Obat Batuk Anak Tradisional untuk bayi dan anak 1-5 tahun

Obat Batuk Anak Tradisional . Disini kita akan membahas panjang lebar masalah obat batuk anak kali ini
Sebelum beranjak kepada yang dimaksud yaitu resep obat batuk anak secara alami maka meri kita lihat dulu . Apa sih batuk pilek batuk pilek itu ?Macam-macam serta apa saja penyebab anak batuk dan pilek ?

Obat Batuk Anak Tradisional

 Obat Batuk Anak Tradisional

Pada dasarnya batuk anak adalah hal yang biasa aja dan gak butuh antibiotic. yang perlu diwaspadai adalah adanya komplikasi dalam batuk itu. berikut ini ada sedikit info moga bisa nambah referensi kita.

Batuk adalah salah satu keluhan yang biasa diungkapkan pasien kepada dokter. Batuk sebenarnya adalah suatu cara yang penting bagi tubuh kita untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan kita. Tetapi batuk yang berlebihan dapat berarti bahwa kita mempunyai suatu gangguan atau penyakit.

Batuk ada yang kering, ada pula yang produktif. Batuk produktif adalah batuk yang berdahak. Dahak disebut juga sputum atau reak.

Macam-macam Batuk dapat akut atau kronik.
Batuk akut biasanya timbul mendadak. Biasakali disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus (sinusitis). Batuk akut biasanya hilang setelah 2 sampai 3 minggu.
Batuk kronik biasanya berlangsung lebih dari 2 sampai 3 minggu.

Penyebab Umum
  1. Disamping infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti influenza, penyebab batuk yang paling biasa adalah:
  2. Alergi dan asthma
  3. Infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronkitis akut.
  4. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronik, ephysema
  5. Sinusitis yang menyebabkan postnasal drip.
  6. Penyakit paru seperti bronkiektasis, tumor paru.
  7. Gastroesophageal reflux disease (GERD) ini artinya cairan lambung balik ke tenggorokan, orangnya suka bertahak asam atau pahit.
  8. Merokok
  9. Terpapar asap rokok (perokok pasif)
  10. Terpapar polutan udara
  11. Obat darah tinggi golongan ACE Inhibi
  12. Mempunyai bayi memang sangat menyenangkan,kita bisa terhibur saat melihatnya tertawa, atau tingkah lucu lainnya.
jika batuk/pilek menyerang bayi/anak kita, jangan panik. beberapa orang tua terkadang sangat panik kalau anakknya kena batuk/pilek.alternatif pertama biasanya mereka akan membawa anaknya ke dokter. padahal di dokter biasanya anak kita hanya diberi obat penurun panas, dan obat batuk /pilek yang terbuat dari bahan kimia.
kasihan ya anak kita, sedari kecil harus sudah menelan berbagai Resep kimia dari obat-obatan yang kita berikan.
padahal banyak sekali alternatif obat tradisional warisan leluhur . yang relatif lebih aman dan bisa dikatakan tidak ada efek sampingnya.
untuk mengobati batuk :

Obat Batuk Anak Tradisional untuk bayi

 1. Ramuan Obat Batuk pertama
Resep  : Madu + jeruk nipis (1:1)
cara membuat :
peras jeruk nipis, saring dan campurkan dengan madu.
lalu bungkus dengan plastik dan kukus sebentar .
setelah itu, biarkan agak dingin, dan minumkan ke bayi kita setiap pagi dan sore hari (2x sehari).
rasanya, mmm segar , manis+kecut2 sedikit 

2. Ramuan Obat batuk 2
Resep  :
- 3 jari kencur
- garam sedikit
- 3/4 cangkir air matang
Cara Pembuatan :
Kencur dikupas,dicuci bersih,kemudian diparut.Parutnya dialasi daun pisang atau plastik supaya kencur tidak menempel diparutan dan mudah diambil. Setelah itu,ditambahkan air matang dan garam,lalu disaring memakai kain bersih atau saringan teh.
Dosis pemakaian :
- Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
- Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
- Anak usia 3-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm

3. Obat Batuk Anak Tradisional untuk bayi ke 3
Resep :
- 1 1/2 sdm air jeruk nipis
- 4 sdm madu murni
- 5 sdm air masak yang
dingin
Cara pembuatan:
Semua Resep dicampur jadi satu dan diaduk
secara merata,kemudian dikukus.
Dosis Pemakaian:
- Bayi usia 1-6 bln : Sehari 4 x 1/2 sdt
- Bayi usia 7-11 bln : Sehari 4 x 1 sdt
- Anak usia 1-2 th : Sehari 4 x 1 sdm
- Anak usia 2-5 th : Sehari 4 x 1 1/2 sdm


Obat Batuk Anak Tradisional untuk anak usia 1-5 tahun

Berikut ini adalah beberapa obat batuk anak setelah usia bayi yitu 1 sampai lima tahun .

1. Jeruk Nipis dan Madu
Madu merupakan Resep obat berkhasiat dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Sementara jeruk nipis bersifat mengatasi radang dan infeksi.

Jika anak Bunda terserang batuk, siapkan 1,5 sendok makan air perasan jeruk nipis, 4 sendok makan madu murni dan 5 sendok makan air matang. Campurkan semua bahan dalam mangkuk kecil lalu aduk hingga rata. Setelah itu minumkan kepada anak. Berikan minimal 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan. Tidak disarankan untuk anak usia dibawah 1 tahun.

2. Bunga Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh merupakan sayuran yang rasanya sangat asam. bentuknya mirip seperti ketimun tapi berukuran kecil dan kulitnya tidak sekeras ketimun. Tanyakan di penjual obat tradisional di pasar pasti tahu. Nah, bunga dari belimbing wuluh ini akan kita gunakan untuk mengobati batuk anak.

Bahan yang diperlukan adalah 1 genggam bunga belimbing wuluh, 1 siung bawang merah, sedikit buah pala, 1 sendok makan gula batu, 1/2 gelas air matang. Potong bawang merah menjadi 4 bagian dan hancurkan buah pala menjadi bagian kecil-kecil lalu masukkan semua bahan dalam mangkok dan ditim selama satu jam. Saring airnya lalu minumkan pada anak. Dosisnya 3-4 kali sehari satu sendok makan setiap kali minum. Tidak disarankan untuk anak usia dibawah 1 tahun.

Bawang merah dan minyak telon Bayi biasanya masih memiliki organ tubuh yang sangat sensitif dan masih belum matang. oleh karena itu bayi harus dirawat dengan menggunakan bahan-bahan yang aman. Untuk menghangatkan badan si kecil, ibu dapat memanfaatkan bawang merah yang di parut dan dicampurkan dengan minyak telon. Balurkan resep tradisional batuk pilek untuk bayi tersebut ke badan anak, seperti ubun-ubun, telapak tangan, telapak kaki, perut maupun punggung. Hal tersebut akan memberikan rasa hangat pada bayi dan kehangatannya mampu bertahan lebih lama.

Jemur bayi saat pagi hari : Menjemur disini tidak dapat di salah artikan sebagaimana menjemur baju. Ajak anak keluar rumah, paling pas dilakukan pagi hari, dan jangan terlalu lama, cukup 5 sampai 10 menit saja, dan pastikan cahaya matahari tidak terlalu panas.

3. Obat Batuk Anak Tradisional dengan Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masak, kunyit juga bisa kita gunakan untuk mengobati batuk anak. Caranya mudah, potong kunyit yang sudah dicuci bersih, kemudian oleskan pada puting payudara ibu dan biarkan si anak menyusu seperti biasa. Atau bagi bayi yang menggunakan dot, campurkan bubuk kunyit pada air susu lalu biarkan dia meminumnya.

Baca juga artikel mengenai manfaat kunyit untuk kecantikan serta kandungan alaminya.

4. Menggunakan Kencur

Selain kunyit masih ada bumbu dapur lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat batuk tradisional untuk anak, namanya adalah kencur. Kencur ini berkhasiat meringankan batuk pada anak.

Caranya, ambil 5 gram kencur, bersihkan dan kemudian diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang, peras airnya kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu murni. Berikan pada anak sebanyak 2-3 kali sehari. Tidak disarankan untuk anak dibawah usia satu tahun.

5. Obat Batuk Anak Tradisional dgn Minyak Telon

Untuk anak usia dibawah 6 bulan paling tepat jika menggunakan minyak telon untuk mengurangi batuk. Minyak yang digunakan bisa minyak kayu putih, minyak peppermint, maupun rosemary. Oleskan minyak tersebut pada leher dan dada bayi bunda. Ingat jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan panas.

Yang perlu bunda cata adalah , batuk adalah reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Dan itu merupakan hal yang sangat biasa. Begitu juga dengan demam, meningkatnya suhu tubuh anak merupakan reaksi tubuh untuk membunuh bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh dengan panas. Jangan sampai rasa khawatir Bunda pada anak justru akan merugikan si anak. Jadilah orang tua yang pintar.
Itulah sekedar  obat tradisional batuk pada anak yang bisa kamu praktekkan . Selamat mencoba .

Author:

Facebook Comment