Thursday, August 15, 2013

Menurunkan Panas Anak Demam

Pada dasarnya demam dan suhu meningkat tidak selamanya pertanda bahaya. Sebab peningkatan suhu tubuh terkadang merupakan bagian dari proses tumbuh kembangnya. Ketika ini terjadi, artinya tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi yang menyerang.
anak demam

Namun kondisi ini wajar, orang tua sebaiknya selalu waspada dan jangan lengah. Memang kadangkala suhu tubuh anak akan kembali normal dengan sendirinya. Namun ada kondisi-kondisi tertentu yang bisa memicu demam dan membutuhkan perhatian khusus.
 anak demam
Biasanya malam anak akan lebih naik suhu panasnya jika anak panas tinggi anda bisa menurunkan panasnya dengan mengkompres air hangat .
 anak demam
Kompres langkah yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh balita adalah dengan air hangat. Karena, bila tubuh dikompres dengan air hangat, pusat suhu tubuh akan menerima informasi bahwa suhu di sekitar tubuh sedang hangat. Tubuh pun akan menurunkan suhunya secara otomatis.

Untuk Caranya cukup mudah :
  1. Sebelum mengompres, sediakan baskom kecil berisi air hangat dengan suhu ± 38 ÂșC. Basahi handuk atau waslap dengan air hangat tersebut.Saat mengompres, buka baju balita. Letakkan handuk di ketiak dan lipatan paha, bukan di dahi. Ketiak dan lipatan paha dilintasi pembuluh darah besar,
  2. sehingga segera memberi sinyal ke pusat pengatur suhu di otak untuk menurunkan demam. Kompres bagian tersebut ± 10 menit. Bila handuk sudah berkurang hangatnya, ulangi lagi dengan membasahinya dengan air hangat. Kompres lagi sampai suhu tubuh anak menurun.
  3.  Selesai mengompres, seka bagian yang habis dikompres (kemungkinan basah) dengan cara menekan-nekan kulit, jangan digosok. Gunakan handuk kering. Kenakan kembali baju si kecil. Pilih baju yang tipis dan longgar sehingga membantu meredakan demam melalui proses penguapan.Tutupi anak dengan selimut tipis apabila kedinginan atau menggigil.
 anak demam
Selain kompress ada bisa pemberian obat demam (paracetamol) dan air putih selama kurang lebih 2-3 hari sambil mengontrol suhu badan anak juga bisa anda lakukan . Sebaiknya juga pakaikan pakaian yang tipis, jangan jaket tebal agar keringatnya bisa keluar. Jika setelah 3 hari demam anak belum juga turun, sebaiknya segera dibawa ke dokter untu penangan lebih lanjut dan efektif lagi .
Previous Post
Next Post