Merawat Anak Batuk

Merawat Anak Sakit Batuk - Cuaca hujan dan ekstrim membuat anak mudah terserang batuk dan filek apalgi kondisi badan anak lagi lemah kurang daya tahan tubuh .
Batuk memang penyakit yang lumrah bagi anak dan tidak berbahaya namun batuk sangat mengganggu anak , anak yang terserang batuk bisa berefek selera makan berkurang dan kenyamanan tidur anak juga bisa terganggu karena mereka disibukkan oleh batuk yang mereka derita . maka lakukanlah langkah berikut jika anda terserang batuk .
    bila anak batuk , bagaimana perwatan batuk
  • Bila anak batukdi waktu malam .sebaiknya tidurkan anak yang batuk dengan bantal yang cukup tinggi sehingga kepala dan bahunya tersandar pada abantal. Posisi ini menghindari cairan dari hidung turun ke tenggorokan, sehingga bagian belakang tenggorokannya tidak teriritasi batuk
  • Bila anak batuk dan tenggorokannya gatal maka untuk menenangkan tenggorokannya yang gatal, berikan air jeruk hangat yang diberi madu.
  • Beri anak banyak minum air putih sehingga dahaknya encer dan mudah keluar.
  • Dan bila batuk anank anda berdahak . sebaiknya telungkupkan anak di pangkuan, kemudian tepuk-tepuk punggungnya agar dahaknya segera keluar. Jangan berikan obat-obatan yang menekan batuk, karena risiko infeksi akan meningkat jika dahaknya tidak keluar.
  • Bika anak batuk tersebut menggonggong bantulah anak bernapas lebih lega dengan penguapan sekitar 20 menit. Bisa dengan air panas di ember, atau dengan membuka bathtub air panas sehingga kamar mandi penup uap air panas. 
  • Cukupi kebutuhan anak akan makanan bergizi. Kurangnya asupan makanan bergizi juga merupakan salah satu alasan melemahnya sistem imun tubuh anak Anda. Berikan anak cukup asupan vitamin dari sayur dan buah segar. Juga, jauhkan ia dari makanan cepat saji, permen dan cokelat favoritnya
Lalu kapan sebaiknya anak di bawa kedokte :
Bawalah anak yang batuk bila batuknya sudah lebih 3-4 hari
Jika anak batuk campur darah
Jika mengganggu tidurnya serta ada benda yang menyumbat tenggorokan anak yang tidak bisa ia keluarkan sendiri.

Sekian artikel perawatan anak batuk , semoga setelah membca artikel ini anak anda yang batuk bisa teratasi .


Author:

Facebook Comment