Wednesday, September 18, 2013

Cara Mengatasi Batuk Sesak Anak Tengah Malam

Gejala Batuk Batuk Sesak ( Croup )
Gejala batuk sesak pada anak bisanya batuknya kering , melangking dan seringkali saat pertengahan malam dan suaranya tidak layaknya batk biasanya . kebedaan batuk ini dengan bisanya adalah disebabkan pembengkakan di sekitar pita suara (pangkal tenggorokan) dan batang tenggorokan.

Salin gejala diatas anak mengalamin demam ringan, gejala seperti sesak atau pilek selama beberapa hari, suara menjadi serak dan berat yang terjadi sepanjang hari dan akan lebih buruk pada malam hari ketika anak atau bayi Anda menangis.

Penyebab Batuk Sesak

Adapun penyebab batuk sesak pada anak adalah oleh virus parainfluenza. Kadang-kadang oleh virus respiratory syncytial atau berbagai virus pernafasan lainnya.

Cara Mengatasi Batuk Sesak
Anak sesak tidak boleh dibiarkan segeralah atasi dengan langkah-lankah atau mengatasi batuk anak sesak dibawah ini  :
  • Buat suasanan happy bersam anak . Ajak ia duduk, membaca buku atau bermain dengan permainan yang tidak melelahkan atau jika masih kecil cari yang mebuat anak senang menyusu atau juga menggendong anak sambil bernyanyi atau solawatan .

  • Melembabkan udara. Gunakan humidifier di kamar tidur anak Anda atau bawa anak Anda untuk bernafas dalam udara lembab di kamar mandi yang beruap hangat selama 10 menit.

  • Buatlah suasana segar dan sejuk sebab udara segar dan sejuk bisa membantu mengatasi sesak. Bukalah jendela atau hidupkan alat pelembab ruangan . Jika udara di luar rumah lebih dingin, bungkuslah anak Anda dalam selimut dan berjalanlah di luar selama beberapa menit di halaman rumah
  • Usahakan anak dalam  posisi tegak lurus. Duduk tegak dapat membuatnya bernafas lebih mudah.
  • berikan andak minuman . Untuk bayi, Anda bisa memberikan ASI atau formula yang biasa diminumnya .jika anak-anak bisa sop , atau buah yang segar .
  • Usahakan anak Anda untuk beristirahat. Tidur dapat membantu anak Anda melawan infeksi.
  • Tidurlah di dekat anak Anda atau bahkan di kamar yang sama , sehingga anda tau apa yang dibutuhkan anak .dan segera mengambil tindakan jika makin parah .

Jika anak anak terus-terusan kondisi kurang baik maka segera bawa atau cari tim medis untuk menangani batuk anak anda , sebaiknya bawa kunjungi pihak medis jika kondisi anak seperti ini  :

  1. Pernapasan anak terganggu dan melaju cepat serta perut yang kembang kempis dan tampak berjuang untuk mendapatkan udara ke paru-parunya.
     
  2. jika anak pucat atau kebiru-biruan pada daerah sekitar mulut, hidung dan kuku. Ini pertanda ia tidak mendapatkan oksigen yang cukup .
  3. Jika panas anak 39,7 derajat C atau lebih tinggi
  4. Terlihat gelisah sekali .
Previous Post
Next Post