Cara Mencabut Atau Menanggalkan Gigi Anak Tidak Sakit

Di usia 6 tahun, gigi susu anak mulai tanggal dan diganti oleh allah dengan gigi permanen . Kita semua pasti merasakan proses ini dan mempunyai cerita menarik tentang pencabutan gigi seperti saya waktu kecil ibu menyuruh agar membawa tali saat main dan menggoyang-goyangnya kadang pas digoyang orang tua menarik tangan dengan sendiri gigi jatuh . memang sih terlihat kejam tapi dipikir-pikir itu semua agar anak mempunyai gigi yang rapi .
gigi anak
Umumnya , anak-anak sangat bersemangat menunggu peristiwa ini, apalagi bila mereka pernah mendengar cerita seputar Peri Gigi. Namun, ada juga anak yang merasa takut, karena memikirkan rasa sakitnya dan darah yang keluar.
 gigi anak
Hal ini jelas sudah pasti pada anak maka dari itu sebagai orang tua yang sayang sama buah hati memberikan tips ini agar gigi anak tanggal tapi tidak merasakan rasa nyeri

  1. Suruhlah anak mendorong-dorong gigi yang sudah goyang kedepan-belakang , baik dengan jari (yang bersih!) maupun dengan lidah. Ini akan membuat gigi cepat tanggal tanpa harus ditarik dengan paksa.
  2. Suruh juga memutar gigi sedit demi sedikit putar kanan dan putar kiri 
  3. Bila Anda memang berminat untuk menariknya dengan benang, lakukan hanya ketika gigi sudah terlihat sangat goyang dan nyaris copot, tapi tidak mau tanggal sendiri.
  4. Bila anak Anda termasuk pemberani, Anda bisa memintanya untuk menarik giginya sendiri hingga tanggal, karena memang hanya dirinya yang tahu seberapa jauh rasa sakit yang bisa diterimanya.
  5. Pegang gigi anak dengan jari berlapis tisu, lalu tarik dan putar giginya dengan cepat hingga tanggal .
  6. Pakai bantuan dari makanan. Minta anak menggigit sebuah apel atau es loli, lihat apakah giginya akan tertinggal menancap di makanan. Menggigit es loli bisa jadi pilihan baik karena juga membantu menghilangkan rasa sakit.
  7. Bawa anak ke dokter untuk mencabut gigi
  8. Berihadiah atau imingkan hadiah pada anak jika bisa mencabut giginya agar anak semangat tapi ingat bila sudah sukses jangan sampai hadiah yang dijanjikan dilupakan begitu saja , sebab akan merusak kepercayaan anak kepada orang tua .

Author:

Facebook Comment