Wednesday, June 19, 2013

Makanan Bayi Pendamping Asi

Mengenal Makanan Pendamping ASI - Anda ibu dari seorang bayi yang baru saja mendapat anugrah momongan dari ilahi perlu tahu masalah makanan pendamping asi (MP-ASI) , mengenal dan kapan memberi makan kepada bayi tentunya akan sulit bagi kita yang masih baru berrumah tangga yang baru saja mendapat bayi tapi kesulitan ini jangan kawatir kami akan membagikan tentang makan pendamping ASI buat bayi anda 
Makanan Bayi Pendamping Asiyang disebut dengan Makanan Pendamping ASI adalah merupakan makanan atau pun minuman selain dari air susu ibu yang selama ini dikonsumsi sang bayi yang didalamnya mengandung banyak nutrisi dan gizi yang diberikan kepada bayi setelah bayi telah siap atau berusia 6 bulan ke atas.sebab Setelah usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi si Kecil semakin meningkat, ASI tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Kini saatnya Ibu mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI (MP-ASI) untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Ciri bayi siap Makan
Ada beberapa tanda bayi telah siap mendapatkan makanan pendamping tambahan. Ciri tanda anak siap diberi makan sbb :
  1. Bayi terlihat seringkali lapar, mau makan terus walaupun sudah diberi ASI dari kedua payudara sang ibu
  2. Saat si Kecil kuat menahan kepalanya sendiri
  3. Si Kecil menunjukkan ketertarikan pada makanan
  4. Menghilangnya refleks menjulurkan lidah
Jika anak anda sudah 6 bulan dan memiliki tanda diatas maka bayi sudah pantas anda kasih makanan pendamping seprti dibawah ini :
  • Bubur Bayi. Ketika pertama kali memberikan makanan pengganti asi atau MP-ASI jenis ini disarankan bubur bayi yang terbuat dari makanan jenis beras atau sereal. Misalnya bubur oatmeal yang kaya akan serat, vitamin, mineral dan sangat baik untuk kesehatan bayi.
  • Biskuit Bayi. Pada umumnya bayi usia 7 bulan sudah bisa memegang dan memakan sendiri biskuit. Biskuit bayi ini akan bisa membuat bayi untuk belajar mengunyah serta mengemut. Selain itu juga dapat membantu dalam proses pertumbuhan gigi sang bayi.
  • Bubur Susu. Makanan pendamping bayi pada periode selanjutnya bisa ditambah dengan memasukkan makanan yang mengandung karbohidrat kemudian dicampur dengan susu. Bubur susu ini bisa ditambahkan ubi, jagung atau kentang. Setelah itu, pada tahap selanjutnya, mulailah memasukkan sayuran maupun buah dan ini diberikan secara bertahap pula.
Saran :
  1. Jangan memaksa si Kecil untuk makan karena hal ini akan membuatnya menjadi trauma
  2. Jangan menambahkan gula dan garam pada makanannya karena akan memperberat kerja ginjal
  3. Tunda pemberian makanan tinggi protein hingga si Kecil berusia 7 bulan
  4. Perhatikan jenis makanan yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada si Kecil. Jika diketahui ada makanan yang dapat menyebabkan alergi, maka tundalah pemberian makanan tersebut dan konsultasikan dengan dokter
Mengenalkan dan memberikan makanan si Kecil adalah hal yang butuh kesabaran yang ekstra bamun yakinkanlah dihati bahwa anda sebagai ibunya akan dapat melaluinya dengan maksimal demi si buah hati anda sehat sebab pertumbuhan yang sehat akan mencetak otak yang sehat juga . tapi saran bagi anda ibu rumah tangga jauhkan makanan anak anda dari najis dan yang haram sebab ini akan berefek negatif bagi anak saat ia besar nanti.
Previous Post
Next Post

0 komentar: