Apa Saja Ramuan Obat Batuk Alami Untuk Anak Kecil yang Alami dan Bagus

Obat Batuk Alami Untuk Anak kecil .Masalah batuk pilek sangat sering dialami oleh anak, bahkan terkadang menjadi penyakit langganan anak jika musim kemarau datang atau saat pergantian musim. Sebelum ke dokter dan mengkonsumsi obat-obatan kimia alangkah baiknya kita lakukan penanganan secara tradisonal di rumah. Penanganan batuk pilek pada anak secara tradisional akan lebih aman dan menghindarkan anak dari konsumsi obat secara berlebihan.
Obat Batuk Alami Untuk Anak

Obat Batuk Alami Untuk Anak

1. Obat Batuk Alami untuk anak menggunakan Uap
Sebagaiman kita ketahui uap dari susu panas air bisa membantu melancarkan hidung yang menyumbat. Caranya, nyalakan air panas di kamar mandi hingga menghasilkan uap. Lalu tutup pintu dan duduklah bersama anak Anda dalam ruang tersebut selama kurang lebih 15 menit. Lakukan terapi ini dua kali sehari.

2. Obat Batuk Alami ala lemon dan madu
Saat mengalami batuk dan pilek biasanya anak akan kesulitan bernapas akibat hidung tersumbat. Untuk mengatasinya Anda bisa memberikan campuran madu dan lemon guna melegakan tenggorokan dan mengatasi infeksi. Caranya, campurkan satu sendok teh madu dan lemon dalam air hangat.

3.Obat Batuk tradisional menggunkan Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah yang baik untuk meredakan batuk. Caranya, campurkan satu jumput bubuk kunyit pada susu yang biasa dikonsumsi si kecil sebanyak dua kali sehari.

4. Minyak pijat
Pemijatan lembut pada dada bayi menggunakan campuran minyak zaitu dan minyak essential akan membuat bayi lebih mudah bernafas. Anda dapat menggunakan minyak essential yang sehat seperti kayu putih, rosemary, dan minyak peppermint.

5. Sering menberikan air putih hangat pada anak. Ini bisa membantu dalam pengeluaran dahak saat batuk dengan lebih cepat.

6. Memberikan jus jeruk dicampur dengan sedikit madu sebanyak dua kali sehari, yaitu di waktu pagi saat perut masih kosong dan waktu malam sebelum anak tidur. 

7. Bisa dengan menghirup uap air panas yang sudah dicampur dengan beberapa ramuan herbal di waktu pagi dan sore hari selama kurang lebih 10-15 menit atau semampu si anak. Ramuan herbal ini bisa dibuat dengan cara mendidihkan 1 liter air, kemudian dicampur dengan potongan jahe sebesar ibu jari, sejemput cengkeh, satu sendok makan garam dan sedikit mint bila ada. Uap air dari ramuan herbal ini yang akan dimanfaatkan sebagai obat inhalasi yang berguna untuk melonggarkan saluran pernafasan serta mengeluarkan dahak saat batuk dan pilek menyerang.

8. Dapat mengompres dengan air hangat di sekitar muka, kening, hidung dan dada selama kurang lebih 30 menit – 1 jam.

9. Kemudian bisa dipijat pada bagian muka anak, terutama di sekitar kening dan mata dengan baby oil. Dan jangan lupa untuk memijat anak pada bagian punggung belakang dan di sekitar dada dengan minyak hangat.

10. Berikan kepada si anak yang mengalami batuk dan pilek dengan obat batuk yang berasal dari ramuan tradisional. Ramuan ini bisa dibuat sendiri dengan cara mendidihkan empat gelas air, kemudian dicampurkan dengan satu iris jahe, laos dan kayu manis sebesar ibu jari, dua batang serai, semua bahan tadi diiris kecil-kecil, selanjutnya ditambahkan dengan enam lembar daun sirih yang telah dipotong-potong dan sejumput cengkih. Biarkan sisa air dari ramuan tradisional tadi hingga sekitar dua gelas, kemudian berikan pada si anak yang batuk untuk diminum di pagi dan sore hari sebanyak masing-masing 1 gelas yang ditambahkan dengan 2 sendok makan madu.

Demikianlah obat batuk alami untuk anak semoga 10 langkah di atas dapat membantu bunda untuk mengobati batuk yang si kecil rasakan saat ini .

Author:

Facebook Comment