang lebih serius daripada flu Anda seharusnya lebih perhtian dan serius merawatnya.

Juga, penyakit flu atau lainnya lebih cenderung secara mendadak, dan lebih mungkin disertai diare atau muntah. Di sisi lain batuk muncul sebelum demam apapun, itu lebih mungkin bahwa anak Anda pilek.

Gatal, mata berair dan hidung berair adalah salah satu gejala dari alergi, sering berulang serangan bersin dan kulit gatal yang berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Juga, lendir yang keluar dari hidung bayi Anda akan terus mengalir, daripada penebalan dan berubah kuning atau hijau karena cenderung pada anak yang pilek. Alergi tidak akan menyebabkan anak Anda demam.

Bagai mana cara mengatasi bayi batuk pilek?


Obat akan membuat virus lebih cepat kabur, tetapi Anda dapat membantu bayi Anda merasa lebih baik dan mencegah infeksi dan semakin buruk dengan memastikan ia mendapatkan banyak istirahat dan cairan. Untuk bayi di bawah 4 bulan yang berarti ASI atau susu formula. Pada usia 4 bulan bayi Anda juga dapat memiliki sedikit air, dan pada 6 bulan dia bisa mulai minum jus.

Karena kebanyakan anak tidak dapat menghindari pilek dan flu sampai umur 4 tahun, berikut adalah beberapa cara untuk membantu mengurangi sakit pada bayi Anda saat flu.

Gunakan garam dan hisap. Gunakan air garam, tetes ke dalam hidungnya untuk melonggarkan lendir. Kemudian hisap keluar cairan dan lendir beberapa menit kemudian dengan semprotan karet atau aspirator hidung. Jika bayi Anda mengalami masalah menyusui dengan hidung tersumbat, cobalah cara ini sekitar 15 menit sebelum menyusui. Kemudian bayi Anda akan dapat bernapas dan mengisap pada waktu yang sama.

Pakailah petroleum jelly di luar dari hidung bayi Anda untuk mengurangi iritasi. (Jangan menggunakan semprotan hidung pada bayi Anda kecuali dokter mengatakan tidak apa-apa Mereka dapat berfungsi untuk sementara, tetapi dapat menyebabkan efek samping, membuat kemacetan parah jika terus menggunakannya).

Melembabkan udara. Gunakan humidifier atau vaporizer dingin untuk melembabkan udara di kamar bayi Anda. Atau membawa bayi Anda ke kamar mandi dengan Anda, nyalakan air panas/hangat, menutup pintu, dan duduk di ruang beruap selama sekitar 15 menit. Mandi hangat juga dapat mempunyai manfaat yang sama.

Bayi Anda mungkin tidur lebih baik di kursi mobil dalam posisi agak tegak, dan ini mungkin baik untuk beberapa jam di siang hari. Namun para ahli pada umumnya tidak menyarankan membiarkan bayi tidur di kursi mobil, kursi goyang, atau ayunan karena produk ini belum diteliti untuk tujuan itu. Mereka mungkin memiliki padding atau sisipan yang menimbulkan risiko mati lemas, dan bayi bisa bergerak cukup untuk flip atas kursi mobil ketika itu tidak dipasang di mobil.

Jangan gunakan bantal atau positioner tidur untuk menopang bayi Anda karena dapat menyebabkan bayi Anda tercekik. Dan jangan memasukkan apa pun di bawah kaki tempat tidur karena yang bisa membuatnya tidak stabil.

Apa yang harus diberikan pada bayi sebagai obat flu?

Kebanyakan ahli mengatakan tidak. The American Academy of Pediatrics menyarankan dokter untuk memberitahu pasien mereka bahwa batuk OTC dan obat flu tidak efektif pada bayi kurang dari 6 bulan dan kadang-kadang dapat memiliki efek samping yang berbahaya. Anda mungkin ingin tanya dokter anak Anda apakah menyarankan yang berbeda?

Perlu diingat bahwa batuk dan dingin, obat tidak akan memperpendek menderita dingin anak Anda atau mencegah komplikasi lebih lanjut seperti infeksi telinga atau infeksi sinus.

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi

Jika bayi Anda demam, tanyakan kepada dokter Anda tentang memberi acetaminophen atau ibuprofen bayinya.

Jangan pernah memberikan aspirin bayi karena membuatnya lebih rentan terhadap sindrom Reye, sebuah penyakit langka tapi berpotensi fatal.

Sering muncul salah kaprah bahwa kalau si kecil sakit, harus selalu diberi obat. Hal ini harus difahami dengan baik karena sebenarnya obat batuk pilek yang banyak beredar dipasaran tidak menghilangkan sumber penyakit. Obat-obat batuk pilek untu bayi tersebut hanya meredakan tanda-tanda (simptom) dari penyakit bukan menghapus si virus penyebab penyakit.

Berikut  Cara Tepat Atasi Batuk Pilek pada Bayi :


1. Berikan cairan yang banyak. Jika sikecil masih minum ASI, pastikan dia minum ASI yang banyak, didalam air susu ibu terdapat komponen yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh si kecil. Berikan air putih yang banyak, hindari pemberian jus buah atau minuman bersoda karena dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokanya yang sedang sakit.

2. Hangatkan tubuh si kecil menggunakan minyak telon atau kayuputih. Untuk menambah kenyamanan bernafas, tidurkan si kecil dengan bantal kepala yang lebih tinggi. Untuk mengurangi kekentalan lendir pada hidung, bunda dapat meneteskan larutan saline (garam steril) yang dapat diperoleh di apotek terdekat.

3. Berikan madu pada balita diatas satu tahun. Bayi dibawah satu tahun tidak direkomendasikan untuk diberikan madu. Madu memang bagus untuk perkembangan tubuh tapi biasanya penanganan madu pada tahap produsi madu tersebut tidak dijamin steril, sehingga berisiko diberikan kepada bayi dibawah satu tahun. Tim atau kukus terlebihdahulu madu selama 15-20 menit sebelum diberikan, jika Bunda tetap ingin memberikan madu pada bayi yang berusia dibawah satu tahun.

4. Untuk balita diatas 2 tahun, bunda dapat meringankan flu mereka dengan memberikan sup kaldu hangat, atau teh jahe dengan madu. Beberapa terapis herbal merekomendasikan campuran antara jeruk nipis dan madu untuk meringankan batuk sikecil. Campurkan air jeruk dan madu dengan perbandingan 1:1 berikan 1 sendok teh, 3 kali sehari setelah makan.

Itulah seputar obat batuk pilek untuk bayi semog saja dapat membantu bunda .
Previous Post
Next Post