Obat Batuk Pilek Anak Bayi Umur 1 Tahun

Obat Batuk Pilek Anak . Disini kita akan membahasa cara mengatasi dan mengobati batuk pilek pada anak namun sebelum kepada pembahasan pokok kita ketahui dulu apa batu dan pilek itu sendiri apa penyebab batuk , dan apa gejala batu pilek , serta tips dan trapi .

Obat Batuk Pilek Anak Bayi Umur 1 Tahun

Apa itu Batuk Anak ?
Sebenarnya, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh dimana refleks batuk dapat membantu mengeluarkan dengan cepat suatu benda yang ada di dalam saluran nafas. Tersedak, infeksi atau lendir yang berlebihan akan dilkeluarkan oleh tubuh melalui mekanisme batuk. Penyebab batuk pada bayi dan anak biasanya adalah virus parainfluenza, respiratory syncytial virus (RSV) dan virus influenza. Batuk juga dapat muncul karena peningkatan produksi dahak yang dipicu oleh infeksi virus atau alergi.
Lamanya batuk tergantung dari masing-masing penyebab. Batuk yang disebabkan oleh inveksi virus bisa berlangsung hingga 2 minggu. Bisa menjadi lebih lama jika anak sensitif atau alergi.
obat batuk pilek anak 1 tahun

Apa itu Pilek !
Gejala pilek biasanya ditandai dengan tersumbatnya saluran pernafasan (hidung tersumbat), temperatur tubuh naik atau demam ringan, bersin-bersin, ingus yang cair keluar dari hidung, sakit tenggorokan sehingga sulit menelan, suara serak dan batuk-batuk.

Pilek sebenarnya bukan merupakan penyakit berat, namun terkadang sangat mengganggu.
Batuk dan pilek adalah penyakit yang umum dialami oleh bayi dan anak-anak. Umumnya anak bisa mengalami 6 hingga 12 kali dalam satu tahun, atau dengan kata lain, hampir tiap 1 – 2 bulan sekali bayi dan anak bisa terserang batuk pilek.

Penyebab  Pilek Anak Bayi Umur 1 Tahun

lalu setelah kita tahu defenisi batuk dan pilek yang sering menyerang bersamaan pasti penasaran apa saja paktor penyebab batuk pilek ini pada seseorang ?  :
1. Tertular anggota keluarga dekat. Orang tua, pengasuh atau anggota keluarga lain yang serumah harus membiasakan diri segera menggunakan masker begitu flu menyerang supaya tidak menular pada anak.

2. Tertular teman di day care, sekolah, tempat bermain. Public area tempat anak banyak beraktivitas sangat memungkinkan anak mudah tertular batuk pilek dari teman-teman sepermainannya.

3. Penggunaan penyejuk udara (AC) di malam hari dapat menimbulkan reaksi alergi yang membuat hidung anak tersumbat, menjadi sulit bernafas sehingga anak kemudian bernafas lewat mulut.

4. Penggunaan kipas angin di kamar yang lalu meniupkan debu ke seluruh penjuru kamar.

5. Lingkungan yang kurang sehat, polusi tinggi, ada perokok aktif dalam rumah, dll.

6. Konsumsi makanan yang kurang sehat, misalnya jajan sembarangan, makanan ringan yang membuat tenggorokan gatal, dll.

Gejala Pilek Anak Bayi Umur 1 Tahun


Pada si kecil , pilek kadang kala datang tiba-tiba tanpa sebab di atas , bunda mungkin akan menemukan anak anda terbangun di pagi hari dengan kondisi berikut sebagi gejala batuk dan pilek :
1. Hidung berlendir dan mengeluarkan air
2. Bersin-bersin
3. Lelah atau tampak kepayahan
4. Demam (kadang-kadang)
5. Sakit tenggorokan
6. Batuk
Pada tahap awal terserang pilek, anak anda mungkin akan mengeluh sakit kepala dan hidung mampat (tersumbat). Kemudian setelah beberapa waktu, sekresi lendir dari sinus akan meningkat dan berubah menjadi lebih gelap dan lebih tebal (kental). Anak anda kemungkinan akan mengalami batuk ringan, yang akan berlangsung selama beberapa hari.

Sakit atau radang tenggorokan dan batuk adalah gejala yang paling umum pada anak-anak yang terkena pilek. Virus pilek dapat mempengaruhi bagian sinus, tenggorokan, bronchial dan telinga anak-anak. Selain itu, terkadang anak yang pilek juga dapat menunjukkan gejala berupa diare dan muntah.

Tips Menangani Anak Batuk-Pilek

ASI hingga usia 2 tahun. Antibodi yang terdapat dalam ASI mampu melawan infeksi virus yang menyebabkan batuk pilek. 

1. Makanan bergizi seimbang dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin seperti apel, jeruk, kiwi, buah naga, dll. 

2. Istirahat yang cukup. Bantu anak untuk lebih banyak beristirahat selama sakit. Kurangi porsi bermain dan pilih permainan yang tidak terlalu menguras energi. Jika perlu, anak tidak usah bersekolah dulu.

3. Jemur pagi. Sinar matahari pagi ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil karena selama terpapar sinar matahari pagi, tubuh mengeluarkan lebih banyak sel darah putih. - See

4. Berikan minum lebih banyak untuk mengencerkan lendir di tenggorokannya.
Banyak istirahat .

5. Berikan obat yang sesuai gejala yang ada. Hindari obat yang berkhasiat menyembuhkan banyak gejala (batuk, pilek, hidung tersumbat, demam) dalam kemasan, kecuali semua gejala itu memang ada pada si kecil.

6. Berikan obat batuk yang bersifat mengencerkan dahak. Hindari obat batuk yang bersifat menekan batuk karena akan menghambat lendir yang akan keluar.

7. Jangan beri obat batuk bebas untuk anak dibawah usia 2 tahun.
Segera hubungi dokter jika dalam waktu 2 hari setelah mengkonsumsi obat bebas tidak tampak perbaikan.

Cara mengobati anak denganTerapi non-farmakologis

Terapi dilakukan untuk meredakan batuk dan gejala flu pada anak-anak yang tidak menggunakan intervensi obat-obatan kimia . Terapi non-farmakologis harus dicari sebanyak mungkin sebelum memutuskan untuk menggunakan terapi terapi / obat farmakologis.
Banyak hal yang dapat dilakukan orang tua di rumah (perawatan di rumah) untuk membantu mengurangi gejala batuk dan pilek yang mempengaruhi anak-anak. Diantaranya:

Obat Batuk Pilek Anak Bayi Umur 1 Tahun dengan trapi obat kumur
Untuk anak-anak, berkumur dengan air garam dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

Obat Batuk Pilek Anak Bayi Umur 1 Tahun dengan trapi penyesuaian bantal
Pada bayi, gunakan bantal yang lebih tinggi saat tidur untuk membantu meringankan hidung tersumbat
pengeringan pagi
Selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sinar matahari akan menghangatkan saluran pernapasan sehingga anak Anda dapat membantu mengencerkan lendir.

Obat Batuk Pilek Anak dengan trapi banyak minum
Meningkatkan asupan cairan pada anak-anak dengan memberinya minum lebih: ASIP, air, jus buah. Dengan cara ini, anak menghindari dehidrasi, mencegah tenggorokan kering dan dahak lebih encer dilkeluarkan begitu mudah.

Obat Batuk Pilek  trapi  air hangat
Selain menjaga kebersihan tubuh anak meskipun sakit, mandi dengan air hangat dapat meningkatkan kelembaban dan meredakan batuk.

Obat Batuk Pilek Anak  trapi terapi uap
Dapat membantu melembabkan udara sehingga membantu mengurangi kemacetan dan menipis lendir, lendir sehingga mudah dikeluarkan. Caranya: menempatkan baskom air panas di sudut ruangan. Tetesi dengan minyak kayu putih atau minyak lainnya. Biarkan uap memenuhi ruangan dan terhirup oleh anak. Haruskah AC dimatikan atau jika perlu, suhu uap diatur sedemikian rupa sehingga masih terasa dan efektif.

Obat Batuk Pilek Anak Bayi  Oles Balsam / Minyak
Hangatkan dada bayi Anda dengan menerapkan balsem atau minyak sesuai. Hal ini dapat membantu mengencerkan lendir dan meringankan saluran napas. Pilih produk yang sesuai usia, sehingga anak-anak nyaman dan tidak begitu panas. Contoh balm yang dapat digunakan, antara lain, Vick Vaprub (disesuaikan dengan usia karena efeknya cukup panas), Transpulmin BB, dll Sementara minyak yang dapat digunakan antara lain: telon, minyak kayu putih, dll

Trapi / Obat batuk pilek untuk bayi denagn cara mengeluarkan lendir berair
Bayi tidak bisa diminta untuk meniup hidung ingus jadi keluar. Fakta ini dapat membantu bayi bernapas sedikit lebih mudah. Oleh karena itu bayi menghapus pilek dengan tisu atau sapu tangan. Tap-tap dengan hidung yang lembut (tidak terlalu keras ya). Tekanan lembut ini dapat membantu menghilangkan lendir. Untuk membersihkan lendir kering di sekitar lubang hidung, gunakan cotton bud basah dan lap lembut. Jangan memasukkan cotton bud terlalu dalam

Obat Batuk Pilek Anak Bayi Umur 1 Tahun

Jika kita ingin memberikan obat khusus untuk  Obat Batuk Pilek Anak Bayi Umur 1 Tahun ke atas maka bisa dengan pemberian obat alami untuk anak batuk di bawah ini :

1 Memberikan madu
Madu merupakan salah satu bahan yang efektif untuk membantu meredakan pilek pada anak anda. Anda dapat memberikan madu untuk anak anda pada usia minima 1 tahun karena dikhawatirkan pada usia di bawah 1 tahun, anak anda masih rentan terhadap spora botulinum yang sering ditemukan pada madu. Anda dapat memberikan madu sebanyak ½ sendok teh sebelum tidur, kira-kira 30 mrnit sebelum tidur.
itulah uraian yang pertama  mengenai Obat Batuk Pilek Anak anak 1 tahun.dan lihat selanjutnya

2 Berikan kuah sup ayam
Sup ayam bukan hanya afektif dalam mengatasi hidung tersumbat tetapi juga memiliki efek anti inflamasi yang dapat menenangkan tenggorokan sehingga sangat efektif untuk anak anda yang mungkin mengalami pilek disertai batuk. Kuah sup ayam bukan hanya efektif untuk orang dewasa saja, tetapi juga untuk anak anda yang masih berusia 1 tahun. Anda dapat memberikan anak anda kuah sup ayam sebanyak ½ sendok teh dalam keadaan hangat-hangat kuku dan pilih ukuran sendok yang sesuai dengan ukuran mulut bayi anda.

3 Menjaga bayi agar tidak terjadi dehidrasi
Meskipun anak anda sedang mengalami pilek, anda justru harus memberikan ASI untuk anak anda. Selain untuk menghindari terjadinya tenggorokan kering dan dehidrasi, ASI juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak anda sehingga mampu melawan virus penyebab pilek.

Demikianlah artikel tentang Obat Batuk Pilek Anak Bayi Umur 1 Tahun  yang kami publikasikan lewat obat batuk anak semoga artikel yang lengkap ini bisa membantu bunda dalam mengatasi dan mengobati si kecil yang sedang mengalami batuk dan pilek ,

Author:

Facebook Comment