Tips Mudah Meredakan Batuk Anak

Batuk anak adalah masalah kesehatan yang sering mengganggu ketenangan anak sebagai orang tua kita terkadang merasa khawatir dan panik bila melihat anak batuk-batuk .

Sebenarnya panik akan mengalihkan perhatian penuh pada anak sehingga ada baiknya tenangkan hati bila si kecil sedang mengalami filek batuk dan sebagainya .

Ketenagan menghadapi masalah penting untuk mendapakan solusi . solusi yang bisa anda tempung menghapapi batuk pada anak adalah sebagai berikut ini :
  1. Buatlah resep obat batuk anak dengan larutan garam yang dicampur  ½ – 1 sendok teh serta segelas air hangat. Teteskan 2-3 tetes pada lubang hidung anak kemudian sedot dengan suction berbentuk lampu pijar (bulb syringe)yang dapat dibeli di apotik. Ini dapat mengurangi sumbatan pada hidung anak. Pada anak yang sudah besar, larutan garam dapat digunakan untuk berkumur, untuk mengurangi nyeri tenggorokan.
  2. Jika cara diatas sulit maka bisa juga dengan memerikan madu.
    Berikan madu :
    ½ sendok teh pada anak usia 2-5 tahun,
    1 sendok teh pada anak usia 6-11 tahun
    2 sendok teh pada anak > 11 tahun. 

    Perlu di waspadai ..! madu tidak boleh diberikan pada anak usia 1 tahun karena dapat menyebabkan infeksi botulisme sebab madu akan memberi efek panas pada anak .

Author:

Facebook Comment