Tips Cara Menyembuhkan Batuk Anak dengan Obat Batuk Anak

Obat Batuk Anak . Pada usia 1 -5 tahun anak mudah  terserang berbagai penyakit seperti apalagi yang namanya batuk k, demam, flu dan pilek. Dan ketika sang anak terserang batuk para orang tua terutama ibu akan panik apalai pasangan muda yang belum berpengalaman mengurus anak 

. So, karena paniknyalah sang ibu seringkali tidak berfikir panjang sebelum memberikan obat batuk untuk anak-anak mereka. Terkadang para ibu justru memberikan anak mereka obat batuk atau obat penurun panas yang bahkan tidak direkomendasikan oleh dokter. Padahal, untuk memberikan obat batuk, kita harus tahu apa yang menjadi penyebab batuk pada anak.

Sebelum memberikan obat batuk pada anak , baiknya harus tahu dulu apa itu batuk? Batuk bukanlah sebuah penyakit, melainkan mekanisme pertahanan tubuh pada saluran pernapasan yang merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing dalam saluran pernapasan seperti lendir (dahak), debu, virus, bakteri, sisa makanan, asap, dll.

Ada beberapa macam penyebab batuk anak bayi anda , namun umumnya disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu. Alergi, asma dan TBC juga dapat memicu batuk. Adanya benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan, tersedak, menghirup asap rokok dapat juga mengakibatkan batuk.


Tips untuk mengatas batuk anak
  1. Memberi cairan yang cukup. Jika si anak masih mengonsumsi ASI, pemberian ASI yang optimal akan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jika anak tersebut sudah tidak mengonsumsi ASI, pemberian air putih hendaknya diberikan dalam jumlah banyak.
  2. Menghangatkan tubuh bayi dengan sinar matahari pagi , sekitar pukul 6 – 6.30 selama kurang lebih 15 – 30 menit (catatan: lindungi mata bayi dari paparan sinar matahari langsung).
  3. Menghangatkan bayi dengan minyak telon atau kayu putih.
  4. Menidurkan bayi dengan kepala lebih tinggi agar bisa memberinya kenyamanan bernapas.
  5. Memberikan madu dan jeruk nipis jika si anak juga terserang batuk (selain pilek). Namun sebaiknya diberikan hanya pada anak berusia di atas 2 tahun.
  6. Memberikan sup ayam hangat, yang berfungsi meredakan hidung tersumbat.
  7. Dalam studi yang diterbitkan oleh International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology disebutkan bahwa garam memiliki khasiat anti-inflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan. Hidung tersumbat bisa coba diatasi dengan meneteskan larutan garam fisiologis yang bisa dibeli di apotek atau toko obat.

Anda juga bisa membuat rasep obat batuk anak sendiri di rumah :

1. Minyak Telon
Tips Cara Menyembuhkan Batuk Anak dengan Obat Batuk Anak
Untuk anak usia dibawah 6 bulan paling tepat jika menggunakan minyak telon untuk mengurangi batuk. Minyak yang digunakan bisa minyak kayu putih, minyak peppermint, maupun rosemary. Oleskan minyak tersebut pada leher dan dada bayi anda. Ingat jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan panas.


2. Kencur

Tips Cara Menyembuhkan Batuk Anak dengan Obat Batuk Anak
Selain kunyit masih ada bumbu dapur lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat batuk tradisional untuk anak, namanya adalah kencur. Kencur ini berkhasiat meringankan batuk pada anak.

Caranya, ambil 5 gram kencur, bersihkan dan kemudian diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang, peras airnya kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu murni. Berikan pada anak sebanyak 2-3 kali sehari. Tidak disarankan untuk anak dibawah usia satu tahun.

3.Kunyit
Obat Batuk Anak

Selain digunakan sebagai bumbu masak, kunyit juga bisa kita gunakan untuk mengobati batuk anak. Caranya mudah, potong kunyit yang sudah dicuci bersih, kemudian oleskan pada puting payudara ibu dan biarkan si anak menyusu seperti biasa. Atau bagi bayi yang menggunakan dot, campurkan bubuk kunyit pada air susu lalu biarkan dia meminumnya

Author:

Facebook Comment