Cara Ampuh Mengobati Batuk Kering pada Anak

Saat anak kena sakit misalkan sakit kita sebagai orang tua akan khawatir sekali apalagi bagi yang masih muda dan pertamas sekali mengasais anak semua akan dilakukan dengan panik karena rasa sayang terhadap sibuah hati padahal panik bukanlah penyelasaian sebuah masalah melainkan akan memperlambat masalah itu sendiri tuntas . Bagi yang anaknya sakit maka disini kami akan memberikan beberapa Cara Ampuh Mengobati Batuk Kering pada Anak . Tapi sebelumnya kita kenal dulu batuk kering itu dan juga penyebab serta pencegahannya .
Cara Ampuh Mengobati Batuk Kering pada Anak

Batuk Anak Kering adalah Suatu kondisi dimana batuknya tanpa disertai dahak atau sekresi dari saluran pernapasan. batuk ini disebabkan oleh kuman turbelcle bacilli. Batuk kering merupakan penyakit umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia, terutama anak-anak. Jika dibiarkan tidak diobati untuk waktu yang lebih lama, hal itu juga bisa menyebablan batuk kering yang kronis dan hal ini dapat menyebabkan komplikasi parah dimasa depan.

Berikut ini beberapa faktor penyebab Penyakit batuk kering yang harus diketahui :
  1. Serbuk bunga
  2. Lingkungan kotor
  3. Polusi udara
  4. Cuaca dingin
  5. Faktor genetik
  6. Debu
  7. Batuk kering juga bisa terjadi akibat alergi dan sesak nafas (penyakit bayi dan anak kecil, batuk keras dan suara serak, demam dan kesulitan bernafas)
  8. Tetes hidung juga merupakan salah satu penyebab umum. Sekresi dan hidung menetes ke bagian belakang tenggorokan dan ini menyebabkan batuk kering
  9. Bronkitis, radan gparu-paru, edema, penyakit paru-paru dan tumor paru-paru juga dapat menjadi beberapa penyebab batuk kering. Emfisema juga merupakan penyebab batuk tetapi lebih umum pada perokok dan orang tua

Tips Mencegah Batuk Kering pada Anak :
  • Jauhi polusi udara
  • Jangan dekat-dekat dengan perokok
  • Selalu pakai jaket disaat udara dingin
  • Istirahat cukup dan makan makanan sehat
  • Memberikan minum yang lebih banyak dari biasanya untuk mengencerkan lendir di tenggorokan.
  • Istirahat yang cukup
  • Disarankan untuk mengkonsumsi obat yang sesuai dengan gejala yang diderita. Hindari mengkonsumsi obat yang bersifat untuk mengobati banyak gejala seperti batuk,pilek, hidung tersumbat, dan demam dalam satu obat , kecuali semua gejala tersebut dialami oleh anak.
  • Disarankan untuk memberikan obat yang bersifat untuk mengencerkan dahak. Dan hindari obat yang bersifat menekan batuk karena akan menghambat lendir yang akan keluar
  • Hindari memberikan obat bebas tanpa resep dokter untuk anak usia dibawah 2 tahun.
  • Segera berkonsultasi dengan dokter apabila dalam jangka waktu 2 hari setelah mengkonsumsi obat bebas tidak mengamai perbaikan.

Adapun Cara Ampuh Mengobati Batuk Kering pada Anak

Berikut ini adalah Cara penanganan batuk Kering dan pilek pada anak :

  1. Sering menberikan air putih hangat pada anak. Ini bisa membantu dalam pengeluaran dahak saat batuk dengan lebih cepat.
  2. Memberikan jus jeruk dicampur dengan sedikit madu sebanyak dua kali sehari, yaitu di waktu pagi saat perut masih kosong dan waktu malam sebelum anak tidur.
  3. Bisa dengan menghirup uap air panas yang sudah dicampur dengan beberapa ramuan herbal di waktu pagi dan sore hari selama kurang lebih 10-15 menit atau semampu si anak. Ramuan herbal ini bisa dibuat dengan cara mendidihkan 1 liter air, kemudian dicampur dengan potongan jahe sebesar ibu jari, sejemput cengkeh, satu sendok makan garam dan sedikit mint bila ada. Uap air dari ramuan herbal ini yang akan dimanfaatkan sebagai obat inhalasi yang berguna untuk melonggarkan saluran pernafasan serta mengeluarkan dahak saat batuk  menyerang.
  4. Dapat mengompres dengan air hangat di sekitar muka, kening, hidung dan dada selama kurang lebih 30 menit – 1 jam.
  5. Kemudian bisa dipijat pada bagian muka anak, terutama di sekitar kening dan mata dengan baby oil. Dan jangan lupa untuk memijat anak pada bagian punggung belakang dan di sekitar dada dengan minyak hangat.
  6. Berikan kepada si anak yang mengalami batuk dengan obat batuk yang berasal dari ramuan tradisional. Ramuan ini bisa dibuat sendiri dengan cara mendidihkan empat gelas air, kemudian dicampurkan dengan satu iris jahe, laos dan kayu manis sebesar ibu jari, dua batang serai, semua bahan tadi diiris kecil-kecil, selanjutnya ditambahkan dengan enam lembar daun sirih yang telah dipotong-potong dan sejumput cengkih. Biarkan sisa air dari ramuan tradisional tadi hingga sekitar dua gelas, kemudian berikan pada si anak yang batuk untuk diminum di pagi dan sore hari sebanyak masing-masing 1 gelas yang ditambahkan dengan 2 sendok makan madu.
  7. Batuk sering berakibat pada penurunan nafsu makan. Ketika ini terjadi maka berikan saja air madu hangat sesering mungkin dan bisa ditambah dengan jus buah-buahan secukupnya.


Segeralah kunjung tim medis jika anak bunda mengalami hal demikian ini :
  • Terdengar suara nyaring ketika menarik napas
  • Berbunyi ketika menghembuskan napas (kecuali anda telah mengetahui cara mengontrol asma dari dokter anak anda)
  • Bibir, wajah atau lidah berwarna kebiruan
  • Terlihat lesu dan kesakitan
  • Susah bernapas
  • Bernapas lebih cepat dari biasanya
  • Demam tinggi (terutama pada bayi atau keadaan hidung berair; hubungi dokter anak anda jika bayi di bawah usia 3 bulan mengalami demam)
  • Bayi (usia 3 bulan atau kurang) yang batuk lebih dari beberapa jam
  • Bunyi keras ketika bernapas setelah batuk
  • Batuk berdarah
 Cukup sekian dulu Cara Ampuh Mengobati Batuk Kering pada Anak jangan lupa menati tips kesehatan lainnya dalam tiap harinya .

Author:

Facebook Comment